Berita GameGame

Jerry Lawson Game, Bapak Game Dunia Yang Muncul Di Google Doodle

Google kembali menghadirkan tampilan berbeda hari ini. Ya, pada fitur pencarian, Google menampilkan doodle atau coretan terkait Jerry Lawson Game. Bahkan saat kalian klik, kalau Google Doodle biasanya menampilkan hasil pencarian terkait doodle yang dibuatnya, kali ini pengguna akan disajikan mini games seru.

Tujuan pembuatan game sederhana ini untuk mengenang Gerald “Jerry” Lawson sebagai salah satu bapak video game modern. Gerald memimpin timnya untuk mengembangkan sistem video game yang dapat dimainkan di rumah.

Setelah itu, karyanya berubah yaitu cara bermain dari video game menjadi cartridge atau kaset sehingga kita dapat bertukar permainan.

Siapa Jerry Lawson

Jerry Lawson Game
Jerry Lawson | Istimewa

Gerald “Jerry” Lawson lahir di Brooklyn, New York pada 1940 dengan bakat luar biasa dalam bidang elektronik. Kemampuannya mengotak-atik komponen elektronik sudah terlihat sejak usia dini. Dulu, dia pernah memperbaiki TV milik tetangganya dan membuat stasiun radio menggunakan komponen daur ulang.

Selected for you
Google Sajikan Doodle Bertema Hari Imlek Pada Hari Ini

Jerry Lawson adalah pelopor video game rumahan pada 1970-an dengan membantu menciptakan Fairchild Channel F, sistem video game rumahan pertama dengan permainan yang dapat dipertukarkan atau menggunakan kartrid.

Lawson adalah salah satu dari sedikit insinyur Afrika-Amerika yang bekerja dalam bidang komputasi pada awal era awal video game. Bisa dibilang, kalau tidak ada Jerry Lawson, perkembangan teknologi permainan tidak akan seperti sekarang.

Bapak Kartrid Videogame

Dalam perjalanan karirnya, Gerald “Jerry” Lawson pernah bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik. Hingga beberapa tahun berlalu, dia berhasil mendapatkan jabatan jadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game.

Ia mendapat julukan sebagai “bapak kartrid videogame” menurut majalah Black Enterprise pada 1982. Dia meninggalkan Fairchild dan mendirikan perusahaan game Video-Soft. Selain itu, Jerry Lawson juga dikenang karena merancang joystick delapan arah baru dan tombol “jeda” atau pause, yang merupakan yang pertama untuk konsol video game rumahan kala itu.

Selected for you
5 Game Tersembunyi di Google yang Jarang Orang Tahu!

Pada 2011, International Game Developers Association memberikan pengakuan bahwa Gerald “Jerry” Lawson sebagai perintis industri video game rumahan. Hingga saat ini, pencapaian Gerald “Jerry” Lawson diabadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Jika saat ini kita melihat kecanggihan teknologi video game rumahan seperti Sony PlayStation 5 atau Nintendo Wii dari grafik, gameplay, dan berbagai algoritmanya, semuanya bermula dari ketekunan sosok Gerald “Jerry” Lawson.


Itulah informasi mengenai kemunculan Jerry Lawson di Google Doodle. Ikuti terus Dafunda Game agar kalian tidak ketinggalan informasi dan juga konten menarik lainnya dari kami.

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications