Memasuki 4 Tahun Perilisannya, Mobile Legends Raup Keuntungan Kotor 6 Triliun !

in ,
Moonton
Moonton - Mobile Legends Bang Bang | Moonton

Mobile Legends Bang Bang adalah salah game bergenre MOBA yang sangat banyak peminatnya di Indonesia. Memulai eksistensinya pada tahun 2016, game besutan Moonton ini sudah memasuki tahun ke-4 nya di ranah game.

Seperti yang kita ketahui bersama, dari tahun ke tahun Mobile Legends terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Dimana banyak sekali turnamen-turnamen yang diadakan, dan bahkan didukung langsung oleh pemerintah Indonesia sendiri.

Seperti yang kita ketahui, Mobile Legends sendiri sudah masuk ke dalam salah satu cabang olahraga esports yang dipertandingkan di Piala Presiden.

Dengan segala perkembangan yang di berikan, sampai saat ini Mobile Legends sudah menghasilkan keuntungan sebesar USD 500 juta atau setara 6 triliun rupiah. Namun semua pendapatan yang diperoleh masih terbilang pendapatan kotor.

Kawasan Asia Menjadi Penyumbang Pendapatan Terbesar


Melansir dari data terbaru yang dibagikan oleh Sensor Tower. Perkembangan Mobile Legends naik 36% setiap tahunya dan puncaknya adalah pada Desember 2019 lalu.  Sensor Tower mencatat, setelah Moonton mengeluarkan versi 2.9, mereka mendapatkan keuntungan sebanyak USD 24.4 juta.

Pendapatan Mobile Legends
Pendapatan Mobile Legends | Sensor Tower

Dari data yang dibagikan Sensor Tower, Kawasan Asia (kecuali China) merupakan penyumbang terbanyak dari pendapatan Moonton untuk Mobile Legends.

Selain itu, kawasan Asia berhasil menyumbangkan pendapatan sebesar USD 301 juta atau sekitar 60% dari total pendapatan. Kawasan Asia tersebut diantaranya adalah Malaysia dan Indonesia.

Malaysia Menjadi Penyumbang Terbesar Mobile Legends


Mobile Legends Bang Bang M1
M1

Negara yang menjadi penyumbang terbesar pendapatan Mobile Legends adalah Malaysia. Mungkin hal ini dikarenakan Malaysia menjadi tuan rumah pada perhelatan M1 silam.

Tercatat mereka menghabiskan dana sebesar USD 87,5 juta atau 17 persen dari total pendapatan. Negara kedua yang menjadi penyumbang pendapatan bagi Moonton adalah Indonesia.

Tercatat jika Indonesia menyumbang dengan total USD 69,2 juta atau 14 persen. Sedangkan Amerika Serikat mengambil posisi ketiga di $ 64,1 juta atau 12,8 persen dari total pendapatan.

Hingga saat ini, total unduhan dari awal perilisannya. Mobile Legends telah diunduh sebanyak 281 juta kali. Dimana 212,2 juta atau 75% unduhan berasal dari kawasan Asia.

Negara dengan unduhan terbanyak pertama diisi oleh Indonesia yang mengambil 36% dari total keseluruhan. Filipina berada di posisi kedua dengan 41,2 juta unduhan atau 15 persen. Dan Vietnam berada di peringkat ketiga dengan 21,3 juta pemasangan, atau 8 persen dari total.


Dengan pendapatan yang lumayan besar ini, apakah kalian termasuk salah satu penyumbang untuk Moonton? Coba berikan tanggapan kalian dibawah ya !

Tinggalkan Balasan