Perbandingan PlayStation 5 dan Xbox Series X, Mana yang Lebih Baik?

in , , ,
Perbandingan Playstation 5 Xbox Series X

Persaingan di dunia video game akan memanas kembali. Sony dan Microsoft telah menyiapkan konsol next-gen terbaru mereka tahun depan. Xbox telah mengumumkan konsol mereka yang disebut Xbox Series X.

Platform ini memiliki bentuk menara persegi panjang, seperti PC. Sementara itu, Sony mengumumkan PlayStation 5, tetapi bentuk aslinya belum terungkap hingga saat ini meski sudah banyak bocoran yang beredar.

Jadi, ayo lihat perbandingan antara PlayStation 5 dan Xbox Series X di bawah ini.


Spesifikasi

Fakta Playstation 5

PlayStation dan Xbox baru memiliki spesifikasi yang sangat mirip. Mereka menggunakan chip, jumlah memori, dan tingkat penyimpanan yang sama. Konsol juga masih menggunakan disk drive CD game.

AMD Navi adalah prosesor yang dipilih untuk membuat konsol lebih cepat. Ditambah lagi, keduanya menggunakan solid-state hard drive untuk mengurangi loading time.

Microsoft dan Sony akan memasukkan RAM GDDR6 untuk memori. Secara khusus, Sony mengatakan PlayStation 5 mereka akan menampilkan CPU berbasis Ryzen dari AMD.

Kedua konsol tersebut diprediksi memiliki kemampuan untuk menghasilkan visual 8K dan dukungan untuk Ray Tracing.


Fitur

Xbox Series X The Game Awards
Microsoft

Sony dan Microsoft telah mengungkapkan detail spesifikasi untuk konsol mereka, tetapi hanya beberapa fitur yang baru diketahui. Hingga saat ini, fitur yang ada membuat load time menjadi lebih cepat karena konsol menggunakan SSD.

Sony bahkan menunjukkan fitur ini dalam video yang memperlihatkan perbandingan Marvel’s Spider-Man di PS4 dengan PS5. Jika Spider-Man membutuhkan waktu lebih dari 10 detik untuk memuat di PS4, PS5 hanya membutuhkan dua atau tiga detik.

Kemudian, Xbox Series X dan PS5 juga disebut-sebut memiliki fitur pencahayaan baru. Ray Tracing akan membuat tekstur pencahayaan lebih detail dalam game.


Game

Halo Infinite | Xbox

Konsol baru akan mendapatkan setiap game eksklusif. Ketika Microsoft mengumumkan Xbox Series X, CEO Xbox mengatakan mereka “bekerja sama dengan banyak studio game untuk membuat game eksklusif untuk Xbox Series X.”

Sensua’s Saga: Hellblade 2 akan menjadi game pertama yang dirilis untuk konsol ini. Setidaknya, Xbox baru akan mendapatkan 15 game untuk setiap studio.

Sementara itu, Bethesda telah mengumumkan The Elder Scrolls VI dan Starfield akan hadir ke PS5 dan Xbox SX. Game tahunan seperti Call of Duty, FIFA, Assassin’s Creed yang tiba pada 2020 juga akan datang ke generasi konsol berikutnya.


Kedua konsol ini akan direncanakan akan rilis pada musim liburan tahun 2020.

Tinggalkan Balasan