Tips & Trik PES 2018 Beserta Video Gameplay Untuk PC dan PS3 [Update 2019 Full]

in , , , ,
Tips & Trik PES 2018

Pada kesempatan ini Dafunda Game akan mengulas tentang tips dan trik main PES 2018 PC dan PS3.

PES 2018 merupakan game box yang telah menjadi game favorit para kaula muda. Awal dirilis pada Desember 2011 dan telah dirilis menggunakan 19 bahasa yang juga disebarkan di 62 negara di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Game rilisan Konami ini berawal dari nama Winning Eleven, yang akhirnya berganti menjadi PES. Nama Pro Evolution Soccer pun semakin melejit. Hingga pada tahun 2012 peminat game bola ini meningkat pesat mencapai 80 juta orang telah memainkan-nya.

PES bahkan dapat menyaingi game box bola yang telah lama muncul di dunia. Yaitu Game buatan FIFA melalui EA Sports, yakni FIFA football.

Dengan semakin berkembangnya era teknologi di era millenium ini, Pro Evolution Soccer akan terus berkembang mengikut zaman. Berupa teknologi desaign grafik, fitur, gameplay hingga cashing dalam dan luar gamebox.

Selain fitur yang terus dikembangkan oleh pihak developer. Bertambah bagusnya visual yang hampir mirip aslinya, tips dan trik dalam memainkannya pun juga semakin sulit dan butuh skill khusus untuk mengontrol pemainnya.

Untuk itu artikel ini akan membahas mengenai tips dan trik ampuh main PES 2018 PC PS3 100% menang melawan musuh online maupun offline. Meliputi cheat, formasi line up, diving, tendangan, GK crusor skill hingga tendangan langsung goal.

Mungkin ada diantara kalian yang sangat gemar dan sering bermain game PES bersama teman, namun ketika bermain kalian selalu saja kalah saat bermain melawan mereka.

Namun kalian jangan khawatir, dengan menguasai trik & tips di bawah ini, kalian bisa mengalahkan teman main kalian. Bahkan kalian bisa menjadi yang terbaik di Indonesia karena game ini merupakan salah satu game resmi yang akan dipertandingkan di Piala Presiden.

Setelah sebelumnya Dafunda Game sudah memberikan Tips Yang Harus Di Kuasai Di PES 2020. Kali ini Dafunda Game akan memberikan Trik Yang Wajib dan Harus Kalian Kuasai Di PES 2018 Untuk PS3 & PC. Langsung saja berikut trik dan tips yang sudah kami rangkum untuk kalian.

Trik Dan Tips PES 2018 Untuk PC & PS3


Tips Dan Trik PES 2018

Trik Dribble (Menggiring Bola) PES 2018

Trik Dribble (Menggiring Bola) PES 2018

R3 – tombol analog kanan sedangkan L3 – tombol analog kiri

  • Dribbling dengan bola melekat tetap pada kaki – Tekan R2 ditambah belok sesuai keinginan.
  • Sprint pemain – R1 tekan sesuai keinginan, kebutuhan berlari pemain dan jangan terlalu sering karena dapat menguras stamina drastis.
  • Sprint bola jauh dari kakiR1 lalu R2 digunakan secara berkala dan sebaiknya dengan pemain winger dan wing back.
  • One twoL1 setelah melakukan umpan
  • Juggling –  Tekan R3 (tombol analog kanan) sekali lalu tahan
  • Rainbow Flick – Tekan R3 dua kali dengan sesuai arah yang diinginkan.
  • Heel Chop – Tahan L2 kemudian R3 dan L3 (tombol analog kiri) bersamaan dengan diarahkan ke atas.
  • Ball Roll 1 – Tahan L2 kemudian arahkan R3 ke bawah lalu atas
  • Ball Roll 2 – Tahan L2 kemudian arahkan R3 ke atas lalu bawah
  • Front Flick – Tahan L2 langsung tekan juga R3 dan L3  kiri atas.
  • Bounce Diagonal Ball – Tahan L2 lalu R3 ke arah kiri dan L3 ke kanan atas secara bersamaan.

Tips Free Kick Tendangan Bebas PES 2018

Tips Free Kick Tendangan Bebas

Trik Menendang Free Kick 1

Arahkan pemain crusor kalian ke sudut jauh tiang gawang dari posisi kiper, bila kiper di kanan arahkan ke kiri begitu juga sebaliknya. Posisi bola tepat di sisi ruang celah kepala pemain pagar yang bebaris.

Arahkan analog kiri ke arah tujuan bola (kanan/kiri) ditambah arah bawah. Kemudian tekan tombol kotak hingga setengah bar shoot-power atau sekitar 60-70%.

Jangan lupa, tekan X dan tetap tahan arah sesuai arah menjauh dari jangkauan kiper.


Cara Menendang Free Kick 2

Around the Wall merupakan tendangan bebas ampuh yang sering digunakan para pemain PES pro. Tendangan bebas melengkung tepat di samping pagar betis. Kunci utama dari tendangan ini adalah sang eksekutor harus memiliki curving (melengkung) ball kick nya baik. Contoh: Paolo Dybala, Shaqiri, Robben, Salah, Messi, dan masih banyak lagi.

Arahkan tiang tepat di kepala pemain pagar paling pojok yang jauh dari jangkauan kiper, bila tidak memungkinkan lihat gambar di atas (kurang lebih seperti itu bila sudut tendang luas).

Kemudian tekan tahan R2 lalu ditambah kotak hingga bar shot power sekitar 40-50% dengan mengarahkan analog ke dalam agar bola melengkung sempurna. Jika arah dan power tepat, bola akan melengkung sempurna ke sudut jauh penjaga gawang dan Goal.


Tips Tendangan Free Kick 3

Untuk menerangkan trik ini sangat sulit, maka dari itu lihatlah video diatas. Dalam melakukan tendangan corner langsung goal butuh hoki dan moment pemain yang pas. Karena jarang bisa dilakukan untuk orang biasa.

Maka dari itu selamat mencoba dan jadilah mereka yang dapat menaklukan goal dari sudut corner. Best time, Best Chance and Lucky for You.


Tips dan Trik Crossing PES 2018

Tips Dan Trik Crossing
  • Tekan tombol O – Berguna untuk umpan lambung tanpa variasi. Bila kalian ingin memberikan bola melengkung tekan pula L1 sebelum menekan O untuk crossing.
  • Tekan tombol O dua kali  beruntun – Untuk mengumpan lambung ketinggian setengah badan.
  • Tekan tombol O tiga kali – Untuk crossing bola datar cepat (umpan silang).
  • Tekan Segitiga – Untuk umpan terobosan.
  • Tekan R1 + segitiga – Untuk mengumpan terobosan dengan bola melambung
  • X lalu L1 atau segitiga lalu L1 – Untuk umpan satu dua.

Trik Tendangan Penalty PES 2018

Trik Tendangan Penalty

Dalam menendang tendangan penalti PES 2018 tak semudah rilisan tahun sebelumnya, yang hanya mengarahkan lalu kotak 80% gol. Untuk PES rilisan 2018 kali ini butuh ketepatan ketika menekan tombol joystick supaya tendangan tepat sesuai yang kalian inginkan tidak melenceng.

Perbedaan yang menonjol, untuk PES 2018 butuh menekan arah dahulu kemudian baru menekan tombol shooting atau tombol kotak untuk menendang. Berbeda dengan PES rilisan sebelumnya bebas mau arah dulu atau kotak dulu semua dapat dilakukan.

Tendangan pinalti mendatar : tekan tombol arah tujuan dengan tambahan menekan arah bawah. Lalu tekan kotak 50-60 % bar shoooting.

Tendangan pinalti super keras : arahkan analog kiri sesuai tujuan tendangan, usahakan tidak terlalu dekat dengan tiang. Lalu  segera tekan kotak 50-70% bar shooting.

Tendangan pinalty panenka : tahan R2 dan arahkan tujuan bola secara bersamaan lalu tekan kotak 50-75%, jangan terlalu lama.

Ketika kalian menjadi GK (crusor) ketika pinalti usahakan tebak arah bola dengan fokus kaki penendang, lalu tekan segitiga dan arah sesuai tebakan kalian. Jangan bergerak sebelum bola tepat di dekat kaki lawan.


Tips dan Trik Bertahan PES 2018 PC PS3

Trik Bertahan PES 2018
  • Tekan X+L2 – Dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, otomatis pemain crusor (Anda) akan melakukan Pressing ke lawan yang sedang membawa/menggiring bola.
  • Tekan X+R2+L2 – Tekan keduanya bersamaan untuk membayangi pergerakan lawan yang membawa  bola.
  • Tekan X+R2 – Secara bersamaan, untuk membayangi pergerakan lawan yang membawa bola kemudian secara perlahan otomatis akan merebut bola dari kaki lawan..
  • Tekan X dua kali – Untuk merebut bola dengan menekel menggunakan kaki pemain ke arah musuh yang menguasai bola.
  • Tekan R1+Kotak+X – Untuk mengejar bola dari lawan dengan dua pemain sekaligus.

Tips & Trik Cheat Tombol Aneh PES

Tips PES 2018
  • Flick – Tekan dan tahan R3 ketika pemain lawan mendekat
  • Manual ShotL2+L3+kotak
  • Nutmeg – Tahan R2 (saat pemain lawan mendekat), lalu R1 dan R3 bersamaan ke arah lawan
  • Manual Low ShootL2 + L3 + kotak lalu tekan segitiga
  • CurlingKotak + R2 secara bersamaan (kotak dahulu dengan gerak cepat hampir bersamaan)
  • Diving – R1 + L1 + R2 + L2 + R3 + L3 (tekan bersamaan semua)

Strategi Bermain PES 2018 Pro Ampuh Tidak Terkalahkan


Membangun Variasi Serangan

Gunakan kombinasi formasi sesuai karakter team. Karena Konami menyediakan banyak varian formasi sesuai kebutuhan gamers. Lakukan strategi sesuai karakter permainan yang kalian inginkan, dengan cara tersebut akan menjadikan formasi lebih rapi dan dan tersrtuktur.

Buatlah variasi serangan, meskipun kalian menggunakan strategi serangan kedua sayap, wide. Cobalah sesekali mengkombinasi dengan serangan-serangan melalui tengah, berupa terobosan, umpan silang dan tiki-taka penguasaan bola agar pertahanan lawan sedikit terbuka.

Pada intinya jangan terpaku pada satu/dua model serangan saja, butuh variasi dalam bertahan, menyerang dan ball possesion.


Main Taktikal

Dalam bermain bayangkan diri kalian seolah-olah pelatih profesional kelas internasional. Mengatur strategi menyerang dan bertahan sedemikian rapi. Memasang pemain line up sesuai kesehatan dan posisi yang tetap. Itulah tips awal bermain taktikal ala Kloop maupun Pep Guardiolla.

Siapkan tim utama yang masuk di babak pertama sesuai kebutuhan, sisihkan pula pemain cadangan yang mumpuni untuk babak kedua agar menambah daya dobrak supersub di menit-menit akhir nantinya.

Apabila kondisi tertekan coba cari celah lawan dengan teliti, jangan tergesa dalam menyerang. Utamakan permainan team. Bila skor telah unggul di menit-menit akhir 70-80 cobalah bermain rapi agar tidak kebobolan. Begitu juga bila keadaan tertinggal gunkana strategi quick counter attack.


Bertahan One on One

Jangan terlalu mengandalkan tombol R1+X untuk CB bertahan merebut bola dari penguasaan lawan. Cobalah untuk menggunakan tombol R1+kotak dengan mengarahkan pemain kalian secara manual untuk melakukan pressing.

Karena posisi one on one sangat riskan. Bila lawan sprint ikuti juga dengan sprint dengan mengejar dua pemain, tekan tombol R1+X+kotak.

Bila yang berhadapan one on one GK sebaiknya tekan dan tahan segitiga lalu kotak, maka keeper akan mengambil bola dengan sigap dari kaki lawan. Waktu One on one Lucky sangat dibutuhkan.


Nah itulah tadi beberapa tips & trik yang harus kalian kuasai dalam bermain PES. Tips yang diatas tadi adalah beberapa tips yang bisa Dafunda Game bagikan untuk kalian. Sejatinya agar kalian bisa memenangkan pertandingan skill dan kecermatan kalian sangatlah dibutuhkan dalam hal ini.

Jangan lupa kunjungi selalu Dafunda Game untuk mendapatkan tips & trik serta rekomendasi menarik lainnya seputar dunia game.

Ayo mulai berdiksusi