Memang semua orang di dunia ini merasakan musim panas dan kekeringan. Tapi ada tempat di dunia ini di mana memang benar-benar sangat gersang. Kami akan memberikan daftar daerah paling gersang di dunia ini. Di mana daerah-daerah tersebut jarang turun hujan dan bahkan tidak pernah turun hujan selama ratusan tahun.

Yuk simak 10 daftar daerah paling gersang di bumi kita ini.

10Aoulef, Aljazair

Rata-rata curah hujan: 12,19 milimeter (0,48 inci) per tahun.

Kota kecil di pusat Aljazair ini merupakan tempat terkering di negara yang memang sudah kering. Seolah tidak cukup, tempat itu juga memiliki memiliki panas yang membakar dan dikelilingi padang gurun. Beberapa pohon kelapa menjadi pemisah antara kota dan gurun.

9Pelican Point, Namibia

Rata-rata curah hujan: 8,24 milimeter (0,32 inci) per tahun.

Pelican Point adalah dermaga kecil di gundukan pasir tinggi negara Afrika, Namibia, tetapi untuk tempat yang dikenal kering, ini sesuatu yang beda. Meskipun kekeringan, tempat itu masih dikunjungi para peselancar untuk ombak yang sempurna.

8Iquique, Chile

Rata-rata curah hujan: 5,08 milimeter (0,2 inci) per tahun.

Kota perlabuhan ini terletak di bagian atas negara Chili yang panjang, dan benar-benar terletak di sebelah barat dari gurun Atacama yang terkenal. Jika hujan turun, itu hanya terjadi pada bulan Januari dan Februari.

7Wadi Halfa, Sudan

Rata-rata curah hujan: 2,45 milimeter (0,096 inci) per tahun.

Pusat mati di Sahara, Wadi Halfa adalah gambaran sempurna untuk kota gurun. Udara kering subtropis di wilayah tersebut memiliki pengaruh yang kuat pada daerah sekitarnya, menghasilkan gurun yang kering dan panas.

6Ica, Peru

Rata-rata curah hujan: 2,29 milimeter (0,096 inci) per tahun.

Di sisi selatan Lima, yang berbatasan dengan Gurun Atacama, terletak Ica. Wilayah berdebu kering ini tidak selalu seperti itu. Pada tahun 2007, para ilmuwan menemukan bukti fosil dari spesies 4 kaki dengan tinggi 1,2 meter dari penguin yang mendiami daerah tersebut. Udara kering di kawasan itu menghasilkan mumi dari zaman pra-Columbus, seperti sisa-sisa manusia yang membusuk karena kelembapan. Iklim kota ini juga bagus untuk orang berpenyakit asma, gejala mereka lebih baik di udara kering.

5Luxor, Mesir

Rata-rata curah hujan: 0,862 milimeter (0,034 inci) per tahun.

Luxor adalah rumah bagi barang-barang antik di dunia, dan di sana juga tempat yang tidak mendapat banyak kelembapan. Pada musim keren di kota itu, angin panas yang dikenal sebagai khamsin kadang-kadang datang dari Gurun barat terdekat dan bisa membawa badai pasir. Badai bisa berlangsung selama dua hari dan dengan kecepatan seperti mobil balap yaitu 93mph dengan kenaikan suhu 20 derajat. Setiap hujan yang jatuh langsung menguap di udara panas.

4Aswan, Mesir

Rata-rata curah hujan: 0,861 milimeter (0,0338 inci) per tahun.

Aswan adalah nama yang dikenal baik untuk bendungan, tetapi sebagian besar waktu dari kota ini kurang dalam kelembapan. Sementara beberapa bagian lain dari Mesir mendapatkan angin dari laut, Aswan tetap panas sepanjang tahun. Kedekatan kota ini ke Tropic of Cancer juga berpengaruh terhadap suhu tinggi dan cuaca kering. Angin dengan pasir dan batu-batu yang membagun piramida di Giza awalnya berasal dari lembah kering Aswan.

3Al-Kufrah, Libya

Rata-rata curah hujan: 0,860 milimeter (0,0338 inci) per tahun.

Tempat terkering di Afrika, Al-Kufrah memeiliki beberapa oasis terdekat di mana mata air bawah tanah alami memberi makan populasi manusia dan hewan. Hasil utama yang dikembangkan adalah buah persik dan apricot. Di dekatnya terdapat gurun dengan dataran rendah dan tertutup oleh pasir hingga 980 kaki (300m) tingginya.

2Arica, Chili

Rata-rata curah hujan: 0,761 milimeter (0,03 inci) per tahun.

Arica adalah kota terkering di planet ini, meskipun tidak menjadi tempat paling kering. Ini adalah kota pelabuhan, dan kurang hujan. Arica memang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi dan awan. Walaupun udara basah, kelembaban tidak sampai ke tanah. The Atacama yang sekitarnya gurun adalah bayangan hujan yang memaksa kelembaban keluar dari atas pergunungan dan hanya membawa udara kering ke gurun beberapa tempat di padang pasir yang belum pernah hujan lebih dari 500 tahun.

1Dry Valleys, Antartika

Rata-rata curah hujan: 0.

Meskipun Antartika tampak digambar sebagai medan yang tertutup salju, Dry Valleys sebenarnya tempat terkering di dunia. Lembah yang memiliki kelembaban sangat rendah dan hampir tidak ada es atau salju menutupi daerah es terbesar di dunia itu. Pegunungan di dekatnya yang cukup tinggi membuat tempat itu tertutup dari arah laut hingga lembah. Kondisi unik disebabkan oleh katabaric kuat angin saat dingin, udara padat ditarik menuruh oleh gaya gravitasi. Angin bisa mencapai kecepatan 200mph, pemanasan saat hujan turun, menguapkan semua air, es dan salju. Lembah yang dianggap hampir sama dengan planet Mars, dan ilmuwan sedang mempelajari ekosistem untuk lebih memahami permukaan Red Planet. Apa yang ada di sana?

Itulah 10 daerah paling gersan di planet kita ini. Kalau di beri kesempatan, kamu mau berkunjung kemana?

 

Sumber: Livesceince

BAGIKAN
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.