Kenapa 1 menit itu 60 detik, nggak 100 detik dan kenapa harus 60 detik yang tentukan ? Sebelumnya kita harus berterimakasih kepada bangsa Babilonia akan hal tersebut. 60 detik diciptakan untuk memudahkan perhitungan waktu, kenapa bisa mudah ? angka 60 adalah angka yang bisa banyak dibagi angkanya dibanding dengan angka 100. Angka 60 bisa dibagi dengan 2,3,4,5, sampai dengan 6.

Jadi begitulah halnya jika ditanyai oleh orang jam berapa sekarang untuk menjawabnya tidak perlu kerepotan, kita tentu bisa membagi 1/2 jam, 1/3 jam, 1/4 jam, 1/5 jam sampai dengan 10 menit.

Sedangkan jika seadainya 1 jam itu 100 menit, tentu waktu akan lebih sulit untuk dibaginya. karna cuma bisa secara bulat dibagi 2, 4, 5, dan 10 itu sendiri. Tapi kenapa 1 hari itu 24 jam, bukan 60 jam ? Alasannya adalah karena bangsa Babilonia menggunakan basis 12 dalam sistem perhitungan mereka.

JANGAN LEWATKAN
Kenapa Dalam 1 Tahun 12 Bulan, Bukan 20 Bulan ? Ini Jawaban nya !

1 menit 60 detik

12 mereka adalah 10 bagi kita sekarang, tapi kenapa harus dengan 12 ? karena 12 adalah angka yang sangat mudah dibagi dan menjadi sebuah alasan yang masuk akal bagi mereka untuk mendefenisikan waktu berdasarkan angka 12.

1 menit 60 detik

Oleh karenanya bangsa Babilonia mendefenisikan rentang waktu antara matahari terbit dan terbenam yang menjadi 12 bagian, kemudian menjadi satu hari adalah 24 jam yang menjadi asal usul perhitungan waktu kita sekarang yang berdasarkan kelipatan dari angka 12, termasuk alasan kenapa 1 menit itu 60 detik.

1 menit 60 detik

Pada tahun 1794, Francis pernah ada usulan dalam membagi waktu 1 hari itu adalah 10 jam, 100 menit, dan 100 detik yang berdasarkan sistem bilangan desimal. Tapi usulan tersebut gagal dengan alasan yang sudah jelas, adalah sulit untuk dibagi, dan pada saat itu banyaknya orang sudah terbiasa dengan sistem hitungan waktu yang sudah ada.

JANGAN LEWATKAN
Kenapa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat Dari Pada Saat Perjalanan Pergi ? Ini Alasannya !

Sekali kita seharusnya berterimakasih kepada bangsa Babilonia dan peradaban kuno lainnya, karena dengan sistem mereka. Kita sekarang ini lebih gampang bertanya jam kepada orang, tanpa harus menghitung menggunakan kakulator.

Jadi jika ada teman Kamu bertanya Kenapa 1 menit itu 60 detik ? sekarang Kamu sudah ada jawaban pegangan untuk menjelaskannya nanti. Jangan lupa dibagikan ya ? 😀 berbagi itu indah loh…

SOURCEKok Bisa
BAGIKAN
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...