Nenek moyang kita dulu sudah membuat kelender dengan berbagai perhitungan, mulai dari perhitungan astronomi, pergantian musim, peristiwa politik, hingga sampai dengan prediksi kapan terjadinya kiamat. Ada yang pernah menanyakan, kenapa kalender kita 12 bulan dalam setahun, kenapa bukan misalnya 20 bulan saja, dan apa dasar dari perhitungannya ?

Singkat cerita, kalender yang kita gunakan sekarang itu mengadopsi sistem kalender Romawi. Awal mulanya sistem dalam Kalender Romawi ini hanya memiliki 10 bulan atau memiliki 304 hari saja dalam setahun. Tapi 10 bulan disini dianggap kurang tepat, karena tidak bisa sinkron dengan pergantian musim yang terjadi.

Kenapa 1 tahun 12 bulan

Hingga kaisar Romawi pada saat itu numa pompilius menambahkan dua bulan yang baru yakni Januari dan Februari. Dan Kemudian itu disempurnakan lagi oleh  sistem kalender julian yang diambil dari nama julius caesar kaisar Romawi saat itu.

JANGAN LEWATKAN
Kenapa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat Dari Pada Saat Perjalanan Pergi ? Ini Alasannya !

Lalu ketika bangsa di Eropa sudah mengembangkan Sains dan mengalami astronomi sistem kalender julian ini digantikan dengan sistem kalender Gregorian yang hingga saat ini masih kita gunakan bersama.

Kenapa 1 tahun 12 bulan

Alasan digantikan sistem kalender Julian adalah karena Kalender Julian dalam satu tahun adalalah 365,25 hari atau ternyata terjadi kelebihan 11 menit dari pada perputaran bumi terhadap matahari sesungguhnya.

Kenapa 1 tahun 12 bulan

Meskipun hanya terdengar kecil, sama halnya seperti menunggu sebuah piring bakso yang tadinya panas kemudian lumayan dingin. Tetapi kelebihan 11 menit tersebut dapat menumpuk setiap tahun nya dan menyebabkan kalender Julian harus disesuaikan setiap 128 tahun sekali.

Oleh karena itu diperkenalkanlah kalender Gregorian yang menyatakan dalam setahun adalah 365,2425 hari yang lebih akurat menggambarkan perputaran bumi terhadap matahari.

JANGAN LEWATKAN
Kenapa 1 Menit Itu 60 Detik, Bukan 100 Detik ? Ini Sejarahnya !!

Kenapa 1 tahun 12 bulan

Jadi sekarang kita tahu bahwa kalender yang kita gunakan sekarang itu banyak menyimpan sejarah dan perhitungan yang panjang. Jadi sekarang jangan pernah malu untuk memanjang kalender Kamu, Karena itu sangat kerennya dari pada memajang lukisan dan poster di dinding rumah Kamu.

Dan jika masih ada yang bertanya kenapa kalender kita 12 bulan ? Kamu sudah memiliki jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jika Kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk dibagikan 😀 terimakasih.

SOURCEKok Bisa
BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...