Prekuel

Prekuel (prequel) adalah jenis karya seni yang menceritakan peristiwa yang terjadi sebelum cerita utama. Dalam dunia game dan film, prekuel sering digunakan untuk menggali lebih dalam tentang latar belakang atau asal mula karakter, alur cerita, atau dunia yang ada dalam karya tersebut.

Asal Mula Prekuel

Asal mula prekuel dapat ditemukan dalam sejarah sastra dan seni. Sebagai contoh, dalam mitologi Yunani, cerita Iliad dan Odyssey karya Homer merupakan cerita utama yang menceritakan tentang perang Troya dan perjalanan pulang sang pahlawan, Odysseus.

Namun, dalam mitologi tersebut, terdapat banyak prekuel yang menceritakan peristiwa yang terjadi sebelumnya, seperti peristiwa pembunuhan Agamemnon yang menjadi latar belakang perang Troya.

Contoh Prekuel Game

Dalam dunia game, prekuel sering digunakan untuk memperluas dunia permainan dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang cerita dan karakter. Contohnya adalah seri game “Metal Gear Solid” yang menghadirkan prekuel dengan judul “Metal Gear Solid 3: Snake Eater”. Game ini menceritakan peristiwa yang terjadi sebelum cerita utama dalam seri tersebut, dengan mengisahkan petualangan agen rahasia bernama Naked Snake dalam misi penyusupan di Soviet Union.

Contoh Prekuel Film

Selain itu, dunia film juga menggunakan prekuel sebagai cara untuk memperluas dan melengkapi cerita yang telah ada sebelumnya. Contoh yang terkenal adalah seri film “Star Wars”. Film prekuel yang dirilis antara tahun 1999 hingga 2005, seperti “Star Wars: Episode I – The Phantom Menace” dan “Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith”, menceritakan tentang asal mula Darth Vader dan peristiwa yang membawa pada kejatuhan Jedi.

Prekuel memiliki peran penting dalam memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang dunia dan cerita di balik karya seni tersebut. Dengan menceritakan peristiwa sebelum cerita utama, prekuel dapat memberikan konteks yang lebih baik bagi penonton atau pemain untuk memahami motivasi dan perkembangan karakter, serta mengisi celah dalam alur cerita yang mungkin belum terungkap sebelumnya.

Dalam kesimpulannya, prekuel adalah jenis karya seni yang menceritakan peristiwa sebelum cerita utama. Baik dalam dunia game maupun film, prekuel digunakan untuk menggali lebih dalam tentang latar belakang atau asal mula karakter, alur cerita, atau dunia yang ada dalam karya tersebut. Contohnya dapat ditemukan dalam seri game “Metal Gear Solid” dan seri film “Star Wars”. Prekuel memiliki peran penting dalam memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang karya seni tersebut dan memperluas pengalaman penonton atau pemain.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks