Martian Manhunter, Anggota Justice League Terkuat Setelah Superman

in ,
Martian Manhunter

Dafunda Komik // DC – Apakah kalian pernah mendengar nama Martian Manhunter? Mungkin sangat sedikit yang mengetahui anggota Justice League yang satu ini. Martian Manhunter atau dikenal juga sebagai J’onn j’onzz dan John Jones, adalah salah satu pahlawan dari DC Comic. Kali ini Dafunda komik akan mengajak kalian mengenal tentang asal usul Martian Manhunter, kekuatan Martian Manhunter dan fakta lainnya yang mungkin belum kalian ketahui.

Meskipun tidak terlihat dalam film Justice League yang sudah rilis beberapa bulan lalu, namun dia merupakan salah satu anggota tetap dari liga keadilan ini. Baiklah tanpa berlama-lama lagi berikut Dafunda komik akan membahas tentang asal usul Martian Manhunter.


Asal usul Martian Manhunter

asal usul martian manhunter - kekuatan martian manhunter

Asal usul Martian Manhunter dimulai kira-kira satu juta tahun yang lalu. Saat itu Mars adalah sebuah dunia yang dihuni oleh banyak spesies dan dibagi oleh jenis warna kulit. Saat itu dia tinggal dengan keluarga dan ras nya yang berada di utopia. Karena ras yang mereka miliki itu memiliki kulit berwarna hijau, mereka dianggap sebagai kutukan. Hingga pada akhirnya seorang agen pemerintah yang bernama Ma’alef’ak ditugaskan untuk memusnahkan kutukan itu.

Seluruh anggota Mars yang berkulit hijau pun dimusnahkan dengan cara dibakar. Dikisahkan bahwa Martian Manhunter adalah anggota terakhir dari ras nya yang masih hidup. Trauma akan hal itu, dia pun pergi dari planet nya Mars dan secara tak sengaja mendarat di bumi. Di bumi dia menyembunyikan identitas aslinya dengan menyamar menjadi seorang perwira polisi. Dia datang ke bumi untuk mencari keadilan dan kedamaian.

Apabila saatnya sudah tiba, dia akan mewarisi kekuatan ras hijau planet Mars dan menjadi Martian Manhunter. Dia merupakan pahlawan pelindung dan merupakan salah satu anggota dari Justice League.


Kekuatan Martian Manhunter

kekuatan martian manhunter - asal usul martian manhunter

Kekuatan Martian Manhunter bisa dibilang sebanding dengan kekuatan Superman. Dia memiliki kekuatan, terbang, dan kecepatan yang di hampir setara dengan yang dimiliki Superman. Tidak perlu berlama lagi, berikut Dafunda Komik akan memberikan daftar kekuatan Martian Manhunter.

1. Kekuatan Super

Martian Manhunter memiliki kekuatan yang hampir sebanding dengan Superman, dia bahkan bisa mengangkat beban setidaknya dengan berat 100.000 ton. Meskipun hampir setara dengan Superman, stamina dan ketahanan yang dimilikinya tidak sebanding dengan yang dimiliki oleh mahluk Krypton

2. Terbang

Kekuatan Martian Manhunter selanjutnya yaitu dia dapat terbang dengan cara memanipulasi gravitasi yang membuatnya bisa terbang. Dia diketahui mampu terbang dengan kecepatan  12.000 km/jam

3. Kecepatan Super

Baik saat terbang ataupun melalui pergerakan nya, Manhunter dapat memiliki refleks dan kecepatan yang sangat tinggi. Dia biasanya menggunakan kecepatannya saat sedang terbang.  Kecepatan yang dia miliki bisa mencapai 11 km per detik. Meskipun kecepatan yang dia miliki sangat hebat, tapi tidak sebanding dengan kecepatan milik the Flash.

4. Menghilang

Dengan membuat bio-polimer dalam tubuhnya untuk menghilangkan pemantulan cahaya, hal membuatnya tidak terlihat oleh pandangan manusia. Dengan konsentrasi yang lebih, dia bahkan bisa membuat dirinya tidak mampu dilihat bahkan oleh spektrum elektromagnetik seperti inframerah dan ultraviolet.

Selain tidak terlihat, kemampuan tambahan lainnya yaitu dapat menembus apapun yang ada di depannya.

5. Umur Panjang

Manhunter juga diketahui sebagai salah satu mahluk yang memiliki umur yang panjang. Dia bahkan bisa hidup sampai ratusan tahun.

6. Kekuatan Spesial Martian Manhunter

Dia memiliki satu kekuatan unik yang hanya dimiliki oleh ras nya, yaitu manipulasi dan perubahan bentuk. Dia bisa berubah menjadi apa saja yang telah dia lihat. Selain itu dia juga bisa memanipulasi tubuhnya menjadi seperti cairan dan bisa masuk ke dalam tubuh seseorang yang ia inginkan untuk melumpuhkan nya.

martian manhunter

Satu lagi kekuatan unik yang dia turunkan dari ras nya yaitu telekinesis. Dia memiliki kekuatan telepati dan telekinesis yang hampir tak terbatas. Dengan kemampuan ini memungkinkan dia untuk memasuki pikiran seseorang dan mengambil kendali atas tubuh orang yang dia rasuki. Selain itu dia juga bisa menggunakan kekuatan telekinesis nya untuk mendorong musuhnya menjauh dari dirinya.


Kelemahan Martian Manhunter

Meskipun dia memiliki kekuatan yang sangat besar, bukan berarti dia tidak memiliki kelemahan. Dia memiliki kelemahan pada api, apabila dia terbakar hal ini akan menghambat kemampuan dirinya untuk merubah bentuk dan bahkan bisa membunuhnya.


Profil Martian Manhunter

Nama asliJ’onn J’onzz
Spesies Green Martian
AsalPlanet Mars
Jenis KelaminPria
Berat107 kg
Warna mataMerah
RambutTidak memiliki rambut
Tinggi200 cm
PenciptaJoseph Samachson, Joe Certa, Paul Cornell dan Miguel Sepulveda.
Dunia fiksiDC Universe
KerjasamaJustice League United, Justice League of America, Stromwatch dan Justice League.

Bagikan jika kamu suka