KomikKomik ListMarvel

10 Fakta Gokil Spider-Man Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Inilah 10 fakta gokil Spider-Man yang mungkin belum kamu ketahui.

Peter Parker nama asli Spider-Man, Peter menjadi Spider-Man setelah digigit oleh laba-laba radioaktif, Pamannya bernama Ben dan Bibinya bernama May. Well, semua fakta Spider-Man ini pasti kamu sudah tahu dengan beberapa fakta-fakta umum lainnya.

Nah apakah kamu tahu kalau fakta-fakta tersebut baru sebagian kecil dari pengetahuan Spider-Man yang baru kamu ketahui? Karena banyak juga fakta gokil Spider-Man yang ternyata lolos dari “radar nerdy” kita.

Dan berikut adalah 10 fakta gokil Spider-Man yang mungkin belum kamu ketahui tersebut.

Fakta Spider-Man Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

1. Sosoknya Hampir Saja Tidak Eksis

fakta gokil Spider-Man
Spider-Man| MyComicShop

Fakta gokil Spider-Man yang mungkin belum kamu ketahui yang pertama adalah sosoknya hampir saja tidak eksis. Ya kamu gak salah baca guys. Spidey hampir saja gak menjadi bagian dari kehidupan nerdy kita.

Hal ini karena Marvel kala itu tidak berniat untuk mempublikasikan superhero karya (alm) Stan Lee ini. Alasannya, Marvel kala itu berlogika kalau banyak orang di dunia ini yang memiliki fobia terhadap laba-laba atau Arachnophobia.

Sehingga logika mereka, takutnya nanti karakter beserta komiknya malah akan merugikan bisnis mereka. Logis sih memang alasannya tapi pada saat yang sama, mereka juga keliru. Debut melalui komik Amazing Fantasy #15 bulan Agustus 1962, yang ada malahan banyak orang yang suka dengan karakter manusia laba-labanya ini.

Gara-gara hal tersebut, penjualan komik Amazing Fantasy #15 memberikan banyak cuan ke Marvel. Melihat ini, alhasil Marvel 7 bulan setelah kesuksesan perdana komik tersebut, mulai meluncurkan lini komik The Amazing Spider-Man secara berkala.

2. Superhero Remaja Pertama

fakta gokil Spider-Man
Spider-Man | Marvel Comics

Fakta gokil Spider-Man yang mungkin belum kamu ketahui selanjutnya adalah ia ternyata merupakan superhero remaja (teen superhero) yang pertama kali ada di komik superhero manapun.

Nah ketika hal ini diusulkan juga oleh Lee, Marvel kala itu kian berat saja untuk mempublikasikan superhero ciptaannya ini. Apalagi dalam hal ini Peter adalah superhero utamanya dan bukan sidekick dari superhero utama dewasa seperti Robin terhadap Batman.

Namun Lee yakin dan berkeras kalau karakternya ini akan sukses. Dan benar saja. Semenjak perilisan The Amazing Fantasy #15 dan lini komik The Amazing Spider-Man, kian banyak saja pembaca berusia remaja yang membeli seri komik tersebut.

Tentunya alasan utama mengapa remaja sangat suka karena karakter Peter-nya dibuat sangat relatable dengan berbagai masalah dan kehidupan remaja real-life pada umumnya.

3. Mengapa Spider-Man dan Bukannya Spiderman?

fakta gokil spider-man
The Amazing Spider-Man | Marvel Comics

Mungkin fakta unik ini terlihat sangat sederhana. Namun kenyataannya fakta ini menarik untuk kita ketahui. Sebenarnya kalau kita pikir secara logika, memang gak ada bedanya sih Spider-Man dan Spiderman.

Toh maknanya sama saja bukan? Manusia laba-laba atau pria yang menjadi manusia laba-laba. Nah tapi kala itu, Lee berkeras untuk memberika tanda setrip di tengah “Spider” dan “Man”.

Alasannya, ia ingin membuat sosok Spidey beda jauh dengan Superman atau superhero-superhero lain (DC sih rata-rata memang) yang menggunakan kata “Man” atau “Boy” di belakangnya. Dan yap keputusan ini sangatlah jenius.

4. Bukan Seorang Mutant

Nah ini nih. Gara-gara melihat sosoknya yang setelah tergigit oleh laba-laba radioaktifnya dan memiliki kemampuan layaknya seekor laba-laba. Alhasil, banyak yang menyangka kalau Peter adalah seorang mutant seperti anggota X-Men.

Dan dugaan tersebut memang logis. Pasalnya mutant dalam Marvel, bermakna seseorang yang memiliki “kelainan” yang membuatnya mampu mengeluarkan berbagai kemampuan dan kekuatan yang notabene di luar batas kemampuan sesama manusianya.

Nah argumen ini cukup lama berkecamuk diantara kalangan fanboy. Namun pada akhirnya terungkap (well lebih tepatnya diputuskan) kalau Spider-Man bukanlah mutant. Pasalnya ia bermutasi dari sumber luar.

Sedangkan kalau mutant dalam Marvel, adalah mereka yang memiliki kemampuannya sejak lahir atau dari kandungan.

5. Kedua Orang Tuanya Adalah Agen S.H.I.E.L.D

Q1ohleacw2k11
Orang Tua Peter Parker | Marvel.com

Nah bagi kita yang tahu Spider-Man dari film Tobey Maguire (Spider-Man) atau Andrew Garfield (The Amazing Spider-Man), tentunya fakta ini sangatlah mengejutkan kita.

Ya faktanya kedua orang tua Peter, Richard dan Mary Parker adalah agen S.H.I.E.L.D. Nah karena pekerjaannya sebagai agen mata-mata dan perangnya inilah yang akhirnya membuat mereka sering meninggalkan Peter ketika cilik.

Dan karena profesinya ini pulalah yang akhirnya membuat keduanya tewas. Spesifiknya, keduanya tewas di sebuah kecelakaan pesawat terbang yang sudah direncanakan/disengaja oleh Red Skull.

Sebenarnya kalau kita ingat, film The Amazing Spider-Man 2 (2014), sudah mengadaptasi plot komiknya tersebut. Namun karena film ini kala itu bukan bagian dari MCU, maka elemen S.H.I.E.L.D dan Red Skull-nya pun tidak disertakan sama sekali.

6. Indera Laba-Laba Memiliki Manfaat Yang Lebih

Indera laba-laba (spidey sense) atau kalau dalam trilogi film Spider-Man MCU disebut, “Peter Tingle”, adalah kemampuan Spider-Man yang sangat gokil.

Pasalnya indera laba-laba memungkinkan Peter untuk merasakan ancaman musuh-musuhnya baik yang baru akan datang atau memang di sekitarnya. Akan tetapi tahukah kamu kalau kemampuan ini bukan sebatas itu saja fungsinya?

Ya, indera laba-laba milik Spider-Man faktanya juga bisa membuat Peter peka ketika ada orang yang sedang menguntit atau mengintipnya dari jauh.

7. Aslinya Menggunakan Web Shooter

Nah inilah yang masih menjadi perdebatan dan bercandaan diantara fanboy dan awam. Hal ini juga disinggung di film Spider-Man: No Way Home (2021) kemarin. Jadi aslinya Spider-Man memang bisa mengeluarkan jaringnya secara alami atau harus menggunakan bantuan penembak jaringnya?

Nah jadi melansir CultureSlate, sebenarnya kalau dalam lini komik utamanya (The Amazing Spider-Man), Spider-Man membutuhkan web shooter. Namun beberapa varian dari earths lain, ada yang bisa mengeluarkan jaringnya alami dari dalam pergelangan tangannya.

Nah kalau di rana adaptasi film Spider-Man sejauh ini, salah satu variannya tersebut adalah Spider-Man Tobey.

8. Superhero Favorit Barrack Obama

51th1oqhbql
Barrack Obama Spider-Man | Marvel.com

Fakta gokil Spider-Man yang mungkin belum kamu ketahui selanjutnya adalah ia merupakan sosok superhero favorit mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Hal ini terbukti di setiap kunjungan Obama ke tempat khusus anak-anak. Melihat fakta ini, sebagai bentuk apresiasi, Marvel pun menampilkan sosoknya dalam komik spesial Spider-Man yang dirilis sebelum pelantikannya sebagai Presiden A.S.

Spesifiknya, komik yang menampilkan Obama tersebut adalah komik Spider-Man #583 yang rilis pada tanggal 14 Januari, 2009.

9. Nerdy Playboy

Ya, siapa bilang playboy Marvel hanya Tony Stark aka Iron Man saja? Faktanya Peter jugalah demikian.

Selain dua karakter wanita top-nya yang sudah kita ketahui: Mary Jane (MJ) dan Gwen Stacy, Peter juga pernah memadu kasih dengan Felicia Hardy alias Black Cat, Betty Brant, dan Liz Allen.

Lebih gokilnya lagi, banyak juga karakter wanita Marvel yang diam-diam, naksir berat dengan Peter. Beberapa diantaranya adalah: Silk, Silver Sable, Kitty Pride, Mockingbird, Captain Marvel (ketika masih Ms. Marvel), hingga Jesica Jones.

Nah kamu-kamu yang selalu merasa diejek sebagai sosok nerd dan cupu, tuh kalau Peter saja bisa kenapa kamu gak guys?

10. Jaringnya Jauh Lebih Kuat Dari Baja

Nah inilah fakta Spider-Man yang pasti banyak dari kamu belum ketahui banget. Faktanya jaring Spider-Man memiliki kekuatan yang sangat kuat. Bahkan lebih kuat dari baja (steel).

Jaringnya ini bahkan bisa melilit seluruh badan Bruce Banner aka Hulk. Bahkan kalau kita masih ingat, di film Avengers: Infinity War (2018), jaring Spider-Man (Tom Holland) bahkan juga bisa melilit badan villain yang notabene adalah alien super kuat, Thanos (Josh Brolin).

Jadi ya, jangan dikira jaringnya seperti lilitan benang sulaman saja ya guys! Nah, itulah tadi 10 fakta gokil Spider-Man yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga pembahasannya bermanfaat.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment