KomikKomik ListWebtoon

15 Rekomendasi Manhwa BL (Boys’ Love) Jangan di Baca Saat Puasa

Rekomendasi Manhwa BL, jangan di baca saat puasa. Penasaran ada Manhwa apa saja? Langsung cek lengkapnya disini.

Manhwa adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing bagi banyak orang. Salah satu genre yang populer dalam manhwa adalah yaoi atau BL, yang mengisahkan kisah romantis antara dua pria. Meskipun genre ini memiliki basis penggemar yang lebih kecil, namun terdapat banyak judul dan cerita yang mungkin menarik untuk dibaca oleh mereka yang menyukai Manhwa BL, berikut adalah beberapa rekomendasi Manhwa BL yang dapat dibaca.

Manhwa merupakan jenis komik yang berasal dari Korea Selatan. Istilah manhwa sendiri merupakan adaptasi dari kata manga dalam bahasa Korea. Biasanya, manhwa dibaca dari kiri ke kanan, meskipun ada beberapa yang dibaca dari kanan ke kiri.

Berikut Rekomendasi Manhwa BL (Boys’ Love)

Apakah kamu ingin tahu manhwa apa saja yang akan kita bahas kali ini? Berikut ini adalah rekomendasi manhwa BL yang dapat kamu ikuti.

1. Under The Greenlight

Under-the-greenlight
Under-the-greenlight | Webtoon

Manhwa satu ini bercerita tentang seorang siswa seni pahat bernama Matthew yang lebih suka hidup terisolasi. Suatu hari dia terpesona dengan tubuh sempurna milik Jin yang terlihat sangat menawan. Matthew pun meminta Jin untuk menjadi model patungnya agar dia dapat mempertahankan kesempurnaan yang ada di depannya saat ini dan kisah mereka berdua pun dimulai di sini.

2. Castle Swimmer

Castle-swimmer
Castle-swimmer | Webtoon

Bercerita tentang Kappa adalah sosok makhluk yang diberkati. Diceritakan juga bahwa dia akan memimpin peradabannya menuju masa depan yang lebih cerah.  Disisi lain terdapat sosok lain yang disebut Siren.

Siren sendiri adalah pangeran hiu yang akan membunuh sosok Kappa ini. Namun yang terjadi adalah sebaliknya dimana Kappa dan Siren bersahabat dan persahabatan yang mereka jalani ini mulai menuju pada sebuah hubungan yang lebih mendalam.

3. Path To You

Path-to-you | manhwa bl
Path-to-you | Webtoon

Manhwa ini bercerita tentang Jensen dan Nathaniel yang bertemu dalam sebuah situasi yang rumit. Jensen adalah seseorang yang mengalami putus sekolah dan harus berjuang sangat keras di kehidupannya. Dia bertemu dengan Nathaniel saat Nathaniel mabuk dan muntah kepadanya. Hal ini pun malah menjadi awal mula dari hubungan mereka berdua.

4. Heesu In Class 2

Heesu-in-class-2
Heesu-in-class-2 | Webtoon

Heesu adalah seorang siswa yang sangat populer di kelasnya. Dia dikenal sebagai sosok konselor percintaan di sekolahnya tersebut. Di sini dia membantu teman-temannya yang merasa kesulitan dengan persoalan cinta mereka sambil menyembunyikan perasaanya terhadap sahabatnya.

5. Fools

Fools
Fools | Webtoon

Menceritakan tentang Eungi yang merupakan seorang introvert dan lebih memilih menghabiskan waktunya dengan menyendiri. Saat dia merasa bosan dengan kota besar di sekelilingnya,  dia bertemu dengan Jungwoo yang merupakan seorang mahasiswa dan secara mengejutkan Jungwoo berhasil meluluhkan hati milik Eungi.

6. Love or Hate

Love-or-hate | manhwa bl
Love-or-hate | Webtoon

Bercerita tentang dua orang mantan saudara tiri bernama Haesoo dan Jonwoo. Mereka berdua masih berhubungan baik hingga kini karena sudah kenal sejak lama. Ketika mereka berdua mencoba mencari tahu apa isi dari perasaan mereka masing-masing, tanpa disangka-sangka hubungan mereka malah berkembang menjadi sesuatu yang lebih dalam dari sebelumnya.

7. Sign

Sign
Sign

Bercerita tentang Soohwa yang merupakan seorang mahasiswa yang saat ini tengah berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya hingga akhirnya dia mendapat sebuah pekerjaan paruh waktu di sebuah kedai kopi bernama Cafe Goyo.

Kedai ini terkenal dengan kopinya yang tidak enak. Namun terlepas dari hal itu, Soohwa malah menemukan sebuah cara aneh untuk berinteraksi dengan manajernya yang merupakan seorang tuna rungu.

8. Let Dai

Let-dai
Let-dai | Webtoon

Di Seoul, Jaehee menjalin sebuah hubungan persahabatan dengan Dai yang merupakan seorang pemimpin dari sebuah geng. Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka mulai berkembang dan kisah romantis diantara mereka pun dimulai.

9. Semantic Error

Semantic-error
Semantic-error | Webtoon

Dalam manhwa ini, terdapat dua orang mahasiswa bernama Sangwoo dan Jaeyoung. Sangwoo adalah sosok yang sangat rajin belajar dan tegas. Jaeyoung sendiri adalah senior Sangwoo dan merupakan sosok yang memiliki kepribadian yang sangat periang.

Mereka terlibat dalam sebuah proyek bersama meski sifat mereka sangat bertolak belakang. Namun seiring berjalannya waktu mereka pun mulai mengerti satu sama lain dan mereka malah jatuh cinta satu sama lain.

10. BLACK

Black | manhwa bl
Black | Webtoon

Bercerita tentang dua orang yang sudah bersahabat sejak kecil yakni Seto dan Kudo. Meski hubungan mereka penuh dengan ketegangan sepanjang hidup mereka, namun mereka menutupi hal itu dengan terus saling menggoda satu sama lain dan hal ini membuat hubungan keduanya menjadi tampak lucu.

11. For Your Love

For-your-love
For-your-love | Webtoon

Bercerita tentang Yohan yang merupakan seorang siswa dari sebuah sekolah menengah yang kini membantu salah satu seniornya di klub bernama Moogyeong yang ternyata menyukai salah satu anggota laki-laki di klub tersebut.

Yohan kemudian membantu moogyeong untuk merayu laki-laki tersebut agar Moogyeong tidak mengalami patah hati dan berakhir dengan menyedihkan seperti kakak laki-lakinya dahulu.

12. A Guy Like You

A-guy-like-you | manhwa bl
A-guy-like-you | Webtoon

Go Siwon dalam tidurnya terus memimpikan sosok Kang Jinha. Dalam mimpinya, dia dan Kang Jinha terlibat dalam “sesuatu” yang sangat intens. Namun Siwon tidak dapat mengingat apa pun dan itu menyiksanya. Hubungan mereka pun terus berlanjut seiring berjalannya waktu, namun begitu Siwon mendapatkan ingatannya kembali, ia pun mulai meragukan Jinha.

13. Crash Into Me

Crash-into-me
Crash-into-me | Webtoon

Bercerita tentang seorang pemuda yang tampan bernama Seung-chan. Suatu hari dia tidak dapat beristirahat dengan nyaman karena adanya suara berisik yang berasal dari rumah milik tetangga di sampingnya. Ketika ia ingin melakukan protes atas suara-suara berisik tersebut ia malah bertemu dengan Hyesung. Seung-chan yang baru pertama kali melihat Hyesung merasa mulai tertarik dengannya.

14 Jazz For Two

Jazz-for-two
Jazz-for-two | Webtoon

Taeyi mengalami kesedihan yang sangat mendalam saat kehilangan saudara laki-lakinya yang meninggal karena bunuh diri. Saat kesedihan yang dirasakannya semakin meninggi, ia mulai menemukan sebuah hiburan kecil dengan mendengarkan musik yang dulunya sangat disukai oleh saudaranya.

Suatu hari di sekolah taeyi terdapat seorang murid pindahan bernama Seheon. Seheon ini sangat menyukai musik terutama musik jazz dan mulai memainkannya dengan piano di sekolahnya. Taeyi yang mendengarnya mengira bahwa itu adalah sosok kakaknya yang telah kembali. Namun dia harus kecewa bahwa yang memainkan lagu tersebut ternyata adalah sosok pria asing.

15. Painter Of The Night

Painter-of-the-night | manhwa bl
Painter-of-the-night | Webtoon

Bercerita tentang seorang pelukis muda bernama Nakyum yang sangat berbakat dalam lukisannya. Selain itu ada seorang bangsawan bernama Seungho yang tekenal karena memiliki hawa nafsu yang tidak pernah terpuaskan. Nakyun kemudian bertemu dengan Seungho dan setelah pertemuan itu dia merasa sepeti memasuki sebuah dunia yang sangat baru.


Demikianlah rekomendasi Manhwa BL yang sebaiknya tidak dibaca saat menjalankan puasa. Setelah melihat daftarnya, apakah kamu pernah membaca salah satunya?

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.