10 Aktor Non Remaja Yang Memerankan Karakter Remaja di Filmnya

in ,
Aktor non remaja karakter remaja
Shirley Henderson sebagai Moaning Myrtle | © Warner Bros

Biasanya karakter remaja di dalam sebuah film, ya diperankan juga oleh aktor yang masih remaja.

Alasan ini tentunya logis. Sehingga karakternya bisa mendapatkan look & feel nya. Tapi uniknya, seringkali juga, Hollywood men-cast aktor non-remaja (dewasa) untuk memerankan aktor remajanya.

Dan hebatnya, beberapa dari mereka sukses “menipu” kita dengan aktingnya yang sangat hebat. Alhasil, kitapun menjadi terkejut banget ketika akhirnya mengetahui usia mereka yang sesungguhnya.

Dan berikut adalah 10 aktor non remaja yang memerankan karakter remaja di filmnya tersebut.

10. Rachel True (The Craft, 1996)

The Craft Rachel True Racial Discrimination
Rachel True sebagai Rochelle Zimmerman | © Columbia Pictures

Sebelum sekuel / soft-reboot nya, The Craft: Legacy, rilis dan tayang di bioskop tahun 2020 dan masih tayang hingga tulisan ini diunggah di jaringan bioskop Indonesia, adalah film pertamanya ini yang populer.

Selain cerita “perdukunan” nya yang unik, filmnya juga dibintangi oleh aktor-aktor top remaja atau early adult kala itu.

Ada Neve Campbell dan Skeet Ulrich (Scream), Fairuza Balk (Return to Oz, American History X), dan Robin Tunney (Empire Records). Nah nama-nama ini ketika filmnya dibuat dan dirilis, masih berusia antara 21-25 tahun.

JANGAN LEWATKAN •
Johnny Depp Pastikan Dirinya Kembali di Fantastic Beasts 3

Mereka inipun juga bisa dibilang sudah terlalu tua memerankan karakter-karakter mereka yang masih remaja. Tapi faktanya, rekan cast mereka, Rachel True, yang memerankan salah satu anggota geng 4 wanita utamanya, Rochelle Zimmerman, sukses “mengalahkan” mereka.

True adalah kelahiran tahun 1966. Otomatis ketika sedang membuat filmnya, ia sudah berusia sekitar 29 tahun. Dan ketika dirilis, ia sudah genap berkepala 3. Tapi True sukses banget meyakinkan kita bahwa ia masih terlihat seperti remaja 17-18 tahun.

9. Michael J. Fox (Back to the Future Part 3, 1990)

Bttf 3 2
Christopher Lloyd & Michael J. Fox | © Universal Pictures

Michael J. Fox gak dipungkiri dari muda, selalu terlihat seperti anak-anak atau anak muda alias lagi, babyface.

Jadi gak heran ia masih terus di-cast sebagai Marty McFly hingga film ketiganya yang dirilis di tahun 1990.

Padahal ketika perilisan filmnya, Fox sudah berusia 29 tahun alias hampir 30. Tapi sekali lagi seperti kita lihat, di filmnya ia masih terlihat di awal 20an.

8. Gabrielle Union (Bring it On, 2000)

Https S3 Images.tyla .com S3 Content D44c79065f60c78960c08c00d42c069f
Gabrielle Union (tengah) sebagai Isis | © Universal Pictures

Di film cheerleader remaja wanita hit ini, Union memerankan rival karakter Kristen Dunst (Spider-Man), Torrance Shipman, Isis.

Dunst ketika syuting filmnya, sekitar umur 17 tahun. Dan ketika dirilis filmnya, ia berusia 18 tahun. Tentunya umurnya ini sangat pas dengan tema / latar karakter filmnya. Tapi tidak demikian ceritanya dengan Union.

JANGAN LEWATKAN •
Warner Bros Buka Masa Pra-Register Untuk Game Harry Potter: Magic Awakened

Union kelahiran tahun 1972 atau dengan kata lain, 10 tahun lebih tua dari Dunst. Namun perbedaan usia 1 dekade ini, tak terlihat sama sekali di filmnya. Keduanya terlihat seumuran satu sama lain.

7. Sissy Spacek (Carrie, 1976)

Carrie 1976 006 Sissy Spacek Prom Smile
Sissy Spacek sebagai Carrie | © United Artists

Tak dipungkiri, merupakan film yang meroketkan nama Spacek. Di film horor supranatural adaptasi novel Stephen King ini, Spacek memerankan karakter utamanya, remaja 16 tahun Carrie White.

Dan Spacek memerankannya dengan sangat total nan heartfelt. Iapun terlihat seperti tampang remaja 16 tahun kebanyakan di era tersebut.

Tapi betapa terkejutnya ketika kita mengetahui, bahwa aktor ini sudah tidak remaja lagi ketika memerankan karakter ikoniknya ini. Spacek lahir pada hari Natal 1949.  Sehingga ketika filmnya dirilis, November 1976, ia hampir berusia 27 tahun.

6. Winona Ryder (Girl Interrupted, 1999)

aktor remaja
Winona Ryder sebagai Susanna Kaysen | © Columbia Pictures

Salah satu film terbaik dari aktris terbaik sepanjang masa ini. Di filmnya, Ryder memerankan gadis 18 tahun, Susanna Kaysen, yang mengalami mental breakdown yang sangat parah.

Penampilannya di film ini benar-benar terlihat realistis dan total banget. Tampang Ryder pun disini masih terlihat seperti awal 20an maksimalnya. Tapi, siapa sangka? Di film ini, ia justru sudah berusia 28 tahun.

JANGAN LEWATKAN •
Sejumlah Foto Bocorkan Gambaran Sekuel Film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald!

Bahkan rekan aktornya yang kini menjadi nama besar, Angelina Jolie, yang sukses meraih Oscar atas perannya di film ini sebagai Lisa Rowe, ketika dirilisnya film ini, masih berusia 24 tahun.

(Alm) Brittany Murphy, yang memerankan Daisy Randone masih 22 tahun, Elisabeth Moss (The Invisible Man) masih 17 tahun, bahkan si Joker DCEU, Jared Leto disini, walau lahir di tahun yang sama seperti Ryder, masih kalah tua satu bulan dari Ryder.

5. Judd Nelson (The Breakfast Club, 1985)

aktor remaja
Judd Nelson sebagai John Bender | © Universal Pictures

Siapa sih yang belum pernah nonton film coming of age super klasik 80an ini? Kayaknya udah semua lah ya.

Nah dari kelima karakter remaja utamanya, gak dipungkiri yang paling stand out, adalah Judd Nelson yang memerankan si Bengal, John Bender.

Dan rasanya gak salah sutradara John Hughes men-cast nya sebagai sosok pentolannya. Karena ketika syuting filmnya, Nelson sudah berumur 24 tahun dan ketika perilisan filmnya, ia berumur 25 tahun.

Emilio Estevez yang memerankan sosok tampan dan “jagoan”, Andrew Clark saja kala itu masih 2 tahun di bawah Nelson.

4. Stacey Dash (Clueless, 1995)

aktor remaja
Stacey Dash sebagai Dionne Davenport | © Paramount Pictures

Clueless gak dipungkiri merupakan salah satu film remaja paling influensial sepanjang masa.

Saking influensial-nya, seperti kita tahu, busana sekolah yang dikenakan oleh karakter utamanya, Cher Horowitz (Alicia Sylverstone), dijadikan inspirasi dan dikenakan oleh rapper Iggy Azzalea di video klip lagu hit-nya, ‘Fancy’ (2014).

JANGAN LEWATKAN •
Harry Potter Hogwarts Mystery : Merasakan Sekolah di Hogwarts! Kisah Baru untuk Para Potterhead

Nah Sylverstone dan beberapa aktor wanita utamanya (termasuk lagi-lagi Brittany Murphy), masih belasan tahun ketika syuting filmnya. Namun pemeran sahabat karib Horowitz, Dionne Devenport, Stacey Dash, jauh lebih berumur dari geng nya ini.

Dash berumur 28 tahun ketika film ini dirilis. Dan ketika syuting, ia sudah berusia 27 tahun. Tapi WOW kan guys? Ia terlihat setara seperti Sylverstone dan Murphy?

3. Andrew Garfield (The Amazing Spider-Man, 2012)

aktor remaja
Andrew Garfield sebagai Spider-Man | © Sony Pictures Releasing

Seperti kita tahu, sosok Peter Parker aka Spider-Man, adalah seorang remaja SMA. Berarti ia umurnya berkisar antara 15-18 tahun.

Dan Garfield bisa dikatakan terlihat masih kisaran umur tersebut ketika memerankan Parker di film The Amazing Spider-Man pertama. Tapi siapa sangka? Garfield nyatanya jauh lebih tua dari tampangnya tersebut.

Ketika dirilis filmnya, Garfield sudah berusia 29 tahun alias hampir 30. Pemeran kekasihnya, Gwen Stacey, Emma Watson, berumur 23 tahun.

Dan ternyata, hal yang sama juga berlaku pada 2 pemeran Spider-Man sebelum dan sesudah Garfield. Tobey Maguire ketika Spider-Man dirilis di tahun 2002, sudah berusia 26 tahun. Ketika syuting, ia sudah berusia 25 tahun.

Tom Holland yang notabene terlihat jauh lebih muda dan imut, ketika melakukan sebutnya sebagai si muka jaring di Captain America: Civil War (2016), sudah hampir 20 tahun.

JANGAN LEWATKAN •
12 Rekomendasi Film Fantasi Terbaik, Buat Khayalanmu Jadi Kenyataan

Intinya, entah mengapa pihak Marvel dan Hollywood, dari dulu, gak pernah men-cast aktor yang benar-benar sama umurnya dengan umur Parker. Hmm, kalau menurut kalian kenapa tuh ya?

2. Allan Ruck (Ferris Bueller’s Day Off, 1986)

aktor remaja
Alan Ruck sebagai Cameron Frye | © Paramount Pictures

Salah satu film coming of age dan bahkan, film terbaik di dekade 1980an. Ferris Bueller’s Day Off, sukses menghidupkan imajinasi liar remaja hingga detik ini.

Ya bagaimana tidak? Siapa sih yang gak mau memanfaatkan hari bolos sekolahnya dengan sangat gila-gilaan seperti yang Ferris lakukan? Selain itu, film ini juga kian mempopulerkan teknik breaking the 4th wall di dalam industri perfilman.

Semua aspek keren tersebut, tentunya gak lepas dari kejeniusan sutradara John Hughes (Home Alone) dan aktor-aktornya. Pemeran Ferris Bueller, Matthew Broderick (WarGames) sangat gokil sebagai karakter utamanya. Ia di usia 24 tahun, sukses menjelma menjadi remaja SMA 16-17 tahun.

Namun walau ia keren banget, tak dipungkiri adalah karakter sahabat karibnya, Cameron Frye yang diperankan oleh Alan Ruck, yang sukses mencuri perhatian. Ia memerankan sosok Frye yang berlagak seperti jagoan tapi, sebenarnya penakut banget. Dan gak dipungkiri, sifat seperti ini sering banget dialami banyak remaja.

Dan gilanya, Ruck bisa menampilkan lagi sifat tersebut terlepas di filmnya, ia sudah hampir berusia 30 tahun.

1. Shirley Henderson (Harry Potter)

aktor remaja
Shirley Henderson sebagi Moaning Myrtle | © Warner Bros

Yap rasanya memang sosok aktris asal Skotlandia inilah yang pas banget menempati daftar ini.

JANGAN LEWATKAN •
Harry Potter – Hogwarts Legacy Akan Rilis Tahun Depan

Henderson, memulai debut peran di franchise Harry Potter di Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002). Ia memerankan arwah murid Hogwarts, Myrtle Elizabeth Warren aka Moaning Myrtle.

Melansir HarryPotterFandom, Myrtle ketika dibunuh oleh Serpent of Slytherin, dirinya masih berusia 14 tahun. Sehingga logikanya, ya arwahnya yang ada di film juga masih 14 tahun.

Dan ketika melihat sosok Henderson sebagai Myrtle nya, kitapun juga yakin kalau ia memiliki umur yang sama atau paling tidak, lebih tua 2-3 tahun. Tapi ternyata, kita benar-benar salah guys.

Henderson lahir di bulan November 1965. Ya saya tidak typo sama sekali. 1965. Sehingga ketika ia memerankan Martyl, ia sudah berusia 36 tahun.

Nah ia kembali memerankan Martyl di film keempat, Harry Potter and the Goblet of Fire (2005). Dan ia sudah hampir 40 tahun kala itu. Gokilnya, ia masih terlihat seperti sosok remaja dan juga bisa mengeluarkan suara centil-centilnya Martyl itu.

Oh ya jangan lupa juga di film ini, ia “mandi bareng” si Harry Potter, Daniel Radcliffe, yang kala itu masih berusia 16 tahun. Waduh gawat nih! He…he.

Itulah tadi 5 aktor non remaja yang memerankan karakter remaja di filmnya. Bagaimana nih pendapat kalian dengan pembahasan ini?