Genre Film Coming of Age, Genre Apaan Sih Itu?

in
Film Genre Coming of Age
Deretan Film-Film Genre Coming of Age | Yahoo

Bagi kamu-kamu yang film lovers atau ya awam saja tapi emang suka nonton film, pasti pernah dong denger genre film bernama coming of age?

Ya genre ini sebenarnya sudah mulai ada sejak lama. Namun baru populernya pada awal-awal 80an. Dan semenjak itu Hollywood pun kian banyak merilis film-film dari genre ini.

Namun pertanyaannya nih, kamu semua sebenrnya tau gak sih konsep / makna coming of age? Lalu apakah kamu tahu juga film-film yang termasuk ke dalam genre tersebut? Apabila belum, yuk mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Makna Coming of Age

Booksmart
Booksmart | Atom Tickets

Melansir Wikipedia, coming of age memiliki makna sebagai transisi seseorang dari anak-anak menjadi dewasa.

Transisinya ini terus berlanjut hingga mereka benar-benar menjadi dewasa seutuhnya (usia 17-21 tahun).

Tapi gak selalu terbatas rentang-rentang umur itu saja. Pokoknya selama ia merasakan adanya perubahan / transisi signifikan baik dari segi fisik, maupun segi sosial, maka masih bisa dikategorikan sebagai coming of age.

Masih belum jelas? Jadi misalkan kita sekarang berusia 17 atau 18 tahun. Tiba-tiba mendapatkan masalah-masalah baru yang sebelumnya belum pernah kita hadapi pada umur-umur sebelumnya.

JANGAN LEWATKAN •
30 Film Terkeren Dekade 1980an: Awal Modernisasi Sci-Fi & Dominasi Coming of Age

Lalu, ketika masalah itu datang, kitapun harus berusaha keras untuk memecahkannya bukan? Dan juga melalui berbagai drama dan proses sana-sini bukan? Nah itu sebuah transisi bukan? Nah itulah makna coming of age.

Pemaknaannya di Dalam Film

1 2bexk4dmu2pscbekc 1kow
Mid 90s | Cinapse

Lalu bagaimana definisi tersebut ketika menghubungkannya dalam genre film-nya? Ya pemaknanaannya sesuai definisinya.

Jadi, film genre coming of age umumnya adalah film yang menampilkan drama dimana karakter utamanya (umumnya remaja), mengalami masalah kehidupan sehari-hari.

Dan masalah-maslaah yang ia hadapi, merupakan prosesnya menuju ke kedewasaan walau memang, proses-nya mungkin gak semulus seperti yang ia kira sebelumnya.

Contoh Film Genre Coming of Age

The Breakfast Club 4
The Breakfast Club | The Ace Black Blog

Seperti yang udah udah gue bilang sebelumnya, film-film dari genre ini sudah ada sejak awal 80an. Bahkan, sejak beberapa dekade sebelumnya.

Bahkan, kamu mungkin pernah menyaksikannya tapi, emang gak nyadar kalau film tersebut termasuk sebagai film genre coming of age. Nah supaya gak bingung lagi, nih dia contoh-contoh film-nya.

JANGAN LEWATKAN •
5 Genre Film Favorit Orang Indonesia

The Breakfast Club (1985)

St. Elmo’s Fire (1985)

The Perks of Being a Wallflower (2012)

Boyhood (2014)

Clueless (1995)

Shazam! (2019)

Pan’s Labyrint (2006)

The Edge of Seventeen (2016)

Juno (2007)

Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Toy Story 3 (2010)

Ferris Bueller’s Days Off (1986)

Eight Grade (2018)

Loh kok Shazam! dan Toy Story 3 masuk sih? Kan bukan film drama biasa. Memang betul kok. Tapi coba baca lagi definisi yang sudah dijelaskan di atas.

Dan seperti kita tahu Shazam! menampilkan proses / transisi Billy Batson yang tidak hanya harus menghadapi perundungnya, keluarga angkatnya, namun juga transisi barunya sebagai si dewa superhero DC.

Lalu kalau Toy Story 3 ya gampang. Film ini selain menampilkan transisi Woody (Tom Hanks) cs ke pemilik baru, Bonnie, juga menampilkan transisi pemilik lama, Andy yang kini harus meninggalkan rumah lamanya untuk tinggal sendiri di asrama kuliahnya.

JANGAN LEWATKAN •
30 Film Terkeren Dekade 1980an: Awal Modernisasi Sci-Fi & Dominasi Coming of Age

Jadi sekali lagi bisa disimpulkan disini, film genre coming of age gak harus selalu yang drama live-action, mau itu genre utamanya horor atau animasi, asal memenuhi definisi yang udah disebutin di atas, maka fix mereka adalah film genre tersebut.

Semoga kamu semua kini sudah paham dan juga, semoga pembahasannya bermanfaat oke?