MovieMovie List

10 Twist Film Terburuk Sepanjang Masa

Inilah 10 twist film terburuk sepanjang masa. SPOILER ALERT !!!

Lumrah banget rasanya jika sebagai audiens, kita ingin mendapatkan twist yang sangat keren dan gokil ketika menonton film.

153720797543440453 12
Ben Kingsley sebagai Trevor Slattery | We Got This Covered

Ya siapa sih yang tidak ingin mendapatkan kejutan yang bisa menambah experience nonton kita? Tapi faktanya, beberapa film justru gagal menghantarkan aspek tersebut.

Alias, banyak juga film-film di luar sana yang justru memiliki twist yang gak keren atau buruk banget. Namun dari semuanya, berikut adalah 10 twist film yang gue anggap terburuk banget sepanjang masa.

10. The Wizard of Oz (1939)

Oke-oke. Jangan ngambek dulu dong. Dengarkan dulu nih penjelasannya. Gue seperti kebanyakan mantan bocah di dunia ini, juga suka banget dengan film anak klasik ini.

Emerald City, Yellow Brick Road, Tin Man, Oz, dan tentunya si karakter utama Dorothy Gale (Judy Garland), adalah aspek-aspek filmnya yang masih melekat di kepala.

Tapi kalau kita saksikan lagi filmnya secara seksama, sebenarnya twist film ini terasa konyol dan “gak banget”.

Pertama, terungkap kalau sosok Oz yang agung (Frank Morgan) bukanlah sosok yang antah berantah seperti yang kita kira. Melainkan ia adalah pria asal Kansas, AS yang berprofesi sebagai penghibur karnival.

Kedua, semua petualangan yang dialami oleh Dorothy kemungkinan besar hanyalah mimpi panjangnya. Memang bisa saja teorinya, ketika Glinda si penyihir baiknya (Billie Burke) menyihir ia balik ke Kansas, Glinda juga sekalian mengembalikan seluruh keadaan seperti semula.

Keadaan dirubah semula tapi ingatan Dorothy terhadap petualangan asyik yang ia alami di Emerald City, memanglah nyata. Tapi yeah, kalau dilihat dari filmnya, semuanya memang cuma mimpi saja.

Dan gak dipungkiri kalau teori ini benar adanya, twist ini gak banget sih (bagi gue ya). Gue lebih prefer Oz memang sosok mistis yang menjadi teragungnya di Emerald City dan, semua kejadiannya memang benar-benar terjadi.

Sehingga, ya gak perlu sih dibuat ending twist yang memperlihatkan Dorothy balik ke Kansas dalam posisi baru bangun tidurnya itu. Namun terlepas kritikan terhadap twist nya ini, gue tetap suka dan menganggap kalau The Wizard of Oz, adalah salah satu film anak terbaik sepanjang masa.

9. Now You See Me (2013)

Kalau kita masih ingat, ketika film ini keluar, banyak banget hype sekaligus resepsi positif terhadap filmnya. Spesifiknya, terhadap adegan-adegan magis dan juga twist nya.

Dan memang ketika menonton 3 kali pertama, kita masih terpukau dan ikut setuju dengan resepsinya tersebut. Tapi ketika menyaksikannya lagi untuk ke-10 kalinya, kita dijamin akan merasa aneh banget dengan twist nya.

Selected for you
10 Twist Film Terbaik Nan Mengejutkan Di Abad 21

Sebenarnya twist yang mengungkapkan kalau Dylan Rhodes (Mark Ruffalo) juga anggota The Horsemen-nya, bisa saja jadi oke nan mengejutkan kalau eksekusinya tertata perlahan lagi rapih.

Tapi mungkin karena juga mengejar durasi filmnya yang hanya 115 menit, maka eksekusi tergesa-gesa pun diambil. Sehingga akhirnya, kelogikaan twist nya gak masuk akal.

Namun kalaupun eksekusinya benar sekalipun, tetap saja twist ini adalah twist paling maksa sepanjang sejarah perfilman.

8. Hide and Seek (2005)

Mungkin inilah film yang menampilkan awal dari kejatuhan aktor top legendaris, Robert DeNiro (The Godfather). Dan bisa dikatakan hal tersebut miris banget. Karena baik DeNiro maupun rekan mainnya si cilik, Dakota Fanning (I Am Sam), sudah tampil dengan segokil-gokilnya di film horror thriller ini.

Tapi pada akhirnya, semua rusak karena twist nya yang benar-benar tidak inspiratif nan membosankan.

Film ini mengisahkan Dr. David Callaway (DeNiro) yang setelah istrinya tewas, mengurus putri semata wayangnya, Emily (Fanning). Sayangnya David benar-benar harus kerepotan sendiri dalam mengurus Emily.

Pasalnya si putri tercinta terungkap memiliki teman imajinasi bernama “Charlie”. Dan Charlie ini sangat jahat. Ia bahkan membunuh kucing keluarga ini. Dan kitapun jadi penasaran apa atau siapa si Charlie ini.

Pada akhirnya terungkap kalau Charlie adalah kepribadian kedua dari David. David ternyata mengalami Dissociative Identity Disorder (DID). Ketika terungkap, gak dipungkiri banyak dari kita yang kecewa banget.

Karena film yang menampilkan peristiwa yang dilakukan oleh individu DID sudah sangat membosankan. Kebosanannya, hampir sama dengan twist: “Semuanya cuma mimpi”. Plus, memang gak masuk akal dan ngeyel banget twist filmnya ini.

7. Serenity (2019)

Sebenarnya premis film ini bisa saja simpel dan fun banget seperti kebanyakan film drama romantis thriller pada umumnya.

Namun semuanya menjadi rusak ketika twist-nya memperlihatkan kalau semua kejadian di filmnya, gak lebih dari Artifical Intelligence alias simulasi video game yang diciptakan anak dari pasangan mantan suami istri di filmnya ini.

Si anak bernama Patrick Zariakas (Rafael Sayegh), menciptakan karakter dan dunia artifisial dimana terdapat karakter bernama Baker Dill (Matthew McConaughey) yang di-set dengan memori ayah kandung Patrick, John Mason.

John Mason sendiri telah meninggal di tahun 2006 ketika sedang ditugaskan di Irak.

https://www.youtube.com/watch?v=-L1eVbkFUI0

Nah di dalamnya juga terdapat Karen (Anne Hathaway) si ibu kandung yang juga eks Mason. Dan juga, pasangan baru Karen, Frank (Jason Clarke). Frank adalah sosok suami yang sangat kasar (abusive).

Patrick menciptakan karakter dan dunia A.I ini untuk bisa escape dari situasi rumah tangga yang dialami di rumahnya. Dan sekali lagi gak salah dan wajar sih apa yang dilakukan oleh Patrick ini.Tapi C’MON! Gak efektif, bosen, dan konyol banget.

6. The Number 23 (2007)

Gue masih inget ketika menyaksikan resensi / trailer nya, rasa intrigue ingin nonton langsung kerasa banget. Ya siapa sih yang gak penasaran untuk menyaksikan performa komedian gila, Jim Carrey (Liar Liar) di film horor?

Selected for you
Dontnod Entertainment Membuka Cabang baru Di Montreal

Tapi ke-antisipasian tersebut menjadi sirna begitu saja dikarenakan eksekusi twist filmnya ini yang ah sudahlah. Lagi dan lagi film ini menampilkan sosok yang gak sadar melakukan sesuatunya.

Namun untungnya untuk kasus The Number 23, karakter utama Walter Sparrow (Carrey) adalah karena Amnesia. Tapi tetap saja selain twist nya gak masuk akal banget, keseluruhan filmnya pun benar-benar bikin pusing kepala.

Gak heran jika kala itu, The Number 23 mendapatkan nominasi Razzie spesifiknya, untuk performa Carrey. Udah ngelawak aja deh Mr. Carrey ok?

5. Iron Man 3 (2013)

Setelah merasa sedikit kecewa dengan Iron Man 2 (2010), wajar jika kita menginginkan film ketiga Iron Man yang jauh lebih baik.

Sayang banget, hal tersebut gak kita dapatkan. Selain kisahnya biasa banget, juga twist villain Mandarin (Ben Kingsley) di film ini benar-benar bikin emosi banget.

Terungkap kalau sosok yang kita kira villain ikonik Marvel tersebut, gak lebih dari seorang aktor bernama Trevor Slattery. Ia diberikan banyak uang dan fasilitas untuk berpura-pura menjadi dalang kekacauan utamanya.

Padahal aslinya yang berbuat kacau, adalah ilmuwan yang dulunya ditolak bekerjasama oleh Tony Stark (Robert Downey Jr.), yaitu Aldrich Killian (Guy Pearce).

Walau mungkin niatan Marvel ingin memberikan momen troll yang fun, namun yang ada malah terlihat seperti troll super ngeselin.

4. Signs (2002)

Sutradara M. Night Shyamalan (The Sixth Sense), memang terkenal sebagai style twist nya yang gak diduga-duga itu. Tapi gak jarang juga twist dia terlihat gagal dan ngeselin.

Dan Signs adalah contoh paling jelasnya. Dikatakan demikian karena twist di film ini seperti meledek tingkat intelejensia kita sebagai audiens.

Ya bayangin aja guys. Di sepanjang film kita seperti seluruh karakter keluarga Hess, merasa penasaran bagaimana untuk mengalahkan alien yang menjajah tempat mereka.

Apakah harus menggunakan sinar laser? Pedang? Ya pokoknya yang badass atau yang aneh-aneh. Dan ketika terungkap kelemahannya, betapa geramnya kita. Karena kelemahan alien-nya, adalah yang kita gunakan sehari-hari yang juga, merupakan unsur terbanyak di tubuh kita.

Yap benar banget. Alien di film ini kalahnya karena air. Alien kalah karena dicipratin air? WOW! Kalau memang ada koneksinya ke karakter David Dunn di Unbreakable (2000) masih gak masalah. Tapi ini gak ada koneksinya loh!

3. Planet of The Apes (2001)

https://www.youtube.com/watch?v=g9ZJ0F8Ik9E

Planet of the Apes memang adalah salah satu franchise film yang bisa di-reboot berulang-ulang kali.

Nah karena kesifatannya inilah, alhasil reboot 2001 nya ini dirilis. Disutradarai oleh sutradara nyentrik nan berbakat, Tim Burton (Batman) banyak yang yakin kalau reboot ini nantinya akan sama kerennya seperti film orisinilnya di tahun 1968.

Tapi yap semua keyakinan itu salah total. Tidak hanya membosankan, twist nya pun juga sangat konyol bahkan, super ofensif ke seluruh masyarakat Amerika Serikat.

Twist-nya memperlihatkan kalau Amerika telah dikuasai oleh seluruh kera (primata) dan oke, ini seperti di film orisinilnya yang ikonik itu.

Selected for you
5 Twist di Awal Film Yang Sukses Merubah Kisah Filmnya Secara Drastis

Tapi sayangnya, film ini memperlihatkan patung mantan Presiden Amerika Serikat yang paling dihormati, Abraham Lincoln, wajahnya telah berubah juga menjadi kera. Entahlah sedang mabok apa Burton ketika menentukan twist nya ini.

2. Remember Me (2010)

Catatan penting bagi seluruh pembuat film di luar sana (termasuk yang di Indonesia). Apabila memang ingin menyertakan elemen peristiwa memilukan nyata, tempatkan dan tampilkan dengan sebenar-benarnya.

Jangan main asal saja seperti di film yang ditulis oleh Will Fetters ini. Dikatakan demikian karena twist ending film ini benar-benar salah set. Jadi menjelang ending, dikisahkan kalau protagonis pria, Tyler Hawkins (Robert Pattinson) sedang berada di dalam kantor ayahnya.

Setelah itu secara perlahan adegan bertransisi seraya mengungkapkan kalau gedung kantornya adalah lantai 101 menara utara (North Tower), World Trade Center (WTC). Dan peristiwa adegan ini berlangsung pada tanggal 11 September 2001.

Yang mana seperti kita tahu, tanggal tersebut adalah ketika menara WTC di-bom oleh pihak yang gak bertanggung jawab. Memang, mungkin penyertaan 9/ 11 ini untuk memberikan kesan realistis lagi simpatik.

Tapi justru yang ada, malah membuat semuanya terasa ofensif dan yang lebih gokilnya, ya tidak memberikan efek signifikan ke ending kisahnya. Biasa-biasa saja.

Terlebih sekali lagi dari awal, premis Remember Me hanyalah seperti premis film drama romantis kacangan biasa. Jadi ya gak pas dan ngeselin banget sih. Benar-benar twist film terburuk sepanjang masa.

1. The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 2 (2012)

Memang semestinya twist Remember Me tersebut, ditempatkan di posisi ini. Tapi tingkat ke-ofensifan nya masih kalah degan twist penutup saga Twilight ini.

Twist Breaking Dawn benar-benar membuat fans novel aslinya maupun non-fans, ingin segera “mandi wajib” setelah menyaksikan filmnya. Oke mungkin metaforanya berlebihan, tapi bagi kamu yang sudah menyaksikan, rasanya wajar bukan?

Menjelang babak final, kita merasa yakin kalau genge Edward, Jacob, dan Bella, akan bertarung habis-habisan dengan kelompok tetua vampir, Volturi. Dan memang kita melihat pertarungannya.

Pasukan Edward dan Jacob menerkam dan melahap pasukan tersebut. Pihak lawan pun juga sama suksesnya menghabisi pasukan Edward cs. Pokoknya terlihat sadis, tapi keren dan refreshing.

Namun setelah pertarungan selesai, terungkap kalau pertarungan ini semuanya hanya hasil kekuatan “terawang” Alice (Ashley Greene) ke salah satu tetua Volturi, Aro (Michael Sheen).

Alice memberikan visi ini demi meyakinkan seluruh anggota Volturi bahwa Renesmee Cullen (Mackenzie Foy), bukanlah ancaman ke mereka. Walau secara naratif eksekusi twist ini masuk akal, tapi tetap saja bikin kesel lahiriah dan batiniah.

Bayangin begini aja, kamu udah melihat Avengers berhasil mengalahkan Thanos. Tapi ternyata kemenangannya cuma mimpi atau permainan hipnotis Wanda Maximoff saja. Gak enak banget bukan?

Nah dari 10 twist fil terburuk ini, yang manakah yang masih memberikan kalian “trauma” yang sangat mendalam?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications