Aktivis Hong Kong Serukan Boikot Mulan

in , ,
Trailer Sinopsis Mulan
Disney

Mulan merupakan salah satu film adaptasi kartun klasik Disney yang kini akan dibuatkan Live-actionnya. Baru-baru ini, studio tersebut baru saja membagikan trailer dan sinopsis utama film untuk menaikkan hype film ini.

Untuk mempromosikan film ini, pemeran utama Liu Yifei atau yang lebih dikenal Crystal Liu kembali ke Twitter dan Instagram untuk membagikan trailer tersebut. Kembalinya Liu ternyata membuat banyak orang marah dan akhirnya tagar #BoycottMulan hadir.

Alasan Liu Yifei Dibenci Banyak Orang

Di balik tagar tersebut, ternyata ada cerita yang cukup kontroversial. Tagar Boikot Mulan mulai menjadi tren di beberapa negara di sekitar Asia Tenggara. Hal ini terjadi karena Liu menyatakan dirinya untuk mendukung Pasukan Kepolisian Hong Kong, yang diduga telah melakukan hal kejam kepada para pengunjuk rasa.

Beberapa tokoh terkenal, termasuk aktivis dan politisi Hong Kong, telah berbagi tagar untuk mendukung boikot massal film tersebut. Bahkan ada yang sampai mengedit poster Mulan menggunakan atribut kepolisian yang sering kita lihat di kerusuhan tersebut.

“Seorang Mulan yang mendukung kekerasan negara dan kebrutalan polisi tidak mewakili semangat sebenarnya dari karakter ini: berani, tegas dan berdedikasi. #Disney membuat panggilan yang salah dan sekarang orang melakukan #BoycottMulan.”

Dalam cuitan lainnya, tampak seorang mengatakan bahwa orang yang mendukung kekerasan terhadap warga lokal kini meminta dukungan untuk menonton filmnya.

“Ini Liu Yifei. Dia mendukung polisi Hong Kong yang terkenal karena pemukulan, penangkapan sewenang-wenang, pemerkosaan dan bahkan membunuh demonstran HK. Sekarang, dia ingin kamu mendukung dan menonton filmnya.”

Boikot Berhubungan dengan Demo Pro-Demokrasi

Kontroversi ini berakar pada protes pro-demokrasi yang sedang berlangsung di Hong Kong – sebuah gerakan menenang pengaruh perambahan Partai Komunis Tiongkok di wilayah otonomi khusus.

Liu dan Disney kini tidak memberikan komentar apa pun terkait insiden ini. Bob Iger sebelumnya sempat mengatakan akan mempertimbangkan hal ini agar tidak merusak investasi perusahaan di China.

Disutradarai oleh Niki Caro, film ini juga dibintangi oleh Donnie Yen, Jason Scott Lee, Yoson An, Gong Li dan Jet Li. Mulan dijadwalkan rilis pada 27 Maret 2020.

Tinggalkan Balasan