Ben Affleck Ungkap Alasannya Keluar dari DCEU

Kalau ngomongin soal permasalahan DC Extended Universe, memang tidak ada habisnya. Meski pun sudah lama kaca balau, banyak penggemar yang masih sering bicarain soal alasan kegagalan Justice League sampai alasan Ben Affleck keluar dari proyek yang harusnya dia sutradarai.

Seperti yang kita tahu, Ben Affleck mulai terlihat tidak akan menjadi Dark Knight sejak 2018. Setelah itu, dia baru mengungkapkan bahwa telah meninggalkan seluruh proyek The Batman.

Lalu, Kenapa Affleck Keluar?

Bruce Wayne Ben Affleck
Mirror

Saat melakukan wawancara dengan The New York Times, Affleck menjelaskan bagaimana masalahnya dengan alkohol, perceraiannya dengan Jennifer Garner dan respons negatif terhadap Justice League mendorongnya untuk meninggalkan peran Bruce Wayne dan DC Extended Universe (DCEU).

“Aku menunjukkan kepada seseorang naskah The Batman,” kata Affleck kepada Times. “Mereka berkata, ‘Saya pikir naskahnya bagus. Aku juga berpikir kamu akan minum sampai mati jika kamu mengalami apa yang baru saja kamu alami lagi. “

Memang Affleck sudah mulai melakukan rehabilitasi tentang ketergantungannya terhadap alkohol. Dia terlihat keluar dari tempat terapi dan banyak orang berpikir kalau dia bakal kembali untuk syuting The Batman. Tapi, kita sudah mendapatkan Matt Reeves sebagai sutradara dengan Robert Pattinson yang akan menjadi Bruce Wayne muda.

Bat Affleck di DCEU

Rumor Ben Affleck Keluar Sebagai Batman
Screen Rant

Affleck muncul sebagai Dark Knight dalam Batman v Superman: Dawn of Justice dan Justice League, dan juga muncul sebagai cameo di Suicide Squad. Rumor tentang keluarnya dia dari peran tersebut menyebar tidak karuan selama 2017 dan 2018 sampai mereka dikonfirmasi pada Januari 2019.

Sebelumnya, Affleck diatur menjadi sutradara, penulis dan pemain dari film solo Batman. Setelah itu, WB menunjuk Reeves untuk mengarahkan film tersebut dengan naskah dan cerita yang berbeda. Banyak yang mengatakan bahwa cerita akan berlatar saat Wayne baru memulai debut sebagai Batman. Ada juga yang mengatakan bahwa dia sudah menjadi hakim jalanan selama dua tahun dan bertemu dengan banyak penjahat di film tersebut.

Disutradarai oleh Matt Reeves, The Batman dibintangi Robert Pattinson, Zoë Kravitz, Andy Serkis, Colin Farrell, Paul Dano, Jeffrey Wright, John Turturro, Jayme Lawson dan Peter Sarsgaard. Film ini dijadwalkan rilis pada 25 Juni 2021.