China Kebobolan Adegan LGBTQ di The Rise of Skywalker, Bagaimana dengan Indonesia?

in , ,
Rise Of Skywalker Rey
IMDB

Star Wars: The Rise of Skywalker akan memiliki adegan ciuman sesama jenis. Ini merupakan scene LGBTQ+ pertama dari sejarah franchise ini. Tentu saja bagi banyak negera dengan norma ketimuran seperti Dubai atau negara dengan penyensoran yang ketat seperti China akan memotong adegan tersebut. Namun, kabar terbaru adegan tersebut berhasil menembus sensor China.

Menurut NBC News, film ini tayang secara utuh di bioskop China. Oleh karena itu banyak penonton yang ‘pusing’ atau ‘bingung.’ Adegan tersebut memang sudah pernah dibicarakan oleh Abrams sebelumnya, dia merujuk bahwa dua karakter wanita akan berciuman.

Tanggapan Audiens China

Tentu hal yang tabu bagi orang Tiongkok ini membuat penggemar merespon dengan beragam. Salah seoerang pengguna di forum diskusi Baidu menyebutkan momen itu membingungkan. Dia menuliskan, “Serius, itu membingungkan. Kedua karakter itu bukan kekasih. Atau hubungan mereka lebih mulia daripada kekasih.”

Sementara itu, ada juga penonton yang menganggapnya sebagai angin lalu saja. “Sebagai penggemar Star Wars lama, selesaikan dan lupakan. Jangan terlalu memikirkan ini. Nikmati saja semuanya kecuali ciuman yang memalukan.”

Meski pun demikian, kebanyakan dari penonton The Rise of Skywalker menikmati film ini. Jika merujuk web film Mtime, rata-rata skor yang diberikan oleh penonton adalah 7.5 dari 10. Sementara itu, ada juga situ lainnya yang memberikan rating 6.9 untuk film ini.

Bagaimana dengan Indonesia?

Di China, homoseksualitas pernah dianggap sebagai kejahatan dan diklasifikasikan sebagai penyakit mental. Sensor di tirai bambu itu hingga saat ini masih terus memotong adegan yang merepresentasikan LGBTQ+.

Hal ini sepertinya juga terjadi di Indonesia. Mengingat budaya ketimuran negara kita sangat kental, tidak mungkin adegan ciuman antara sesama wanita akan diizinkan oleh LSI.

Star Wars: The Rise of Skywalker memang sudah tayang sejak beberapa hari yang lalu di bioskop Indonesia. Buat kamu yang sudah nonton, apakah kalian merasakan adegan yang di-skip itu? Kalau ada, silakan komen di bawah ya!

Tinggalkan Balasan