Dapat Rating Resmi, Mulan Gak Boleh Ditonton Anak-anak?

in , ,
Mulan Pg 13 Bisa Ditonton Anak Anak
Mulan | Disney

Mulan merupakan satu-satunya film live-action Disney yang bakal dirilis pada tahun ini. Buat kamu yang tidak tahu, film ini diadaptasi dari kartun klasik yang dirilis pada tahun 1998.

Sejauh ini, kita pasti merasa kalau film ini bakal sama seperti film adaptasi Disney lainnya. Film ini merupakan pembaharuan, tapi beritanya nih: Mulan sudah mendapatkan rating penonton resmi dari MPAA. Apa yang ratingnya?

Jadi Film Adaptasi PG-13 Pertama

Dari kabar yang dibagikan oleh Exhibitor Relations Co. 2: Box Office Boogaloo, Mulan memiliki rating PG-13. Rating itu didapatkan karena film ini mengandung “adegan kekerasan”. Memang sih, dari trailernya sendiri kita sudah melihat banyak pertarungan dan peperangan sehingga memang cocok untuk mendapatkan rating Remaja ini.

Yang membuat terkejut banyak orang mungkin karena Mulan menjadi film adaptasi Disney pertama yang mendapatkan rating ini. Sejauh ini, film-film adaptasi tersebut hanya rating G dan PG. Dari Maleficent hingga The Lion King, masih enteng-enteng aja buat ditonton anak-anak.

Buat kamu yang tidak tahu, menurut pengertian rating film, G dimaksudkan untuk General atau Umum yang berarti bisa ditonton semua usia. Lalu, rating PG bisa diartikan anak-anak berumur 7 tahun bisa menonton di bawah pengawasan orang tuanya. Sementara itu, PG-13 berarti film untuk orang berumur sekurang-kurangnya 13 tahun atau dengan pengawasan orang tua.

Jadi Filmnya Gak Bisa Ditonton Anak-anak Dong?

Sebenarnya, rating ini dilihat dari apakah ada adegan tertentu yang membuatnya menjadi PG-13. Jika melihat dari penjelasan yang diberikan di atas, anak-anak masih bisa menonton film ini dengan pengawasan orang tuanya.

Karena film ini mengandung adegan kekerasan, orang tua harus bisa menjelaskan mengapa hal itu terjadi. Misalkan ada adegan lainnya, juga merupakan tugas orang tua untuk menjaga anaknya.

Kami sendiri sih menyarankan buat para orang tua agar berpikir ulang jika ingin mengajak anak untuk menontonnya. Kamu bisa menonton lebih dulu untuk mengetahui adegan-adegan apa saja yang hadir, sehingga bisa mengatur strategi saat mengajak nonton si kecil. Atau bisa juga sih nanya-nanya ke temen yang sudah nonton duluan.

Gimana pendapatmu tentang Mulan yang mendapat PG-13 ini? Kalau di Indonesia sih biasanya rating R juga bisa ditonton anak-anak SMP, jadi agak ragu. Ada sebagian bioskop yang masih kurang ketat pengawasannya, jadi yang gitu deh.

Bagikan jika kamu suka