Aktor Darth Vader, David Prowse Meninggal Dunia

in ,
David Prowse Darth Vader
David Prowse Darth Vader | The Verge

Aktor pemeran Darth Vader di trilogi orisinil Star Wars, David Prowse meninggal dunia.

Dan kabar meninggalnya Prowse ini diumumkan beberapa jam lalu oleh pihak manajemen Prowse, Bowington Management melalui unggahan tweet berikut.

Namun sayangnya unggahan tweet tersebut tidak menjelaskan lebih detail terkait penyebab meninggalnya. Prowse meninggal dunia di usia 85 tahun.

Walau gak dijelaskan penyebabnya, namun bisa dipastikan Prowse meninggal akibat efek sakit arthritis yang memang dideritanya seumur hidupnya. Dan juga, efek dari sakit kanker prostat di awal 2009 silam.

JANGAN LEWATKAN •
Spoiler, Mark Hamill Ungkap Bagaimana Dia Kembali dalam Film Star Wars: The Rise of Skywalker

Tapi itu menurut prediksi gue. Bisa saja Prowse meninggal karena penyakit lain yang baru dideritanya beberapa bulan sebelumnya. Ya mau apapun penyebabnya, yang jelas meninggalnya Prowse ini memberikan kesedihan tersendiri bagi fanboy Star Wars.

Sudah Berkarir Sejak Dekade 60an

David Prowse Darth Vader
David Prowse | Newschain

Jauh sebelum memerankan Darth Vader, Prowse sebenarnya sudah berakting semenjak tahun 1967. Film debutnya adalah parodi dari adaptasi novel James Bond perdana karya Ian Flemming, Casino Royale (1967).

Di tahun 1971, ia memerankan Julian di film krimal cult classic, A Clockwork Orange. Di tahun 1972, Prowse yang juga berprofesi sebagai bodybuilder ini, memerankan Minotaur di salah satu episode seri Inggris hit, Doctor Who.

Walau telah terlibat di proyek-proyek kenamaan tersebut, namun gak dipungkiri bahwa nama dan karirnya mulai menanjak ketika ia sukses ditunjuk memerankan Darth Vader di Star Wars atau Star Wars Episode 4: A New Hope (1977).

JANGAN LEWATKAN •
Cara Keren Mengubah Laman Google Layaknya Star Wars

Prowse = Badan Vader Saja

Nah ketika ia tampil sebagai Vader banyak orang yang memuja Prowse dengan penampilannya yang bertubuh besar dan suaranya yang menacing. Akan tetapi betapa terkejutnya audiens kala itu ketika mengetahui bahwa David Prowse sebenarnya hanya memerankan tubuh / fisik Darth Vader saja.

Sedangkan suara Vader yang terdengar menyeramkan tersebut, disuarakan oleh aktor sekaligus dubber kulit hitam legendaris, James Earl Jones. Jones sendiri setelah sukses menyuarakan Vader, kian melesat karirnya di Hollywood.

Kredit penyuaraan film kerennya yang lain adalah Mufasa di serial animasi Disney 90an hit, The Lion King (1994).

Walau memang yang menyuarakan Jones, tetap saja kerja Jones tidak akan berfungsi dengan baik sebagai suara Vader, apabila tidak didukung seluruh gerak gerik Prowse yang sangat pas itu.  RIP Mr. Prowse. The force will always be with you sir.