MovieAnimasiBerita Film

Disney Kehilangan Hak Cipta Mickey Mouse, Ini Sebabnya

Disney telah kehilangan hak cipta karakter Mickey Mouse. Namun Mickey Mouse yang dimaksud ialah versi pertama, bingung? Simak aja artikelnya.

Disney kehilangan hak cipta atas karakter Mickey Mouse mulai hari ini, mengapa hal ini bisa terjadi?

Mulai tanggal 1 Januari 2024, Disney tidak lagi memiliki hak cipta atas tokoh kartun yang terkenal, Mickey Mouse.

Hak cipta ini mencakup desain karakter Mickey Mouse yang muncul dalam film pendek berjudul Steamboat Willie pada tanggal 18 November 1928. Setelah Disney kehilangan hak ciptanya, desain Mickey Mouse dari film tersebut sekarang dianggap sebagai milik publik atau berada dalam domain publik.

Sebagai akibatnya, Disney tidak dapat lagi menghasilkan profit dari desain tersebut. Orang-orang biasa sekarang dapat menggunakan tokoh Mickey Mouse dengan desain dari animasi Steamboat Willie secara bebas.

1. Mickey Mouse muncul dalam film animasi Steamboat Willie

Maxresdefault-20-1

Steamboat Willie adalah film animasi singkat pertama yang memperkenalkan karakter Mickey Mouse. Animasi ini dirilis oleh Disney pada tanggal 18 November 1928. Steamboat Willie terkenal sebagai film kartun pertama dari Disney yang memiliki suara yang disinkronkanasikan dengan karakter kartunnya.

Museum of Modern Art AS mengungkapkan, Steamboat Willie diproduksi oleh kepala animator perusahaan Ub Iwerks, dan pendirinya sendiri, Walt Disney.

Film ini menghadirkan tokoh Mickey Mouse yang dibuat oleh Iwerks dan Disney untuk ketiga kalinya, namun ini adalah yang pertama kali dirilis kepada publik.

Kisah Mickey Mouse berpetualang di atas kapal uap yang dikomandoi oleh seekor kucing yang selalu tampak serius. Film ini pertama kali tayang di Teater Colony di New York. Bahkan film ini mendapat sambutan luar biasa sebagai film kartun pertama yang suaranya disinkronkan.

Sebelum film ini dirilis, Disney belum pernah membuat film dengan suara, hanya film bisu saja. Kemudian, Walt Disney dan Ub Iwerks mulai merekam berbagai suara dari benda-benda sehari-hari sebagai latar belakang suara untuk Steamboat Willie. Mereka menggunakan suara peralatan dapur atau bahkan suara hewan ternak.

Film ini meraih kesuksesan yang luar biasa dan bahkan diputar di Roxy, New York, yang merupakan bioskop terbesar di dunia pada waktu itu. Karena hal ini lah Disney dan karyanya dihubungkan dengan tokoh tikus Mickey Mouse.

2. Alasan Disney kehilangan hak cipta Mickey Mouse

Walaupun hak cipta atas desain Mickey Mouse dalam Steamboat Willie telah ada selama bertahun-tahun, Disney secara resmi kehilangannya pada tanggal 1 Januari 2024.

Menurut informasi dari situs Kantor Hak Cipta Amerika Serikat, di negara tersebut terdapat peraturan yang mengizinkan individu untuk memegang hak cipta karya yang dibuat sebelum 1 Januari 1978 selama 95 tahun setelah pertama kali diterbitkan atau 120 tahun setelah diciptakan.

Karya yang dibuat setelah 1 Januari 1978 akan dilindungi hak ciptanya selama hidup penciptanya dan akan berlanjut selama 70 tahun setelah pencipta tersebut meninggal.

Hal ini berarti Disney memiliki hak eksklusif atas desain Mickey Mouse dalam film Steamboat Willie selama 95 tahun sejak pertama kali dibuat pada tahun 1928. Namun, setelah periode tersebut berakhir, pemiliknya akan kehilangan hak eksklusif atas desain tersebut. Desain tersebut akan menjadi milik umum dan siapa saja dapat menggunakannya.

Perubahan ini memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menggunakan desain Mickey Mouse dari film pertamanya tanpa harus membayar biaya hak cipta kepada Disney. Menurut kabar yang kami lansir dari The Guardian (28/12/2023), Disney seringkali berusaha memperpanjang kepemilikan hak cipta melalui Undang-undang Perpanjangan Hak Cipta 1998.

Mereka berkeinginan agar masa berlaku hak cipta diperpanjang menjadi 95 tahun, sehingga UU ini dikenal sebagai Undang-Undang Perlindungan Mickey Mouse. Namun, anggota parlemen Amerika Serikat tidak tertarik untuk memperpanjang UU tersebut. Akibatnya, hak cipta desain Mickey Mouse dari Steamboat Willie berakhir pada tahun baru 2024.

3. Karya-karya lain yang mengalami nasib yang serupa

Tv-show-winnie-the-pooh-piglet-winnie-the-pooh-tigger-wallpaper-preview

Seorang perwakilan dari Disney menyatakan bahwa sejak pertama kali muncul, karakter Mickey Mouse telah dikaitkan dengan Disney oleh orang-orang.

Menurut laporan dari Sky News (30/12/2023), meskipun hak cipta film Steamboat Willie berakhir, ini tidak akan mengubah fakta bahwa Disney masih memiliki desain Mickey Mouse yang lebih modern dengan sarung tangan putih.

Menurut laporan Ksl.com (31/1/2023), beberapa karakter kartun juga menjadi kepunyaan umum karena alasan yang sama. Karakter Winnie the Pooh menjadi domain publik sejak tahun 2022. Sementara itu, Tigger dari kartun yang sama juga menjadi kepunyaan umum pada tahun 2024.

Baca Juga:

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.