Dituduh Dalangi Kebakaran Amazon, Ini Tanggapan Leonardo DiCaprio

in ,
Leonardo Dicaprio Kebakaran Amazon

Pekan lalu, presiden Brazil Jair Bolsonaro menuduh aktor ternama Leonardo DiCaprio secara finansial mendukung kebakaran yang menghanguskan Hujan Amazon. Serangan Bolsonaro ini tidak berdasar dan membuat politisi dan aktivis lain mencemooh pernyataannya.

Bolsonaro melakukan klaim dua kali pada Jumat lalu, dia mengatakan, “Leonardo DiCaprio yang keren ini, kan? Memberikan uang agar Amazon terbakar.” Sebelumnya, dia juga mengatakan lewat siaran langsung Facebook bahwa Leo merupakan bagian dari kampanye internasional melawan Brazil.

Kenapa Hal Ini Terjadi?

Pernyataan itu sepertinya keluar setelah empat petugas kebakaran sukarela yang ditangkap dituduh membakar sebagian hutan. Mereka diduga sedang berupaya meningkatkan peningkatan dana untuk organisasi internasional yang dikabarkan memiliki hubungan dengan pemain film Once Upon A Time in Hollywood.

Pada hari Thanksgiving, putra Bolsonaro juga ikut mengklaim bahwa DiCaprio menyumbangkan $300.000 untuk LSM yang membakar Amazon. Sumbangan tersebut berupa biaya pembelian foto hutan yang terbakar untuk dibagikan ke Internet.

Tanggapan DiCaprio Terkait Tuduhan Ini

Setelah kabar tersebut diberitakan secara luas, DiCaprio akhirnya merespon klaim presiden Brazil tersebut. DiCaprio menulis:

Pada masa krisis Amazon ini, saya mendukung orang-orang Brazil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka. Mereka adalah contoh yang luar biasa, menggerakkan dan merendahkan komitmen dan semangat yang dibutuhkan untuk menyelamatkan lingkungan. Masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga berdiri bersama kelompok-kelompok yang melindunginya. Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan. Saya tetap berkomitmen untuk mendukung masyarakat adat Brazil, pemerintah daerah, ilmuwan, pendidik, dan masyarakat umum yang bekerja tanpa lelah untuk mengamankan Amazon demi masa depan semua warga Brasil.

Dari pernyataan tersebut, kita bisa tahu bahwa DiCaprio masih tetap mendukung pemeritah Brazil. Dia juga menjanjikan $5 juta untuk membantu memerangi kebakaran yang menghancurkan Amazon musim panas lalu. Dia mengklaim akan terus berjuang untuk masa depan Amazon.

Bagikan jika kamu suka