Inilah Event-Event DCEU Yang Terjadi Sebelum Wonder Woman 1984

in ,
Event DCEU Wonder Woman 1984
Wonder Woman 1984 | Republika

Kira-kira nih, event-event DCEU apa saja yang terjadi sebelum film Wonder Woman 1984?

Seperti kita tahu, sekuel Wonder Woman (2017), Wonder Woman 1984, akan berlatar pada tahun 1984 atau secara general dekade 80an. Nah film ini akan menjadi film yang menampilkan event DCEU terbarunya.

Rencananya kalau memang tidak terkena pengunduran (delay) lagi, sekuel yang lagi-lagi diarahkan oleh Patty Jenkins ini akan rilis 25 Desember 2020.

Nah sembari menunggu hari perilisan tiba (sekali lagi kalau gak ada delay lagi), yuk mari kita kilas balik (flashback) event-event DCEU yang terjadi sebelum event Wonder Woman 1984 berlangsung. Event ini telah gue urutkan secara kronologis.

Ekspansi Kryptonian

event DCEU Wonder Woman 1984
Ekspansi Bangsa Krypton | ScreenRant

Pada tahun sekitar 98.000 S.M, bangsa Kryptonian sukses membuat kapal luar angkasa pengangkut. Nah tujuan dari pembuatan kapalnya adalah agar mereka bisa mengeksplorasi seluruh jagad (universe).

JANGAN LEWATKAN •
Inilah Alasan Mengapa Batman Membenci Superman dalam Batman V Superman: Dawn Of Justice

Nah mereka meng-eksplorasi seluruh galaksinya agar bisa mencari Planet yang mereka bisa kolonisasi.

Setelah menemukan planet yang mereka bisa kolonisasi, mereka akan menggunakan alat bernama World Engine untuk mentata ulang seluruh lingkungan planet-nya tersebut sesuai keinginan mereka.

Invasi Steppenwolf Ke Bumi

Sekitar tahun 3.000 S.M, Steppenwolf memimpin serangan ras Planet-nya, Apokolips ke bumi. Paman villain Supermen, Darkseid ini, meng-invasi bumi dengan bantuan pasukan Parademon-nya dan juga, tiga Mother Box.

Ketiga Mother Box Darkseid gunakan untuk merubah tatanan Bumi menjadi tatanan seperti Apokolips.

Melihat hal ini lantas seluruh manusia bumi dengan bantuan dari Amazonian, Atlantean, Olympian, dan juga Green Lantern pertama, Yalan Gur, Kombinasi ini sukses banget memukul mundur Steppenwolf dan pasukannya.

Setelah kalah, tiga Mother Box pun terpecah. Alhasil sesuai perjanjian bersama, manusia bumi, Amazonian, dan Atlantean, menjaga masing-masing Mother Box-nya.

Peperangan Para Dewa

Event DCEU Wonder Woman 1984
Semua dewa ribut | ScreenRant

Setelah membantu manusia mengalahkan Steppenwolf, ironis seluruh dewa-dewa Olympian malah berantem satu sama lain.

Hal ini karena dewa perang, Ares (dalam film Wonder Woman David Thewlis memerankannya), mulai berani membangkang bos seluruh dewa, Zeus. Alhasil beberapa dewa mendukung Ares, dan beberapa mendukung Zeus.

JANGAN LEWATKAN •
Samuel L. Jackson Bicara Soal Infinity War dan Film DC di Konferensi Pers Incredibles 2

Perang besar pun tercipta antara sesama dewa-dewa sakti tersebut. Ares tak tersangka-sangka, sangat kuat binti mumpuni. Ia membunuh hampir seluruh dewa-dewa lainnya.

Sayang ketika ia menantang Zeus untuk battle, Ares kalah telak (yo, raja dewa bos!). Setelah kalah, Zeus langsung membuang Ares dari rumah mereka, Olympus. Walau sudah terbuang, nyatanya Ares masihlah Ares. Penuh kebencian.

Dan seiring berjalannya waktu dan zaman, iapun akhirnya terlibat dalam peperangan melawan Amazonian atau yang seperti kita lihat dalam film Wonder Woman (2017).

Zeus Membangun Themyscira

09175286d8f43d8f5b59a6d262161a15
Themyscira | Pinterest

Jauh sebelum event DCEU yang mana Zeus (Thewlis) berperang melawan pasukan Amazonian dalam film Wonder Woman, Zeus menciptakan dahulu rumah Wonder Woman aka Diana Prince (Gal Gadot), Themyscira.

Zeus menciptakan pulau ini sebagai rumah bagi para Amazonian yang tenang dan terpencil. Pokoknya Themyscira gak bisa terdeteksi atau terjamahi oleh orang luar.

JANGAN LEWATKAN •
Gotham: Seri Origin Batman Yang Salah Start

Tapi sekali lagi seperti kita lihat melalui film Wonder Woman, keinginan Zeus tersebut gak berlangsung lama bukan?

Shazam Mengalahkan Black Adam

Dwayne Johnson As Black Adam
Dwayne Johnson sebagai Black Adam | ScreenRant

JANGAN KELIRU! Shazam dalam poin ini, adalah Shazam orisinil. Yap yang sudah jadi kakek-kakek itu yang dalam film Shazam! (2019) memberikan kekuatannya ke Billy Batson (Asher Angel).

Jadi ribuang tahun sebelum Wonder Woman 1984, Shazam menciptakan Black Adam (akan diperankan oleh Dwayne Johnson). Bernama asli Teth-Adam, ia adalah budak di planet kelahirannya sendiri, Khandaq.

Setelah melihat sosoknya yang terlihat pantas untuk menjadi  penerusnya, Shazam pun menunjuk Adam sebagai penggantinya. Alhasil, Adam pun mendapatkan seluruh kekuatan super yang serupa seperti Shazam.

Namun sayang, bukannya memegang kepercayaan, Adam malah menggunakan kekuataannya untuk menguasai seluruh Khandaq.  Kesal melihat ini, Shazam pun perang melawan Adam dan, sukses mengalahkannya.

Karena kekalahannya, Shazam pun memenjarakan Adam selama 5.000 tahun. Nah sepertinya nih, event DCEU ini akan kita lihat seluruhnya melalui film DCEU Black Adam ketika rilis nanti.

Hancurnya Atlantis

Pada awal tahun 1000 Masehi, King Atlan (Graham McTavish) secara gak sengaja, menenggelamkan kerajaan bawah lautnya, Atlantis.

JANGAN LEWATKAN •
Wonder Woman 1984 Punya Post-Credits Scene Rahasia

Penyebabnya, Atlan melakukan eksperimen gagal ketika sedang bereksperimen dengan Trident of Atlan nya. Spesifiknya, kesalahnnya menghancurkan pondasi pembangun tempat legendarisnya ini.

Alhasil setelah tenggelam ke dasar laut, mau tak mau seluruh warganya, harus beradapatsi untuk hidup dalam dasar lautnya. Setelah itu, barulah 7 kerjaan bawah laut berbeda tercipta.

Event Film Wonder Woman Pertama

Yap singkat saja. Bebebrapa tahun setelah event DCEU hancurnya Atlantis. Tahun 1918 atau menjelang akhir Perang Dunia 1, event film pertama Wonder Woman (2017) berlangsung.

Thaddeus Sivana Bertemu Shazam

Pada bulan Desember 1974, bocah pria bernama Thaddeus Sivana (Ethan Pugiotto), selamat dari kecelakaan mobil bersama keluarganya.

Ia selamat karena si dewa sakti, Shazam (Djimon Honsou) langsung memindahkannya ke tempatnya aka Rock of Eternity. Shazam awalnya mengira Sivana bisa menjadi penggantinya.

Sayang Sivana lebih teergoda oleh godaan sumber kejahatan dan kekacauannya, Seven Deadly Sins. Melihat ini, tak ayal Shazam tak ingin memberikan kekuatannya ke Sivanna.

JANGAN LEWATKAN •
Review Wonder Woman 1984 (2020): Banyak Kekurangan, Tapi Super Fun

Iapun lantas mngembalikan Sivanna balik ke momen kecelakaan mobilnya. Sivanna yang untungnya (atau mirisnya) selamat, menaruh dendam kesumat. Dan ketika sudah dewasa (Mark Strong) iapun bertekad untuk merebut posisi si dewa sakti tersebut.

Hancurnya Planet Krypton

6 tahun setelah momen Thaddeus Sivana bertemu Shazam atau, tahun 1980. Rumah planet keluarga El, Krypton hancur total.

Setelah hancur, Jendral Perang Krypton, Zod (Michael Shannon), membujuk 5 dewan atau Five Council untuk memberikannya kuasa untuk mengendalikan planet mereka.

Nah untuk bisa melakuakn itu, Zod membutuhkan genetics codex. Sayang karena kerakusan dan ketidaksabarannya, Zod langsung membantai seluruh dewan. Jor-El (Russell Crowe) yang merupakan sahabat lama Zod, langsung mengambil codex tersebut.

Intinya ingin Jor-El amankan sehingga, Zod tidak salah gunakan. Sayang posisi El ketahuan oleh Zod. Alhasil pertarungan antara keduanya pun gak bisa terhindarkan. Nah ketika bertarung, El, langsung melepas anaknya, Kal-El melalui escape pod.

Namun sebelum melepas kapsul kaburnya tersebut, untungnya codex yang menjadi rebutan, telah Jor-El satukan ke dalam DNA Kal-El. Tapi memang, saat yang sama, hal ini membuat Zod menjadi memburu Kal-El hingga ke bumi.

JANGAN LEWATKAN •
Film Solo DCEU Batgirl Akan Terkoneksi Dengan The Batman?

Kal-El Sampai Ke Bumi

Meneruskan poin sebelumnya saja. Gak lama setelah escape pod meluncur, kapsul tersebut sampai ke halaman rumah tani pasangan suami istri, Jonathan dan Martha Kent (Kevin Costner & Diane Lane).

Setelah menemukan El, keduanya menganggkatnya menjadi anak dan, menamainya dengan nama bumi, Clark Kent.

Pembunuhan Thomas & Martha Wayne

Satu tahun setelah kedatangan Superman ke bumi, pada tahun 1981, event DCEU atau bahkan, event DC super top nan legendaris, terjadi.

Yap, apalagi kalau bukan peristiwa pembunuhan Thomas dan Martha Wayne (Jeffrey Dean Morgan & Laure Cohan) itu. Ironisnya si putra kandung, Bruce (Brandon Spink) melihat semuanya.

Yatim piatu, sang pelayan keluarga setia, Alfred Pennyworth (Jeremy Irons), memutuskan untuk mengasuh Bruce hingga dewasa. Dan tentunya ketik sudah dewasa, kita tahu kan Bruce menjadi apa?

Nah guys. Itulah tadi sekiranya event-event DCEU yang terjadi sebelum peristiwa dalam film Wonder Woman 1984 nanti berlangsung. Bagaimana nih tanggapannya dengan pembahasan ini?