Berita FilmMovie

Kenapa Film Firestarter Terdengar Begitu Familiar di Telinga?

Mungkin semenjak menyaksikan trailer atau mendnegar infonya, kalian menjadi bertanya. Kenapa film Firestarter terdengar familiar?

Bagi kamu yang movie mania apalagi yang suka film-film berbau thriller. Pastinya kamu kini sedang menunggu banget perilisan film Firestarter.

Filam yang merupakan produksi Blumhouse Productions ini sedianya akan rilis pada tanggal 18 Mei, 2022 di seluruh jaringan bioskop Indonesia. Nah mungkin ketika menyaksikan trailer-nya, atau pertama kali mendengar film ini, kedua telinga kita terasa begitu familiar.

Spesifiknya, kita langsung bergumam, “kayaknya gue pernah denger deh judul film ini.” Lalu mengapa film Firestarter ini terdengar begitu familiar di kedua telinga?

Sinopsis dan Detail Lain Dari Filmnya

Namun sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas dulu terkait sinopsis dan detail-detail lain dari film arahan Keith Thomas (The Vigil) ini.

Jadi pada dasarnya film Firestarter ini adalah adaptasi dari novelis horor/thriller legendaris, Stephen King (IT).  Kisahnya berfokus pada Andy McGee dan kekasihnya Victoria Tomlinson yang berpartisipasi dalam sebuah eksperimen ilmiah yang dilakukan oleh agensi pemerintah yang bernama The Shop.

Terungkap kalau eksperimen ilmiahnya adalah untuk menguji sebuah obat (drug) bernama “Lot 6.” Nah obat ini memberikan efek halusinogen terhadap pemakainya. Alias kurang lebih seperti efek dari pemakai LSD.

Memberikan Kemampuan Bak Superhero

film firestarter familiar
Zac Efron sebagai Andy McGee | Universal Pictures

Nah tapi efek yang nampak dari Andy dan Victoria malah justru unik banget. Spesifiknya, mereka malah langsung memiliki kemampuan layaknya seorang superhero.

Spesifiknya lagi, keduanya kini memiliki kemampuan telepati. Bahkan untuk Andy telepatinya bisa sampai mengendalikan pikiran (mind control) atau yang ia sering sebut dengan istilah “The Push.”

Nah bertahun-tahun kemudian, Andy dan Victoria menikah. Keduanya lalu melahirkan anak perempuan bernama Charlene aka Charlie McGee. Nah karena merupakan anak keduanya, alhasil gak heran jika kemampuan genetis kedua orang tuanya, menurun kepadanya.

Pyrokinesis dan Buruan The Shop

film firestarter
Universal Pictures

Walau menurun, namun kemampuan super yang Charlie miliki sedikit berbeda dari ayah dan ibunya. Charlie selain bisa melihat apa yang akan terjadi pada masa depan, ia juga mampu mengendalikan api atau pyrokinesis.

Ya kalau kita samakan dengan karakter komik superhero, ia bagaikan karakter mutant antagonis X-Men, John Allerdyce aka Pyro. Nah dengan kekuatannya yang beda dan gak biasa ini, alhasil The Shop pun terobsesi untuk mengendalikan/memanfaatkan kekuatan gadis 8 tahun ini.

Melihat ini tak ayal Andy dan juga Charlie sendiri menggunakan berbagai cara untuk bisa meloloskan diri dari The Shop.

Adaptasi Film Pada Dekade 80an

Tak terduga, plot bak kisah Marvel tersebut, sukses besar. Alhasil, 4 tahun setelah perilisan novelnya pada tahun 1980, pada tahun 1984 adaptasi filmnya pun rilis. Dan yang membintangi sosok Charlie-nya adalah si aktris cantik, berbakat, dan legendaris, Drew Barrymore (Charlie’s Angels).

Kala itu Barrymore masih berusia 9 tahun. Dan melansir halaman Wikipedia filmnya kala itu ketika film ini rilis, seluruh kritikus tidak menyukai filmnya. Bahkan kalau melihat data skor Rotten Tomatoes saat ini, skor Tomatometer film ini hanyalah 37%

Walau demikian, toh pada akhirnya film Firestarter ini berakhir menjadi cult classic. Alias pada akhirnya banyak audiens yang menganggapnya sebagai salah satu film yang setidaknya harus 1-2 kali kita tonton.

2022 Adalah Versi Reboot

Firestarter Charlie Feature
Universal Pictures

Nah berdasarkan pernyataan tersebut. Maka gak heran jika versi terbaru dari film Firestarter pun dirilis pada tahun 2022 ini.Versi 2022 ini merupakan reboot dari film orisinilnya.

Nah yang memerankan karakter Charlie-nya kini adalah Ryan Kiera Armstrong. Armstrong. Walau mungkin namanya masih terdengar baru, namun jangan salah. Melansir halaman IMDB aktris 12 tahun ini. Armstrong faktanya sudah berakting semenjak tahun 2018 atau sekitar 7-8 tahun.

Mungkin resume terbesarnya sejauh ini adalah ketika ia memerankan karakter Alma Gardner dalam 6 episode seri horor hit, American Horror Story pada tahun 2021 lalu. Lalu adalah ketika ia memerankan karakter bernama Victoria Fuller dalam sekuel IT (2017), IT: Chapter Two (2019).

Jadi ya bisa kita katakan kalau Armstrong sudah gak asing/kaget lagi dengan proyek box-office besar seperti ini. Dan untungnya juga ia mendapatkan dukungan dari sosok setenar Zac Efron (Baywatch) yang memerankan ayahnya, Andy McGee.

Rilis Juga di Peacock

Intro 1644446504
Universal Pictures

Melihat bahwa Blumhouse Productions yang akan menangani reboot-nya ini. Maka bisa kita pastikan kalau reboot film Firestarter ini nantinya akan lebih mengedepankan aspek jumpscare-nya. Tapi ya mari kita tunggu dan lihat saja lagi hingga filmnya rilis nanti ok?

Oh ya walau di bioskop Indonesia film Firestarter ini baru akan rilis pada tanggal 18 Mei, 2022. Namun pada dasarnya secara resmi, film ini akan rilis pada tanggal 13 Mei, 2022 ini di seluruh jaringan bioskop Amerika Serikat dan juga melalui layanan tayang streaming Peacock.

Nah jadi bagi kamu yang mungkin sudah gak sabar atau ragu-ragu untuk menyaksikannya di bioskop. Maka kini kamu bisa langsung langganan Peacock dan menyaksikan reboot-nya ini. Oke deh guys, semoga seluruh penjelasannya ini bermanfaat.

Leave Comment

Related Posts

Enable Notifications OK No thanks