MCUMovieMovie List

5 Film MCU Dengan Durasi Terpendek Sejauh Ini

Faktanya, terdapat juga beberapa film MCU yang durasinya kurang dari 120 menit. Berikut adalah 5 film MCU dengan durasi terpendek tersebut.

Berikut adalah 5 film MCU dengan durasi terpendek sejauh ini. Tak memungkiri sekali lagi kalau seperti hal-nya film-film fandom / franchise top kebanyakan. Film-film di franchise superhero MCU, rata-rata memiliki durasi tayang yang lama/panjang.

Walau mungkin hal ini masih menimbulkan kontra bagi beberapa dari kita, namun faktanya memang seperti itulah tren-nya saat ini. Dengan kata lain paling minimalnya, durasi film MCU adalah 120 menit atau 2 jam. Sedangkan selebihnya lebih dari durasi tersebut.

film MCU durasi terpendek
Doctor Strange | Marvel Studios

Namun terlepas demikian, faktanya, terdapat juga kok beberapa film MCU yang durasinya lebih pendek atau kurang dari 120 menit. Dan berikut adalah 5 film MCU dengan durasi terpendek sejauh ini.

5. Ant-Man and the Wasp (118 Menit)

Film MCU dengan durasi terpendek sejauh ini yang pertama sejauh ini adalah Ant-Man and the Wasp (2018). Walau ya hanya 2 menit kurang dari 120 menit saja. Tapi ya pada akhirnya tetap tidak bulat/tepat 120 menit bukan? Anyway, dengan 118 menit, sekuel Ant-Man (2015) ini bisa kita katakan lumayan kurang panjang.

Pasalnya walau sudah hampir 2 jam. Film ini masih kurang banget dalam menjelaskan asal-usul (origin) villain utamanya, Ava Starr aka Ghost (Hannah John-Kamen). Padahal sekali lagi, ia adalah villain utamanya.

Alhasil ya dalam film ini kita hanya mengenalnya sesuai dengan apa yang ditampilkan oleh filmnya. Hal ini sekali lagi sayang banget. Untunglah aspek ini berhasil tertutupi dengan filmnya yang keren dan efesien banget dalam menampilkan plot pencarian Janet Van Dyme (Michelle Pfeiffer) serta, plot eksplorasi dunia kuantum (Quantum Realm) yang lebih dalam lagi.

4. Ant-Man (117 Menit)

Film MCU dengan durasi terpendek sejauh ini selanjutnya adalah film Ant-Man pertama. Nah berbeda jauh dengan sekuelnya, film pertama Ant-Man ini sangat pas dan enak banget durasinya.

117 menit tidak terasa lama dan juga tidak terasa cepat. Hal ini karena filmnya sukses banget dalam mengelola dan juga menyeimbangkan unsur drama, komedi, dan action­-nya. Malah bisa kita katakan, unsur komedi film ini jauh lebih dominan. Yang mana, hal ini sekali lagi tentunya membuat durasinya ini terasa sangat enak.

3. Doctor Strange (115 Menit)

Entahlah guys. Kalau kita perhatikan, durasi pendek dari film MCU selalu terlihat dan terasa efektif jika filmnya adalah film perdana dari superhero-nya (film debutnya). Sedangkan kalau untuk sekuel, entah mengapa selalu kurang saja.

Dan hal inilah yang juga terjadi dengan debut film si “Dokter Aneh” atau “Mbah Dukun Superhero Marvel” ini. Padahal kalau kita pikir, asal usul Stephen Strange (Bendedict Cumberbatch) menjadi Doctor Strange dan juga seluruh dunia mistisnya itu sangat kompleks dan luas.

Namun gokilnya, film ini bisa merangkum dan memudahkan semuanya dalam durasi yang bahkan gak bulat 120 menit. Dan sekali lagi, memang inilah salah satu kekuatan utama penceritaan MCU sejak dulu.

2. Thor (114 Menit)

Kian membuktikan penjelasan poin Doctor Strange di atas. Seperti kita tahu kasus Thor sama seperti Doctor Strange dan Guardians of the Galaxy (2014). Alias karakter ini bagi non-fans komik Marvel, tidaklah begitu familiar.

Dan kerennya ketika film pertama Thor rilis pada tahun 2011, Marvel dan sutradara Kenneth Branagh (Belfast, Death On the Nile) sangat sukses dalam memfamiliarkan karakter dan kisah superhero sekaligus dewa petir Asgard ini.

Kerennya lagi Branagh cs sukses memfamiliarkannya dalam durasi 114 menit saja. Namun memang sih, kesuksesan film ini juga sangat dipengaruhi oleh seluruh aktornya. Terutama Chris Hemsworth (Vacation) sebagai Thor dan tentunya idola kita semua, Tom Hiddleston (I Saw the Light) sebagai Loki.

1. Thor: The Dark World (112 Menit)

Yap inilah film MCU dengan durasi super duper pendek sejauh ini. Namun ironisnya, tidak seperti film orisinilnya, yang ada kian pendek durasinya, sekuelnya ini malah makin “menyedihkan” kualitasnya.

Ya mau kamu setuju atau tidak, Thor: The Dark World adalah salah satu film MCU yang paling mengecewakan. Padahal potensi dari plot ceritanya besar sekali. Namun sayangnya sutradara Alan Taylor (Terminator: Genisys) terlihat kurang lihai dalam menyutradarainya.

Intinya sih film ini sangat membosankan. Hal ini kian diperparah dengan soosk villain-nya Malekith (Christopher Eccleston) yang tak memungkiri merupakan sosol villain yang terlupakan banget.

Padahal potensi Malekith sebagai villain sangarnya ini besar banget. Dengan seluruh pendapat ini, maka tak heran walau durasinya hanya 112 Menit, namun filmnya ini terasa sangat lama dan melelahkan. Tapi kalau kamu suka dengan film ini, ya bagus, gue senang kalau kamu suka.

Oke, itulah tadi 5 film MCU dengan durasi terpendek sejauh ini. Dari kelima ini yang manakah yang bagimu durasinya sangat singkat?

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.