Inilah Alasan Mengapa Avengers: Endgame Bukan Sebagai Penutup Fase 3 MCU

in , ,
Spider Man Avengers Endgame

Banyak yang telah mengasumsikan bahwa Avengers: Endgame akan menutup fase 3 dari Marvel Cinematic Universe. Namun saat mempromosikan film di Shanghai, Presiden Studio Marvel Kevin Feige mengejutkan penggemar dengan mengklaim bahwa Endgame bukan sebagai penutup fase 3 MCU.

Sebagai gantinya, Feige menyatakan bahwa Spider-Man: Far From Home yang dirilis Juni mendatang adalah penutup dari Infinity Saga yang telah menyatukan MCU di 11 tahun pertama dengan 23 film.

Fase 3 MCU

Berita itu seharusnya tidak mengejutkan. Bagaimanapun, satu-satunya Fase MCU yang benar-benar berakhir dengan film Avengers adalah yang pertama. Sedangkan Fase 2 tidak berakhir dengan Avengers: Age of Ultron 2015, melainkan Ant-Man yang rilis tiga bulan kemudian.

Captain America: Civil War secara resmi meluncurkan Fase 3. Cerita ini dimulai dengan perpecahan Avengers dan hitung mundur ke Infinity War yang sesungguhnya.

Mungkin Marvel Studios merasa lebih masuk akal untuk film pertama di Fase 4 MCU untuk tidak memiliki hubungan langsung ke Endgame atau salah satu film sebelumnya.

Produser Amy Pascal mengklaim pada 2017 sebelum rilis Spider-Man: Homecoming bahwa sekuelnya dimulai setelah kesimpulan Endgame. Hal itu akan membuat Far From Home merasa terikat erat dengan klimaks dari Infinity Saga, seperti halnya Homecoming yang terkait erat dengan Civil War.

Pertimbangan lainnya adalah bahwa Marvel Studios secara teknis belum resmi mengumumkan film apa yang akan menjadi fase 4 MCU selanjutnya. Meskipun sudah dikonfirmasi bahwa film solo Black Widow, sekuel dari Black Panther, Guardians of the Galaxy, Vol. 3 dan Doctor Strange 2.

Selain itu film-film yang memperkenalkan Eternals dan Shang-Chi sedang dalam proses pengembangan.

Sangat mungkin bahwa setidaknya film-film ini akan mulai membangun alur cerita menyeluruh lainnya seperti Infinity War sepanjang tiga Fase pertama yang telah menyatukan Infinity Saga.

Film terakhir dan penutup fase 3 MCU adalah Spider-Man: Far From Home yang akan dirilis pada 2 Juli mendatang. Disutradarai oleh Jon Watt, film ini dibintangi oleh Tom Holland, Samuel L. Jackson, Zendaya, Cobie Smulders, Jon Favreau, JB Smoove, Jacob Batalon and Martin Starr, Marisa Tomei dan Jake Gyllenhaal.