Karakter Gay Disney dalam Film Onward Kena Sensor di Rusia

in , ,
Karakter Gay Onward Sensor Rusia
Disney

Saat ini, memang banyak film yang menghadirkan kesetaraan dengan berbagai unsur. Setelah mengangkat tentang kesetaraan gender, ada pula yang mulai menghadirkan unsur-unsur LGBTQ seperti Disney.

Nah kini studio animasi yang sering bekerja sama dengan Disney juga menghadirkan karakter Gay di film terbarunya Onward. Namun, adegan yang menampilkan karakter itu rupanya berubah saat film ini rilis di Rusia.

Terjemahan yang Diubah

Terjemahan Diubah
Disney

Dalam satu adegan film ini menampilkan seorang wanita polisi cyclop bernama Officer Specter, yang pada satu titik mengatakan bahwa dia punya pacar. Bagi mereka yang melihat Maju di Rusia, kata “girlfriend (atau pacar)” diubah menjadi “pasangan”, menurut The Moscow Times. Cabang Disney di Rusia belum mengeluarkan informasi mengapa mereka memutuskan untuk berganti kata.

Sebelumnya. Rusia memang terkenal karena menyensor adegan yang menampilkan karakter LGBT. Dalam situasi yang mirip dengan Onward, dialog diubah dalam adegan dari Avengers: Endgame, yang tampaknya menyembunyikan bahwa seorang karakter adalah gay.

JANGAN LEWATKAN •
Kevin Feige Konfirmasi Jika Season 2 What If ...? Sudah Dalam Tahap Pengembangan

Banyak Negara Tidak Menerima Unsur LGBTQ

Memang, hingga kini banyak negara yang tidak menerima unsur LGBTQ. Selain Rusia, China juga terkenal sangat ketat dengan konten-konten yang sensitif seperti rating film R dan unsur gay. Sebelumnya, sempat ada kehebohan karena film terakhir Star Wars: Rise of the Skywalker juga menampilkan adegan ciuman sesama jenis.

Sementara itu, Indonesia yang memang masih kental dengan adat ketimurannya masih belum menganggap hal tersebut tabu. Tapi, kami belum tahu sih, apakah ada perubahan terjemahan juga atau tidak untuk film ini.

Onward ditulis dan disutradarai oleh Dan Scanlon, dibintangi oleh Chris Pratt, Tom Holland, Julia Luois-Dreyfus dan Octavia Spencer. Film ini dijadwalkan rilis di Amerika pada 8 Maret 2020, sementara itu Indonesia sendiri sudah menayangkan film mulai hari ini.