Ternyata Make-Up Joker Phoenix Cuma Butuh Waktu 15 Menit, Jared Leto Terlama

in , ,
Make Up Joker

Joker sangat identik dengan riasan badut di wajahnya. Tentu saja dibutuhkan penata rias profesional dalam sebuah film untuk melakukannya dengan baik. Fakta baru terungkap bahwa untuk merias wajah Phoenix tak perlu waktu yang lama.

Ketua tim make-up Joker, Nicki Ledermann mengungkapkan bahwa mereka tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk merias Joker. Menurutnya Joaquin Phoenix merupakan tipe aktor yang tidak bisa bersabar dan make-up wajahnya dan harus serba cepat.

Hanya Butuh 15 Hingga 20 Menit

Joker Box Office
Joaquin Phoenix sebagai Joker

Ledermann mengatakan, “Butuh rata-rata 15 hingga 20 menit untuk merias wajah, sebagian karena Joaquin sulit duduk diam, tetapi juga karena saya tidak ingin terlihat terlalu dipikirkan secara matang.”

Prosese rias ini dilakukan secara langsung dan tanpa menggunakan cetak biru. Oleh karena itu, masalah sering hadir karena terkadang riasannya berbeda. “Bagian tersulit dari semuanya adalah menjaga kontinuitas. Saat membuat film, Kami tidak merekam adegan dengan berurutan,” kata Ladermann.

“Dalam satu hari, kami bisa saja merekam adegan untuk beberapa hari atau beberapa minggu kemudian dan kami harus mencocoknya persis sama dari frame to frame. Karena semua dilakukan secara bebas, maka kami harus mengingatnya atau mencatat dan membuat riasan yang sama agar cocok dan hasil yang sesuai,” Ladermann mengakhiri.

Bagaimana Dengan Joker yang Lain?

Heath Ledger Joker
Heath Ledger sebagai Joker | syfy

Selain Joaquin Phoenix, Heath Ledger adalah aktor legenda yang memerankan Joker. Dirinya muncul di The Dark Knight dan menjadi musuh bebuyutan Batman. Perias wajah film ini, John Caligone Jr. mengatakan kalau durasi untuk mendandani Ledger kurang lebih sekitar 1 jam.

Berbeda dari Phoenix, Caligone mengungkapkan bahwa aktor ini tampak lebih tenang dan kooperatif saat melakukan make-up.

Joker Leto Make-up Paling Lama

Jared Leto Hancurkan Joker
Jared Leto sebagai Joker | Joblo

Berbicara tentang Joker tidak lengkap rasanya jika tidak membahas Jared Leto. Joker Leto hadir di film supervillain DC, Suicide Squad. Disebut pula bahwa versi ini yang memiliki durasi proses make-up yang paling lama.

Suicide Squad memiliki devisi make-up khusus yang dipimpin oleh Alessandro Bertolazzi. “Jared sangat kooperatif, kita memiliki satu devisi makeup yang khusus hanya untuk Jared Leto sendiri. Di hari syuting pada pagi hari, Jared akan langsung datang ke devisi makeup ini.”

Dirinya juga menjelaskan bahwa durasi makeup Joker Leto tak hanya di wajah saja. Leto juga menggunakan body painting dengan tiga layer dan tato, belum lagi ditambah rambut.

Ayo mulai berdiksusi