AnimasiMovieMovie List

5 Bukti Kuat Jika Zuko Punya Banyak Kesamaan Dengan Toph Dibanding Aang

Tidak banyak yang menyadari jika karakter Zuko dan Toph dari animasi Avatar: The Legend of Aang ini memiliki banyak kesamaan. Apa saja kira-kira? Simak pembahasan berikut ini.

Umumnya para penggemar franchise animasi Avatar: The Last Airbender. Khususnya seri Avatar: The Legend of Aang kerap mengidentikkan sosok Avatar Aang bersama Pangeran Zuko. Tidak mengejutkan, karena memang dua karakter ini sama-sama berbagi pengalaman tragis yang membuat mereka di satu titik bisa saling memahami satu sama lain.

Namun, pernahkah kalian menyadari kalo di sisi lainnya. Karakter Zuko ini justru lebih banyak memiliki kesamaan dengan Toph Beifong? Dibanding dengan sosok Avatar Aang, justru bukti-bukti kesamaan yang di miliki oleh Toph dengan Zuko ini jauh lebih banyak, loh!

Kira-kira apa saja bukti-buktinya? Langsung saja ini dia pembahasannya.


Bukti Yang Tunjukkan Jika Zuko dan Toph Punya Banyak Kesamaan

Keduanya Lahir Dari Keluarga Terpandang

Nickelodeon Avatar The Legend Of Aang Toph
Keduanya lahir dari keluarga yang membuat mereka tidak bisa bergaul dengan sembarang orang | Nickelodeon

Bukti pertama adalah Toph Beifong dan Pangeran Zuko sama-sama lahir dari keluarga terpandang. Toph adalah anak dari Lao dan Poppy Beifong. Dikota asalnya yakni Gaoling. Beifong adalah keluarga bangsawan terpandang yang rumahnya saja sangat luas. Ia juga tidak di perkenankan bergaul dengan masyarakat di sekitar lingkungannya.

Sementara Zuko derajatnya barangkali jauh lebih tinggi dari Toph. Ia adalah putra pertama Raja Api Ozai bersama Ursa. Sehingga ketika dirinya menginjak dewasa, otomatis status Putra Mahkota ada di genggamannya.

Sama dengan Toph, karena Zuko berasal dari keluarga kerajaan, dia tidak bisa bergaul dengan sembarang orang. Bahkan kawan-kawannya hanyalah para bangsawan yang tinggal di sekitar istana tempat tinggalnya saja.

Berstatus Aib Keluarga

kesamaan zuko dan toph
Baik Zuko dan Toph memiliki kekurangan yang membuat mereka di cap sebagai “aib keluarga” | Dark Horse Comic

Mungkin poin ini terasa cukup kejam. Namun memang kenyataan yang dihadapi oleh dua karakter ini sama persis. Toph dan Zuko sama-sama memiliki kekurangan yang membuat mereka terasa “diasingkan” dari keluarganya masing-masing.

Toph lahir dengan cacat fisik. Dia tidak bisa melihat betapa indahnya dunia tempatnya tinggal. Sementara Zuko lahir dengan ekspektasi besar yang di miliki oleh Ozai akibat iming-iming pernikahan keturunan Sozin dan Avatar Roku yang pastinya bisa menciptakan gen pengendali api terkuat.

Sayangnya yang terjadi justru sebaliknya. Zuko ketika masih bayi sempat di anggap jika saat sudah besar. Dia bukanlah seorang bender atau pengendali. Yang membuat Ozai sempat terpikir untuk membunuhnya kala itu sebelum di cegah oleh sang Istri.

Berusaha Sekuat Mungkin Menutupi Kekurangan Masing-masing

Nickelodeon Avatar The Legend Of Aang Toph 1
Keduanya berusaha keras membuat kekurangan yang di miliki menjadi sebuah kelebihan | Nickelodeon

Satu hal yang patut di apresiasi untuk Toph dan Zuko adalah tekad besar mereka untuk menutupi kekurangan diri mereka masing-masing yang membuatnya di cap sebagai “aib keluarga“.

Titik balik hidup Toph adalah saat dia tidak sengaja bertemu badgermole saat kabur di usia 9 tahun. Disana ia tidak sengaja mempelajari Earthbending dan selalu mengasahnya hingga ke titik di mana dia memiliki Seismic Sense.

Selain itu, di situasi yang sama. Dia juga berhasil menjadi pengendali bumi pertama yang mampu melakukan Metalbending dan membuat revolusi bagi sejarah para pengendali bumi di dunia Avatar.

Sementara Zuko tekadnya untuk bisa membuat ayahnya terkesan mungkin memang tidak selalu berhasil. Dia ditempa dengan segala rasa pahit akibat perlakuan sang ayah yang tidak pernah menyayanginya sejak dia masih kecil. Titik balik dari nasib Zuko sendiri baru terjadi ketika dia menjadi Raja Api yang baru. Sedikit lebih lama di banding Toph.

Paman Iroh Menjadi Figur Yang Membimbing Keduanya Ketika Salah Jalan

Nickelodeon Avatar The Legend Of Aang Toph Iroh
Ketika saling kehilangan arah. Zuko dan Toph di bimbing oleh sosok yang sama. Yaitu Paman Iroh | Nickelodeon

Mungkin bukti ini yang memang terlihat secara kasat mata. Zuko, sejak dia di usir dari kerajaan dan Negara Api seperti kehilangan arah. Untungnya, ada sosok Paman Iroh yang selalu menasehatinya dengan petuah-petuah bijaknya.

Sementara untuk Toph. Momen ia bertemu dengan Paman Iroh pertama kali ada di episode The Chase. Ketika ia yang baru bergabung dengan Tim Avatar memutuskan untuk mengembara sendirian akibat pertengkaran dengan Katara. Segera setelah bertemu, Toph menceritakan segala hal yang membuat dia tidak betah berkelana dengan kelompok tersebut.

Sama-sama Jadi Sosok Penting Di Era Avatar Korra

Nickelodeon Avatar The Legend Of Korra Lord Zuko
Jasa keduanya yang besar di masa lalu pun membuat Avatar Korra begitu mengidolai mereka | Nickelodeon

Pada masa Avatar Korra. Pastilah Zuko dan Toph ini sudah memasuki usia senja. Namun selama masa yang terjadi sebelum Korra lahir hingga remaja. Dua sosok ini berhasil menjadi figur penting yang mengubah universe Avatar.

Zuko, yang menjadi Raja Api bersama Avatar Aang menjadi saksi bisu terbentuknya Republic City, yang sejarahnya merupakan konflik masyarakat antar ras di kota Yu Dao. Sama dengan keduanya. Toph menambahkan satu pondasi lagi untuk membuat kota baru ini aman dari tindak kejahatan. Yaitu mendirikan unit kepolisian paling pertama yang ada di sejarah dunia Avatar.


Itulah tadi lima bukti kuat yang tidak banyak penonton Avatar: The Legend of Aang sadari jika Toph dan Zuko ini mempunyai banyak sekali kesamaan, utamanya soal nasib mereka. Baik sedari kecil hingga masa senjanya. Kira-kira, gimana nih tanggapan kalian dengan tulisan di atas?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.