Penulis Endgame Jelaskan Plot Hole Captain America Gunakan Mjolnir

in , , ,
Avengers Endgame Captain America Mjolnir

Jika ditanya salah satu adegan yang paling berkesan di Avengers: Endgame, tentu ada yang menjawab “ketika Captain America menggunakan Mjolnir untuk melawan Thanos.” Adegan pertarungan yang epic ini memang termasuk salah satu klimaks film ini.

Tapi, ternyata ada plot hole besar tentang Mjolnir ini. Penasaran? Cek di bawah ini!

Kenapa Mjolnir Mengeluarkan Listrik saat Digunakan Captain America?

Cap Mjolnir Petir
Captain America menggunakan kekuatan petir Mjolnir | Reddit

Hal ini dijelaskan oleh penulis Endgame, Christopher Markus. Dirinya mengungkapkan bahwa ia mengetahui bahwa itu adalah sebuah plot hole. “Aku rasa Odin pernah mengatakah, ‘Itu semua bukan karena palunya.’ Namun Cap mengeluarkan petir lewat palu tersebut.”

“Kalian mendapatkan hal itu dan kalian suka, ‘Itu terlalu keren untuk tidak dilakukan!’ Kita bisa membicarakan tentang itu nanti-nanti.”

Bersama rekannya, Stephen McFeely, Markus telah menulis enam film MCU. Tentu dia mengerti tentang plot hole bahwa sebenarnya kekuatan petir berada dalam diri Thor. Selain perkataan Odin, dalam Ragnarok juga dijelaskan bahwa Thor bisa mengeluarkan kekuatan petir bahkan tanpa Mjolnir.

Hubungan Captain America dengan Mjolnir

Cap Mjolnir Age Of Ultron
Steve Rogers mencoba mengangkat Mjolnir di Age of Ultron | Inverse

Untuk me-refresh kembali ingatan, hubungan antara Captain America dan Mjolnir sudah ditampilkan dalam Age of Ultron. Di adegan kumpul bareng para Avengers, Thor memberi challange: yang bisa mengangkat palunya akan menjadi raja Asgard.

Para Avengers satu per satu melakukannya, tapi Mjolnir tidak bergerak sedikit pun dari tempat asalnya. Saat giliran Steve Rogers, dia mencoba sekuat tenaga, palu tersebut bergeming sesaat namun Cap lebih dulu menyerah.

Pada saat itu, Thor merasa bahwa Cap mampu tapi masih memiliki suatu penyesalan dalam dirinya yang membuat Mjolnir menolak. Lalu, mengapa Rogers bisa menggunakan Mjolnir di Endgame?

Setelah Age of Ultron, salah satu event MCU terbesar adalah Civil War. Di film tersebut terungkap bahwa penyesalan atau rahasia tersebut adalah mengetahui sebab kematian orang tua Tony Stark. Bucky membunuh Howard Stark dan istrinya, dan itu disembunyikan oleh Rogers.

Semua terjadi dan sampailah pada event Thanos datang dari 2014 di Endgame. Karena dirinya sudah tidak menyimpan rahasia lagi, Captain America kini bisa menggunakan Mjolnir.


Jadi, bagaimana menurutmu? Apakah plot hole ini sempat mengganggu pikiranmu atau kamu lebih memilih membiarkannya saja? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya!

Ayo mulai berdiksusi