10 Rekomendasi Film Horor Terbaik, Teror Menakutkan dan Mengerikan

in

Setiap orang memiliki ketakutan sendiri akan sesuatu. Sebagian kita ada yang merasa takut dengan hantu, Ada juga yang takut jika sesuatu yang tidak dikenalinya tiba-tiba menyerang seperti kekuatan mistis dan pembunuh berantai. Rasa takut itu juga bisa memunculkan rasa penasaran sehingga banyak orang yang mencari Rekomendasi Film Horor Terbaik.

Apa itu Film Horor?

Film horor adalah film yang membuat penontonnya merasa takut. Jenis film ini memberikan unsur mengerikan dan supernatural. Kebanyakan lebih mengekspos tentang kekuatan jahat, gore dan monster. Ada juga film yang tidak berhubungan dengan dunia gaib tapi lebih ke pembunuh berantai, zombie dan psikopat.

Nah pada kesempatan kali ini, Dafunda Movie akan membagikan Rekomendasi Film Horor Terbaik yang telah dirangkum dari berbagai sumber dan pilihan penggemar. Simak daftarnya di bawah ini!

10 Rekomendasi Film Horor Terbaik Menurut Dafunda Community


1. Psycho – 1960

rekomendasi film horor terbaik - psycho

Psycho adalah film horor klasik yang disutradarai oleh Alfred Hitchcock. Film ini menceritakan tentang pembunuh psikotik berdasarkan novel dengan judul sama karya Robert Bloch yang terinspirasi pembunuhan beruntun oleh Ed Gein di Wisconsin. Film berpusat tentang pertemuan antara seorang sekretaris, Marion Crane (Janet Leigh), yang bersembunyi di sebuah motel setelah melakukan pencurian dari majikannya, dan pemilik motel yang kesepian, Norman Bates (Anthony Perkins). Psycho menjadi judul pertama di rekomendasi film horor terbaik dari kami.

Sinopsis Psycho

Marion Crane merasa muak dengan cara hidup yang telah memperlakukannya. Dia harus bertemu kekasihnya Sam saat istirahat makan siang dan mereka tidak bisa menikah karena Sam harus memberikan sebagian besar uangnya sebagai tunjangan kepada mantan istrinya. Suatu Jumat, Marion disuruh mengambil uang $40.000 oleh majikannya.

Melihat kesempatan untuk mengambil uang dan memulai hidup baru, Marion meninggalkan kota dan menuju ke toko Sam’s California. Lelah setelah perjalanan panjang dan terjebak dalam badai, ia keluar dari jalan raya utama dan masuk ke The Bates Motel. Motel ini dikelola oleh seorang pria muda yang pendiam bernama Norman yang tampaknya tertekan oleh ibunya.


2. The Shining – 1980

rekomendasi film horor terbaik- the shining

The Shining merupakan rekomendasi film horor terbaik yang disutradarai dan diproduksi oleh Stanley Kubrick. Film ini diadaptasi dari novel ternama karya Stephen King, The Shining. The Shining menceritakan tentang sebuah keluarga yang pergi ke sebuah hotel di musim dingin. Mereka berhadapan dengan roh jahat yang mempengaruhi sang ayah untuk berbuat kekerasan, sementara putranya yang memiliki kekuatan psikis melihat kehebohan yang mengerikan dari masa lalu dan masa depan. Film ini dibintangi oleh Jack Nicholson, Shelley Duvall dan Danny Lloyd.

Sinopsis The Shining

Jack Torrance mendapat pekerjaan sebagai penjaga Overlook Hotel, di pegunungan Colorado. Tempat ini ditutup selama musim dingin, Torrance dan keluarganya akan menjadi satu-satunya penghuni hotel untuk waktu yang lama. Ketika badai salju menghadang keluarga Torrance di hotel, putra Jack, Danny, yang memiliki kemampuan clairvoyance dan telepati, menemukan bahwa hotel itu angker dan bahwa arwah perlahan-lahan membuat Jack gila. Ketika Jack bertemu dengan hantu Tuan Grady, mantan penjaga hotel yang membunuh istri dan dua putrinya, hal-hal mulai menjadi sangat buruk.


3. The Thing – 1982

 the thing

The Thing merupakan film horor alien yang dirilis pada tahun 1982. Film ini dikepalai oleh John Carpenter. Kurt Russell menjadi bintang utama film ini. The Thing menceritakan telah tim peneliti di Antartika yang diburu oleh alien yang bisa berubah bentuk seperti yang dipikirkan oleh mangsanya.

Sinopsis The Thing

Sebuah stasiun penelitian AS, Antartika, awal musim dingin 1982. Pangkalan itu tiba-tiba mendapat kunjungan tak terduga dari helikopter stasiun penelitian Norwegia terdekat. Mereka mencoba membunuh seekor anjing yang telah melarikan diri dari pangkalan mereka. Setelah helikopter Norwegia hancur, anggota tim AS terbang ke pangkalan Norwegia, hanya untuk menemukan mereka semua mati atau hilang. Mereka menemukan sisa-sisa makhluk aneh yang dibakar oleh orang Norwegia.

Orang Amerika membawanya ke pangkalan mereka dan menyimpulkan bahwa itu adalah bentuk kehidupan asing. Setelah beberapa waktu, jelas bahwa alien ini dapat mengambil alih dan berasimilasi ke bentuk kehidupan lain, termasuk manusia, dan dapat menyebar seperti virus. Ini berarti siapa pun di pangkalan bisa dihuni oleh The Thing, dan ketegangan meningkat.


4. The Exorcist – 1973

rekomendasi film horor terbaik - the exorcist

Rekomendasi film horor terbaik dari kami pastinya memasukkan film tentang pengusiran setan satu ini. The Exorcist merupakan film horor yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya William Peter Blatty. Film ini berfokus tentang usaha seorang ibu untuk menyembuhkan anaknya dari kerasukan setan dengan bantuan dua orang pastor katolik. Film ini menjadi salah satu film horor dengan pendapatan terbesar sepanjang masa. Film masuk dalam 10 nominasi kategori piala Pscar dan memenangkan dua diantaranya. The Exorcist sempat dilarang karena terlalu mengerikan dan menakutkan.

Sinopsis The Exorcist

Ditemani oleh putrinya, Regan, yang berusia 12 tahun, aktris Chris McNeil pindah ke Washington D.C. di mana dia sedang syuting film. Ibu dan anak memiliki hubungan yang baik tetapi setelah beberapa waktu Regan mulai bertindak aneh. Dia menjalani berbagai tes neurologis tetapi dokter tidak dapat menemukan apa pun untuk menjelaskan perilakunya.

Ketika situasi Regan mencapai proporsi krisis – dia harus diikat ke tempat tidurnya, bersumpah seperti seorang pelaut dan berbicara dalam bahasa lidah – Chris berpaling kepada Pastor Karras, seorang pastor Katolik Roma dan psikiater untuk melihat apakah eksorsisme mungkin menjadi solusi untuk masalah mereka. Karras tidak percaya tetapi gereja akhirnya setuju untuk memanggil Pastor Merrin, yang sebelumnya telah melakukan pengusiran setan dan berhadapan muka dengan iblis.


5. Let the Right One In – 2008

 let the right one in

Let the Right One In merupakan film horor dari Swedia yang diangkat dari novel dengan judul sama. Film ini berpusat pada seorang anak laki-laki yang sering diganggu, Oskar. Dia bertemu dengan seorang gadis cantik namun aneh, Eli.

Sinopsis Let the Right One In

Di pinggiran Blackeberg di Stockholm, Oskar yang berusia dua belas tahun adalah bocah kesepian yang diasingkan di sekolah oleh Conny dan dua teman sekelas lainnya. Di rumah, Oskar bermimpi untuk membalas trio pengganggu. Dia berteman dengan Eli, gadis dua belas tahun yang hanya muncul pada malam hari di taman.

Sementara itu, ayah Eli adalah pembunuh berantai yang mengalirkan darah korbannya untuk memasok Eli, jadi dia tidak harus membunuh. Eli menyarankan Oskar untuk melawan Conny. Namun, ia segera menemukan bahwa gadis ini adalah seorang vampir dan ia merasakan ketakutan dan cinta untuk gadis itu.


6. Halloween – 1978

halloween

Halloween merupakan film horor slasher yang dibintangi oleh Donald Pleasence dan Jamie Lee Curtis. John Carpenter lagi-lagi menjadi sutradara untuk film horor terbaik, di film ini dia juga bertugas untuk membuat skor. Halloween menjadi film pertama dari franchise ini, dan pada tahun 2018 telah dibuatkan sekuel dari dengan judul sama, Halloween.

Sinopsis Halloween

Pada tahun 1963, malam: Halloween. Polisi dipanggil ke 43 Lampkin Ln. hanya untuk menemukan bahwa Judith Myers berusia 15 tahun telah ditikam sampai mati, oleh saudara laki-lakinya yang berusia 6 tahun, Michael. Setelah dilembagakan selama 15 tahun, Myers kabur pada malam sebelum Halloween. Tidak ada yang tahu, atau ingin mencari tahu, apa yang akan terjadi pada 31 Oktober 1978 di samping psikiater Myers, Dr. Loomis. Dia tahu Michael akan kembali ke Haddonfield, tetapi pada saat kota menyadari hal itu, itu akan sangat terlambat bagi banyak orang.


7. Rosemary’s Baby – 1968

rekomendasi film horor terbaik - rosemary's baby

Rosemary’s Baby merupakan film horor psikologi oleh Roman Polanski berdasarkan novel berjudul sama penjualan terbaik karya Ira Levin. Film ini bercerita tentang pasangan muda yang pindak ke sebuah apartemen yang dikelilingi oleh tetangga dan kejadian aneh. Tiba-tiba sang istri hamil secara misterius dan keselamatan anaknya di dalam kandungan mulai mengendalikan hidupnya.

Sinopsis Rosemary’s Baby

Rosemary dan Guy Woodhouse pindah ke sebuah apartemen di gedung mewah tapi bergaya gotik di Manhattan. Tuan tanah mereka, Edward “Hutch” Hutchins, berusaha menghalangi mereka melakukan hal itu, bangunan itu memiliki sejarah yang tidak baik.

Mereka menemukan bahwa tetangga mereka adalah pasangan tua yang sangat ramah bernama Roman dan Minnie Castevet, dan Guy mulai menghabiskan banyak waktu bersama mereka. Hal-hal aneh mulai terjadi, seorang wanita muda yang ditemui Rosemary di binatu melakukan bunuh diri, Rosemary bermimpi aneh dan mendengar suara-suara aneh dan Guy menjadi jauh. Kemudian Rosemary jatuh hamil dan mulai curiga bahwa tetangganya memiliki rencana khusus untuk anaknya.


8. The Omen – 1976

rekomendasi film horor terbaik - the omen

The Omen merupakan rekomendasi film horor terbaik yang disutradarai oleh Richard Donner dan dibintangi oleh Gregory Peck dan Lee Remick. Film ini menceritakan kematian misterius dari ambassador Amerika. Dia membesarkan seorang anak yang kemungkinan adalah Antikristus, apakah dia anak iblis?

Sinopsis The Omen

Robert dan Katherine Thorn tampaknya memiliki segalanya. Mereka menikah dengan bahagia dan dia adalah Duta Besar AS untuk Inggris, tetapi mereka tidak menginginkan apa pun selain memiliki anak. Ketika Katharine memiliki anak yang meninggal, Robert didekati oleh seorang pendeta di rumah sakit yang menyarankan agar mereka mengambil bayi yang baru lahir sehat yang ibunya baru saja meninggal saat melahirkan. Tanpa memberi tahu istrinya, dia setuju. Setelah pindah ke London, kejadian aneh – dan peringatan yang tidak menyenangkan dari seorang imam – menuntunnya untuk percaya bahwa anak yang diambilnya dari rumah sakit Italia itu adalah penjelmaan jahat.


9. The Others – 2001

the others

The Others merupakan film horor supranatural yang ditulis, disutradarai dan diskor oleh Alejandro Amenabar. Film tersebut dibintangi oleh aktris ternama Nicole Kidman dan Fionnula Flanagan. The Others menjadi film berbahasa Inggris yang memenangkan penghargaan Goya, Bahasa Spanyol. Film ini juga masuk dalam nominasi Penghargaan Saturn.

Sinopsis The Others

Seorang wanita bernama Grace pensiun dengan dua anaknya ke sebuah rumah di Jersey, menjelang akhir Perang Dunia Kedua, di mana dia menunggu suaminya untuk kembali dari pertempuran. Anak-anak memiliki penyakit yang artinya mereka tidak dapat tersentuh oleh sinar matahari langsung tanpa terluka. Mereka akan hidup sendiri di sana dengan aturan-aturan yang menindas, aneh dan hampir religius, sampai ia perlu menyewa sekelompok pelayan untuk mereka. Kedatangan mereka secara tidak sengaja akan mulai melanggar aturan dengan konsekuensi yang tidak terduga.


10. The Conjuring – 2013

 the conjuring

The Conjuring merupakan film horor supranatural yang disutradarai oleh James Wan. Film ini dibintangi oleh Vera Farmiga dan Patrick Wilson, yang berperan sebagai Ed dan Lorraine Warren. Film ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh Warren, pengalamannya juga mengilhami kisah Amityville Horror. Film ini mengisahkan tentang investigasi paranormal yang membantu sebuah keluarga yang di serang peristiwa mistis di rumah mereka. Conjuring saat ini sudah memiliki universe sendiri, dan filmnya kelak bakal cocok untuk jadi rekomendasi film horor terbaik.

Sinopsis The Conjuring

Pada tahun 1971, Carolyn dan Roger Perron memindahkan keluarga mereka ke sebuah rumah pertanian Rhode Island yang bobrok dan hal-hal aneh mulai terjadi di sekitarnya dengan meningkatnya teror mimpi buruk. Dalam keputus-asaan, Carolyn menghubungi para peneliti paranormal terkemuka, Ed dan Lorraine Warren, untuk memeriksa rumah itu.

Apa yang ditemukan Warrens adalah seluruh area yang dipenuhi dengan penghianatan setan yang sekarang menargetkan keluarga Perron ke mana pun mereka pergi. Untuk menghentikan kejahatan ini, Warrens harus memanggil semua keterampilan dan kekuatan spiritual mereka untuk mengalahkan ancaman spektral ini pada sumbernya yang mengancam untuk menghancurkan semua orang yang terlibat.



Apakah Kamu Setuju dengan Rekomendasi Film Horor Terbaik dari Kami?

Berikan Pendapatmu

Jadi, itulah daftar Rekomendasi Film Horor Terbaik yang bisa kami berikan. Jika kamu punya film horor lainnya yang menyeramkan dan sangat menakutkan, bisa bagikan lewat kolom komentar!


Referensi: IMDb, Wikipedia

Ayo mulai berdiksusi