15 Film Horor Yang Pas Untuk Kita Tonton di Halloween Pandemi Ini

in ,
Film Horor Halloween
Child's Play | KIMT

Berikut adalah 15 film horor yang oke untuk kita tonton saat hari Halloween masa pandemi COVID-19 ini.

Tak terasa sebentar lagi hari Halloween akan tiba. Walau kini kita masih dalam masa pandemi COVID-19 yang belum kelar-kelar. Tak lantas menyusutkan semangat kita untuk hepi-hepi dan ikut-ikutan merayakan hari 31 Oktober ini.

Nah salah satu bentuk perayaannya adalah dengan nonton film-film horo mau itu yang klasik (jadul) atau rilisan terbaru (setidaknya 1-2 tahun terakhir). Tentunya ada banyak banget pilihan film horor yang bisa kita saksikan.

Namun dari semua, berikut adalah 15 film horor yang menurut kami pas banget untuk kita tonton pada musim Halloween pandemi tahun ini. Ingat, 15 film ini merupakan film yang gue pribadi udah tonton.

Kalau nanti ada pilihan yang menurut kalian worthy namun gak masuk ke daftar, antara gue belum nonton atau memang gagal saja masuk kriteria daftar ini.

15. Host (2020)

Karena judulnya adalah film horor yang pas untuk kita tonton saat Halloween musim pandemi 2020. Maka gak heran jika film produksi layanan streaming Shudder menjadi pilihan pertama daftarnya.

Pasalnya film arahan Rob Savage (Strings) ini memang berlatar real-life pandemik COVID-19.  Sehingga ketika nonton filmnya, kamu nanti akan melihat kalau hampir 90% lebih filmnya, mengambil lokasi dalam rumah (ruangan) saja (via webcam).

Dan kerennya, karakter-karakternya terlihat tahu dengan situasi COVID-19 nya. Host bisa gue katakan, jauh lebih ngeri dan keren daripada Unfriended atau film-film cyber horror lainnya. Pasti suka deh.

14. 28 Days Later (2002)

Nah satu lagi nih film horor yang pas pada masa pandemik ini. Tapi bedanya, film ini adalah pandemi “ngeyel”. Karen ya film arahan Danny Boyle (Trainspotting) ini adalah mengenai pandemi zombie.

Dan dari semua film-film bertemakan zombie. 28 Days Later terlihat jauh lebih grounded, masuk akal, dan lebih action. Penampilan aktor-aktornya juga keren-keren. Terlebih aktor utama, Cillian Murphy (Batman Begins) sebagai Jim.

13. A Quiet Place (2018)

Kalau kita pikir lagi. Konsep film ini konyol. Ya bayangkan saja. Konsep filmnya adalah kalau kita mengeluarkan suara, kita langsung tewas.

Tapi kerennya tangan aktor sekaligus sutradara John Karisinski (The Office) super dingin nan jenius. Melalui kedua tangannya tersebut, kekonyolan konsep berubah menjadi sebuah ide yang segar dan tentunya menegangkan.

JANGAN LEWATKAN •
Lollapalooza Akan Menyiarkan Konsernya Tahun Ini Secara Streaming

Semoga saja dalam beberapa bulan ke depan, sekuelnya, A Quiet Place Part II, rilis.

12. The Others (2001)

Gak memungkiri ketika kita melihat tampilan poster filmnya atau screenshot pertama kalinya. Kita menganggap The Others adalah film-film horor yang biasa-biasa aja atau umum-umum aja.

Tapi ketika akhirnya menonton, WOW. The Others memiliki banyak misteri dan tentunya kejutan (twist) ending-nya yang super menggiurkan itu.

11. Marrowbone (2017)

Awalnya mungkin banyak dari kita yang ragu dan takut-takut untuk nonton film Spanyol arahan Sergio G. Sanchez (The Orphanage) ini.

Bukan takut karena konten filmnya yang mungkin saja membuat jantung copot. Tapi lebih ke rasa takut gak pasti. Alias, khawatir filmnya akan jelek banget. Tapi untungnya gak demikian.

Marrowbone adalah kisah drama tragis keluarga Marrowbone yang bukan hanya terlihat indah, miris, dan cukup menegangkan, namun juga memiliki twist super luar biasa yang eksekusinya cerdas banget.

10. Child’s Play (1988)

Inilah salah satu contoh sempurna film horor ber-premis over the top tapi, malah justru sukses menjadi franchise terkeren hingga detik ini.

Bayangkan saja. Child’s Play adalah film mengenai boneka yang bisa membunuh. Sekali lagi deh. BONEKA PEMBUNUH.

JANGAN LEWATKAN •
CHIPS: Corona Invasion, Game Bertema Virus Corona Buatan Studio Asal Indonesia!

Kurang over the top apalagi bukan? Tapi Don Mancini sukses mengolah konsep tersebut menjad sajian film yang super menegangkan. Bahkan, kerap membuat kita yang mungkin masih suka peluk boneka ketika tidur, menjadi paranoid sendiri tiap malam.

9. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Sebenarnya kalau mau kita jujur-jujuran. Film ini sedikit copy-paste dari The Exorcist (1973). Tapi untungnya Emily Rose bisa menampilkan banyak spin atau modifikasinya. Sehingga membuatnya menjadi film sendiri.

Dan juga akting Jennifer Carpenter (White Chicks) sebagai si karakter utamanya, sangat sakit jiwa banget. Apabila kamu menganggap The Exorcist seram banget, well kamu berarti belum menyaksikan film ini.

8. Hush (2016)

Jauh sebelum Netflix mengadaptasi Bird Box (2018) dan A Quiet Place rilis. Adalah film Hush yang pertama kali memperkenalkan. Spesifiknya, memperkenalkan horor dengan protagonisnya memiliki masalah panca inderanya.

Hush mengisahkan seorang penulis bernama Maddie Young (Kate Siegel) yang sayangnya tidak bisa mendengar (tuna rungu).

Seakaan kekurangannya tersebut belum cukup membuatnya berjuang keras dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tiba-tiba suatu hari muncul seorang bertopeng misterius yang mengancam nyawanya.

Semakin parah keadaan karena Maddie tinggal sendirian. Kini, iapun harus berjuang keras untuk bertahan hidup dengan kekurangan fisiknya tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Oh Ternyata Ini Toh Yang Menyebabkan Tom Hanks & Rita Wilson Terjangkit COVID-19!

Dengan premis ini. tentunya sudah bisa menerka kalau Hush adalah film horor yang membuat kita tegang banget dari awal sampai akhir.

Dan kenyataannya memang demikian. Merupakan slasher horror yang membuat kita ingin teriak greget terus-terusan ke layar PC atau TV kita.

7. The Babadook (2014)

Walau film horor produksi Inggris, Jepang, Spanyol berkualitas dan keren. Tapi faktanya adalah Australian yang kerap membuat kita selalu terkejut.

Pasalnya mereka selau memiliki ide-ide segar. Kalaupun pasaran, sutradaranya sangat jenius untuk untuk mengakali agar membuat audiens, tetap tegang dari awal hingga akhir.

Dan The Babadook adalah salah satu contoh nyatanya. Gue gak mau ngasih tau bagaimana plot kisahnya. Silahkan kamu nonton untuk mengetahuinya. Kalau gue jelasin, lumayan spoiler soalnya.

Yang bisa gw bilang. The Babadook gak hanya intens, namun juga merupakan salah satu horor tercerdas dengan penggunaan metaforik yang WOW banget. Pokoknya kalau belum pernah nonton, wajib banget deh.

6. It Follows (2014)

Sama seperti The Babadook, It Follows juga rilis tahun 2014 dan juga memiliki plot metaforik.

Merupakan metafora dari apa yang akan kita alami setelah melakukan hubungan intim sembarangan. It Follows (lagi-lagi) seperti The Babadook, adalah film horor dengan isi sekaligus plot tercerdas yang pernah eksis.

JANGAN LEWATKAN •
Trailer Perdana Reboot The Grudge Akhirnya Rilis

5. Alien (1979)

Mungkin ketika awalnya melihat film horor klasik Ridley Scott (Gladiator) ini, banyak yang menyangka Alien film yang seramnya biasa-biasa saja.

Namun ketika akhirnya menyaksikan filmnya, semua anggapan tersebut berubah 180 derajat. Scott benar-benar sukses mengeksekusi seluruh ketegangan jump scare. Alhasil membuat kisah perjuangan Ellen Ripley (Sigourney Weaver) melawan Xenomorph kian menegangkan.

4. The Cabinet of Dr. Caligari (1920)

Mungkin kamu kadang bertanya. Mengapa film horor bisu ini selalu masuk dalam daftar film horor wajib tonton tiap hari Halloween tiba? Pokonya pasti selalu ada deh.

Ya sudah jelas sih guys. Dari visual-nya saja sudah jelas. Tampilan seluruh karakternya terlebih, Cesare (Conrad Veidt), benar-benar membuat kita langsung bergidik gak karuan sendiri.

Memang sekali lagi film ini, film bisu. Tapi seperti kata pepatah, terkadang gambar jauh lebih banyak menjelaskan dari kata-kata.

3. Nosferatu (1922)

Atau berjudul lengkap Nosferatu: A Symphony of Horror. Film ini memang merupakan adaptasi awal dari novel sekaligus karakter drakula yang terdapat dalam novel milik Bram Stoker.

Walau film bisu, WOW guys. Film ini tetap terasa mengerikan. Baik karena tampilan Max Schreck sebagai drakulanya (yang berganti nama menjadi Count Orlok), maupun juga karena scoring dari Hans Erdmann yang terdengar sangat intens dan eerie.

Pokoknya gak bakalan kalah denh sama film-film horor James Wan sekarang ini.

JANGAN LEWATKAN •
NBA Adakan Turnamen NBA 2K Antar Pemain NBA

2. The Blair Witch Project (1999)

Rasanya kalau kalian sering membaca tulisan milik gue, tahu banget deh kalau gue cinta mati dengan film ini.

Tapi oke lepas dulu deh ke-subjektifan yang ada. Namun walau sudah melepas aspek tersebut, ya pada akhirnya tetap saja The Blair Witch Project adalah film horor terbaik dan terseram.

Tanpa ke-eksistensian The Blair Witch. Tentunya Paranormal Activity dan film-film horor “found-footage” lainnya, gak akan sesukses seperti sekarang ini.

1. The Shining (1980)

Yap gak heran bukan jika adapatsi novel Stephen King ini menjadi rekomendasi film horor Halloween nomor satunya.

Memang The Shining gak terlalu ngasih liat setan berwajah seram yang langsung bikin kita trauma. Tapi yang membuat film ini selalu banyak yang menganggapnya terbaik. Adalah rasa ngeri prikologis yang kita rasakan dari adegan ke adegannya.

Apalagi ending-nya yang gokil itu. Pokoknya ketika menyaksikan filmnya. Kita juga turut merasakan kegilaan (madness) amat sangat. Terutama Jack Torrence (Jack Nicholson). Pokoknya the best deh The Shining ini.


Nah itulah tadi rekomendasi 15 film horor yang gue jamin pas banget untuk menemani kalian semua ketika hari Halloween tiba nanti. Selamat ber-spooky-spooky ria ya guys!