MovieReview Film

Review Don’t Look Up (2021): Kritik Satir Miris Adam McKay Terhadap Media Saat Ini

Mengatakan Adam McKay (Anchorman, The Big Short) sebagai sutradara drama sekaligus komedi paling underrated, sangatlah dimengerti.

Memang sih The Big Short (2015) dan Vice (2018) sukses masuk nomine Oscar. Terlebih untuk The Big Short, film ini kala itu sukses memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Adapted Screenplay melalui ajang penghargaan 88th Academy Awards tahun 2016.

Namun sekali lagi kalau kita perhatikan secara keseluruhan, seluruh karya-karya drama komedi McKay masih belum mendapatkan atensi yang seharusnya. Padahal karya-karya filmnya, memiliki unsur atau pesan satir yang sangat tajam.

Kesatiran-kesatiran inilah yang tentunya bisa menjadi bahan renungan bagi kita sebagai audiens untuk menjadi sadar dan lekas berbenah diri. Sehingga, kita bisa menjadi sosok individu yang jauh lebih peka dengan keseharian hidup yang kita jalani.

Nah karya teranyar McKay, Don’t Look Up pun jugalah demikian. Bahkan kesatiran dalam film ini, benar-benar sangat tinggi tingkat kerelevansiannya dengan kehidupan saat ini.

Dan gue yakin pasca kesuksesan yang didapat Don’t Look Up ini, sosok dan karya Adam McKay ke depannya akan jauh lebih dianggap penting layaknya seperti karya milik Steven Spielberg (West Side Story), Martin Scorsese (The Irishman), dan sutradara mumpuni lainnya.

Mengingatkan Tapi Tidak Menceramahi

review don't look up
Jennifer Lawrence sebagai Kate Dibiasky | Netflix

Mengapa gue katakan seperti demikian dalam paragraf penutup pembukaan review Don’t Look Up ini? 1 hal: Mckay mengingatkan tapi tidak seperti menceramahi atau menggurui.

Lalu satu lagi, ia menyindir tapi menyindirnya dengan bukti-bukti konkret. Dan semuanya terlihat jelas melalui Don’t Look Up ini. McKay melalui film ini ingin mengingatkan kita untuk bisa cerdas-cerdas dalam menganalisa sebuah kabar atau fenomena yang sedang terjadi.

Juga selain itu, kita juga harus bisa menganalisa dengan sangat cerdas pihak / sumber dari beritanya. Nah sayangnya seperti yang kita lihat di dunia nyata sehari-hari, kecerdasan ini masih sangat kurang. Dan sekali lagi melalui film ini, McKay ingin menampilkan sekaligus mengingatkan fakta miris tersebut.

Kemasan Komedi Yang Membuat Enjoy dan Terpingkal-Pingkal Tiada Henti

review don't look up
Leonardo DiCaprio sebagai Randall Mindy | Netflix

Nah satu lagi aspek dari seluruh film-film satir McKay yang membuat kita merasa tidak seperti digurui, adalah ia selalu mengemasnya dengan sentuhan komedi. Dan untuk sentuhan komedi satir Don’t Look Up, kemasan komedinya benar-benar “kelewatan”.

Pasalnya ketika menyaksikan film yang naskahnya juga McKay tulis, kita terpingkal-pingkal tanpa henti-hentinya. Pokoknya sampai puas banget deh ketawanya. Padahal seperti yang kita lihat melalui halaman IMDB film ini, plot Don’t Look Up sebenarnya mengangkat masalah serius.

Spesifiknya, film ini mengisahkan usaha Profesor Astronomi Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCaprio) bersama murid gemilangnya, Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) untuk mengingatkan seluruh warga A.S akan kedatangan komet penghancur bumi.

Kedatangan komet berbahaya ini hanya dalam hitungan bulan saja jaraknya alias, tidak ada waktu untuk “entar aja”. Pokoknya harus sekarang sebelum seluruh planet bumi binasa. Sayang walau sudah mengingatkan melalui program talkshow populer, orang-orang masih acuh banget.

review don't look up
Netflix

Bahkan Presiden A.S, Janie Orlean (Meryl Streep) juga mengacuhkannya. Lalu hal ini diperparah dengan seluruh warga A.S dan seluruh dunia yang lebih mempercayai kabar dari sumber non-ilmiah / non-valid seperti salah satunya, teori konspirasi.

Beberapa media pun digambarkan sebagai sumber yang tidak reliabel. Media dalam film ini gak lebih sebagai institusi yang hanya ingin mengabarkan berita yang menarik dan menjual terlepas mungkin, berita atau fitur artikelnya adalah sebuah “recehan”.

Pokoknya mereka prinsipnya gak mau membuat kepanikan masal dengan kabar yang tidak nyaman. Padahal sekali lagi selain memang ini kenyataan yang sedang terjadi serta, kabar ini datang dari 2 astronomer yang sudah menekuni ilmunya bertahun-tahun.

Nah sekali lagi kalau kita perhatikan, plot film ini serius banget bukan? Tapi jeniusnya, McKay bisa membuatnya menjadi sajian yang sangat ringan dan fun banget. Namun jangan salah! Karena pesan plot seriusnya tersebut masih bisa tersampaikan juga dengan sangat baik.

Naskah & Penampilan Dengan Timing Komedi Yang Sangat Keren

Resize
Netflix

Nah yang membuat unsur komedinya ini sangat manjur dan padu padan dengan plot-nya, adalah naskah McKay yang memiliki unsur timing komedi yang sangat keren dalam setiap dialognya.

Pokoknya setiap dialog terasa sangat sesuai dengan gaya komedi saat ini. Sehingga, even katakanlah ada joke receh pun, joke-nya masih membuat kita terpingkal tanpa merasa kalau joke-nya jayus.

Akan tetapi kekeranan timing komediknya ini tidak mungkin bisa terjadi tanpa kejeniusan timing komedik aktor-aktornya juga. Dan untungnya, seluruh aktornya bisa menampilkan timing komediknya tersebut dengan sangat gemilang.

Bahkan lebih jauhnya beberapa aktor seperti DiCaprio dan Lawrence sukses mengejutkan kita semua dengan timing komedik yang mereka miliki. Oke, mungkin untuk Lawrence kita masihlah bisa melihat kalau ia bisa untuk akting komedi. Tapi Leo?

Pasalnya selama ini, ia lebih sering main film atau memerankan karakter yang super serius. Kalaupun memerankan karakter fun seperti Derek dalam film langka, Don’s Plum (2001) pun, secara general tonal karakter dan filmnya masih semi-serius.

Oke, memang perannya sebagai Dr. Mindy dalam film ini masih tipikal peran semi-serius atau semi-komedik seperti dalam film-film Leo sebelumnya. Tapi dalam film ini, secara tak langsung ia memberikan penampilan komedik mirisnya dengan jauh lebih miris dan jauh lebih konyol lagi.

Marilah kita berdoa semoga saja setelah Don’t Look Up ini, Leo lebih banyak lagi tampil dalam film-film drama komedi seperti ini.

Timothee Chalamet Tidak Perlu Ada

Dont Look Up Star Timothée Chalamet 1200x800 1
Netflix

Wah sepertinya dari tadi review Don’t Look Up ini postif semua isinya. Jadi memang fix ini gak ada negatifnya? Sayangnya masih ada walau setidaknya masih bisa kita sedikit “maafkan”.

Spesifiknya kekurangan tersebut adalah kehadiran karakter pencuri belanjaan toko, Yule yang diperankan oleh salah satu bintang top muda saat ini, Timothee Chalamet (The French Dispatch). Chalamet sebenarnya sudah tampil oke seperti biasanya.

Namun yang menjadi masalah, adalah kelogikaan kehadirannya dalam plot kisahnya. Kehadirannya dalam film ini seakan dipaksakan banget. Terlihat banget kalau McKay cs hanya ingin menampilkan nama serta sosok pemeran Paul Atreides dalam film Dune tersebut dalam film ini.

review don't look up
Netflix

Oke mungkin pada awalnya ia tampil sebentar sebagai pencuri toko. Dan menurut gue semestinya ia memang harus tampil dalam kapasitas cameo singkat ini saja. Namun setelahnya, ia justru mendapatkan plot yang melibatkannya dengan karakter Dibiasky-nya Lawrence.

Dan kalau nanti kamu menyaksikan filmnya, pasti kamu semua setuju kalau plot dengan Lawrence ini benar-benar maksa. Pokoknya terlihat banget kalau plot ini ada untuk memberikan alasan agar Chalamet bisa terus tampil hingga akhir filmnya.

Memang sih alasan tersebut logis-logis saja. Namun ya pada saat yang sama, malah sedikit merusak kerapihan tatanan plot filmnya. Namun sekali lagi, untungnya premis utamanya masih bisa tersampaikan dengan sangat oke.

Film Tersatir dan Terlucu McKay Sejauh Ini

review don't look up
Netflix

Dengan seluruh penilaian-penilaian tersebut. Maka bisa kita simpulkan melalui review Don’t Look Up ini kalau film ini adalah film tercerdas, terlucu, dan tersatir McKay sejauh ini. Bahkan bisa gue katakan, filmnya adalah salah satu film terbaik tahun 2021.

Sayang banget ketika membuat Daftar Film Terbaik 2021 versi Dafunda kemarin, gue belum sempat menonton film ini. Kalau saja sempat, sudah pasti ini film masuk ke dalam daftarnya. Tapi masuk atau tidak ke dalam daftar, toh hal ini tetap tidak menghilangkan fakta kalau film ini memang keren banget.

Pokoknya bagi kamu yang suka dengan komedi satir, atau memang mau ketawa-ketawa saja, langsung deh nonton Don’t Look Up melalui akun Netflix yang kalian miliki. Pokoknya seluruh stres yang kamu miliki bakalan hilang semuanya.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment