30 Lagu One-Hit Wonder Terkeren di Dekade 1990

in ,
30 lagu one-hit wonder 1990
Hanson | Throwbacks

Inilah 30 lagu one-hit wonder terkeren di dekade 1990.

Sama seperti dekade 80an, faktanya lagu one-hit wonder juga banyak berseliweran pada dekade 1990. Bisa kita katakan sama banyaknya.

Dan juga tentunya, menampilkan hit-hit dengan genre-genre yang top saat itu seperti: Pop boyband, industrial, Euro Dance, dan sebagainya.

one-hit wonder 1990
Aqua Barbie Girl | bsidesbadlands

Namun dari sekian banyak one-hit wonder yang berseliweran tersebut, berikut adalah 30 lagu one-hit wonder terkeren pada dekade 1990 nya. Seperti pada pembahasan one-hit wonder terkeren 1980, daftar ini memiliki dua kriteria.

Pertama, tentunya sosok band / musisi yang mengelurakan satu lagu ngetop saja atau kedua, band / musisi yang walau merilis beberapa lagu, tapi hingga kini hanya satu lagu hit spesifiknya saja yang kita ingat hingga detik ini.

30. Spin Doctor – Two Princes (1993)

Mari kita mulai dengan lagu one-hit wonder yang semenjak perilisannya, masih kita inga hingga sekarang. Selain memang karena musiknya enak, juga grup ini sudah lumayan sering bolak-balik ke Indonesia.

Biasanya, mereka manggung di festival-festival musik outdoor (salah satunya Pantai Lagoon, Ancol). Walau grup Rock Alternatif asal New York, AS ini telah merilis 6 album dan beberapa single lain, tetap saja adalah Two Princes yang menjadi big hit mereka.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren 1980-an: Dekade Dinamis Nan Favorit Sepanjang Masa

29. Marcy Playground – Sex and Candy (1997)

Mungkin kamu pernah medengar lagu ini beberapa tahun lalu melalui versi cover Maroon 5. Anyway, dengan judulnya yang bisa kita multi interpretasikan dan lagunya yang nyantai abis, gak heran jika Sex and Candy kala itu hit banget.

Sangat sayang saja John Wozniak ca kala itu gak bisa terus menggulirkan momentumnya dengan rilisan lagu-lagu lainnya.

28. Mazzy Star – Fade Into You (1994)

Siapa yang gak tersihir dengan keempukan suara dan juga kecantikan wajah Hope Sandoval ketika lagu ini keluar? Bahkan seorang Kurt Cobain saja tersihir banget.

Tak banyak ba, bi, dan bu, lagu drem pop ini benar-benar to the point namun tetap dengan kedalaman  lirik serta sekali lagi vokal Sandoval yang super menyejukkan kedua telinga dan jiwa kita.

Beberapa waktu lalu, Miley Cyrus sempat juga men-cover lagu ini. Dan ya bisa kita katakan versi orisinil masih 100 atau bahkan 1000 persen lebih baik untuk kesehatan kedua telinga.

27. Third Eye Blind – Semi-Charmed Life (1997)

Walau kamu generasi 2000an atau bahkan 2010an pun, pasti pernah deh dengar lagu ini. Karena Semi-Charmed Life memang salah satu 90an yang ngetop abis.

Bahkan dari nada pertamanya kita langsung merasa semangat dan senyum sendiri. Pokoknya fun banget deh terlepas faktanya, lagu ini mengisahkan sensasi yang dirasakan oleh mereka yang menggunakan NARKOBA jenis crystal meth.

26. The Heights – How Do You Talk to an Angel (1992)

Musik pada dekade 80an dan 90an juga kerap menyuguhkan lagu tema (soundtrack) serial televisi yang gak kita sangka menjadi super klasik.

Dan lagu tema dari seri singkat The Heights ini juga salah satunya. Maksud hati untuk menjadi lagu yang menjadi bagian cerita serinya, yang ada lagu ini menjadi super hit. Airplay radio nya kenceng banget.

Bahkan nih, How Do You Talk to an Angel kala itu mendapat nominasi penghargaan Emmy. Sayang saja kalah dari lagu Sorry I Asked milik Kander dan Ebb. Tapi gak masalah bukan? Toh walau gak menang apa-apa, laguny masih begitu terkenang hingga detik ini.

25. The Verve – Bitter Sweet Symphony (1997)

Terlepas dari kontroversinya terkait sampling bagian orkestrasinya yang dianggap sampling tanpa izin dari lagu The Last Time-nya The Rolling Stones. Tetap saja lagu ini ketika rilis benar-benar gila.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren 2010an: Dekade Futuristik Retrospektif

Lagunya terasa megah, seru, tapi tetap terdengar bagaikan alternatif kekinian. Video klip-nya pun juga unik lagi miris. Silahkan interpretasikan sendiri mengenai apa lagunya.

Yang jelas mau bagaimanapun interpretasinya, gak memungkiri kalau Bitter Sweet Symphony adalah salah satu lagu one-hit wonder terkeren di dekade 1990. Saking gokilnya, lagu ini menjadi ending soundtrack dari film drama semi-erotis remaja keren, Cruel Intentions (1999).

24. Blind Melon – No Rain (1993)

Rasanya adil banget mengatakan 1992-1994 adalah dekade awal musik alternatif, grunge, dan overall Rock yang paling ramai.

Pasalnya banyak banget rilisan lagu dari genre tersebut yang nge-hit. Dan sebagian dari mereka menjadi one-hit wonder dari penyanyi atau band-nya. Dan No Rain nya Blind Melon adalah salah satunya.

Inspirasi lagu ini simpel. Tapi eksekusi musiknya dari awal hingga akhir benar-benar mengagumkan. Sehingga gak heran membuat lagunya ini menjadi hit hingga sekarang.

23. Beck – Loser (1993)

Yap inilah lagu hit Beck yang mempopulerkan namanya. Dan bahkan hingga sekarang, hanya Loser inilah yang menjadi trademark lagu dari musisi asal Los Angles, California, AS ini.

Memang, memang. Beberapa lagu dan album lainnya juga sukses dan bahkan memenangkan Grammy. Tapi tetap saja masih banyak orang yang langsung mengigat lagu ini ketika mendengar nama Beck.

22. Fiona Apple – Criminal (1997)

Bisa kita katakana musisi-musisi wanita 90an, lebih menampilkan attitude yang jauh lebih rebellious, slengean, cuek, dan berani banget. Lebih berani dari musisi wanita dekade 80an.

Singkatnya lagi, Women empowerment. Namun rasanya hanya 2 yang benar-benar menghidupkan pernyataan tersebut pada dekade 90an: Sinead O’ Connor dan musisi asal New York, AS ini.

Dan melalui hit besarnya ini, Apple menunjukkan itu semua. Mengkritik betapa mudahnya seorang wanita mendapatkan apapun setelah memanfaatkan keseksualitasannya, Apple adalah salah satu peneriak MeToo pada eranya.

21. Shampoo – Trouble (1994)

Ayo gak usah bohong deh. Pasti banyak dari kita yang pertama kali tahu lagu ini dari adaptasi film layar lebar perdana seri hit, Mighty Morphin Power Rangers yang rilis tahun 1995.

Dan gak salah sih jika lagu ini yang mereka pilih sebagai soundtrack utamanya. Lagu ini emang catchy banget dan belum lagi sesuai adegannya. Spesifiknya, ketika teror villain utama. Ivan Ooze (Paul Freeman), mulai menggila.

Aduh pengan banget deh balik pas umur 8-9 tahun dulu! Mesin wkatu, oh mesin waktu, dimanakah kau berada?

20. The Wonders – That Thing You Do! (1996)

Nah inilah kasus lagu kedua dalam daftar ini yang mana, soundtrack nya menjadi one-hit wonder abadi hingga detik ini.

JANGAN LEWATKAN •
15 Lagu Dengan Intro Gitar Akustik Yang Sangat Ikonik

Menjadi soundtrack film berjudul sama, lagu ini sesuai filmnya, mengusung sound Pop-Rock 60an ala The Beatles, The Archies, dan The Monkees.

Dan tak kita sangka-sangka, lagu yang aslinya dibuat dan dinyanyikan oleh Mike Viola dan backup dari musisi sekaligus basis band Fountains of Wayne, Adam Schlesinger ini, menjadi super ngetop.

Dan ironisnya seperti kisah filmnya juga, merupakan one-hit wonder terpopuler dari band fiktif ini serta juga Viola & Schlesinger.

Lebih ironisnya lagi saking kerennya keduanya mengkomposisi sound 60an nya, masih ada loh yang sampai sekarang menganggap That Thing You Do adalah lagu The Beatles. Astaga pusing pala Lennon deh ini.

19. Maribeth – Denpasar Moon (1993)

Ketika rilis, banyak banget warga Indonesia yang kala itu langsung “mendadak” overproud binti nasionalis. Tapi ya wajar bukan? Judulnya saja jelas-jelas menampilkan salah satu provinsi terindah di Indonesia ini.

Dan karena juga kala itu belum banyak penyanyi asal Filipina yang mengangkat Indonesia dalam lagunya, sehingga gak heran jika Denpasar Moon begitu ngetop dan terkenang hingga detik ini.

18. Meredith Brooks – Bitch (1997)

Terlepas judulnya yang super eksplisit, namun gak memungkiri bahwa Bitch keluar pada saat yang tepat banget.

Rilis 1997, yang mana merupakan tahun kian berkembangnya sound Rock Alternatif. Juga perilisan lagu ini, sukses memberikan Brooks hit terbesarnya setelah berkarir semenjak tahun 1976.

17. Lauryn Hill – Doo Wop (That Thing) (1998)

Mantan pentolan trio hip-hop Fugees ini, adalah salah stau sosok musisi wanita (gak cuma rapper) paling keren di dunia ini.

Bagaimana gak? Hill adalah sosok yang sangat jenius dalam menampilkan rhyme melodik rapping nya. Maksudnya, nge-rap nya ada rangkaian nada seperti bernyanyi lagu biasa.

Juga, ia adalah salah satu yang turut mendobrak gerakan musik rap / hip-hop wanita. Dan melalui lagu ini, niatannya tersebut berhasil ia jalankan. Dengan ramuan hip hop  nya yang super toxic, That Thing sukses menjadi salah satu lagu hip hop yang masih sering banyak orang cover hingga detik ini.

16. E.M.F – Unbelievable (1990)

Entah memang terinspirasi dari senior-nya, Beastie Boys, yang jelas Unelievable milik E.M.F ini adalah salah satu juga yang kian memantapkan genre Rap-Rock.

Kenaturalan komposisinya yang super dancy nan upbeat, gak heran membuat lagunya sukses menjadi favorit seluru diskotik dan klub malam kala itu.

15. Fool’s Garden – Lemon Tree (1995)

Wah kalau ngaku anak 90an tapi belum denger lagu ini, gw akan raguin deh pernyataan kalian itu. Karena hampir semua anak 90an pernah mendengar hit band asal Jerman ini.

JANGAN LEWATKAN •
Lagu Terkeren 2000an: Bangkitnya Musisi Wanita & Variasi Genre

Mengusung sound folk inspirasi dekade 70an, lagu ini memiliki tema dan lirik yang sangat sederhana dan juga, hook yang sangat catchy. Saking catchy nya, pada dekade yang sama, terdapt juga rilisan disco / house dari lagunya ini.

14. Joan Osborne – One of Us (1995)

Seperti lagu Dear God nya XTC, lirik lagu One of Us sempat membuat kontroversi sendiri terhadap umat kristiani (well, dengan agama lain juga sih).

Kenapa? Langsung dengar saja ya karena kalau gue jelasin bakalan super SENSITIF. Memang gue paham makna pertanyaan dalam liriknya, tapi tetep aja banyak juga yang masih merasa ke-trigger karena menelan bulat-bulat apa yang mereka dengar.

Anyway, terlepas liriknya yang kontroversial, tetap gak memungkiri One of Us adalah salah satu one-hit wonder 90an yang edgy nan gokil banget.

13. 4 Non Blondes – What’s Up (1993)

Linda Perry, LINDA “GOKIL” PERRY. Ya kalau bukan karena vokalis dan pentolan band-nya ini, What’s Up gak bakalan se-abadi seperti sekarang ini.

Ya kalau kamu gak percaya, langsung dengerin aja deh. Yang jelas selain keren dan ngetop gila, lagu ini adalah salah satu yang sering banyak dari kita nyanyikan “mati-matian” ketika karaoke-an.

Kalau kamu bisa nyanyi lancar binti mulus dalam nada normalnya, gue acungin 20 jempol ke kalian!

12. Paula Cole – I Don’t Want to Wait (1997)

“DAWSON’S CREEK!” Iya 100 deh ke kalian. Yap lagu ini adalah soundtrack opening seri remaja hit akhir 90an, Dawson’s Creek.

Tapi sebagai info saja, sebenarnya I Don’t Want to Wait sudah Cole ciptakan dan rilis duluan sebagai single. Baru ketika lumayan ngetop, Dawson’s Creek, mengambilnya.

Lagi dan lagi, lagu ini merupakan contoh nyata bahwa soundtrack serial TV 90an, sangat antemik sehingga bisa ngetop dan se-melegenda seperti sekarang ini.

11. Kris Kross – Jump (1992)

“Yo what’s up!” ini dia nih lagu rap / hip-hop yang paling rame banget ketika rilis. Gak ada deh yang gak tau apalagi gak ikut nge-rap lagunya.

Men-sampling melodi hit The Jackson 5, I Want You Back, Jump adalah salah satu lagu hip hop yang membuat kita loncat girang sendiri gak karuan.

10. Snow – Informer (1992)

Dari semua one-hit wonder terkeren dekade 1990 ber-genre rap yang ada dalam daftar, gak memungkiri adalah lagu ini yang WOW!

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Maha Keren Dari The Beatles

WOW disini bukan hanya karena saking kerennya, namun juga mengacu ke cara rapping rapper bernama asli Darrin Kenneth O’ Brien ini. Selain super ngebut seperti larinya Sonic the Hedgehog, ia juga menampilkannya dengan aksen bernyanyi reggae Jamaika.

Pokoknya gak usah gaya-gayaan untuk bisa rapping Rap God nya Eminem dulu deh. Informer ini saja dulu. Kalau sudah bisa, Rap God nanti gak akan susah kok.

9. Coolio feat. L.V. – Gangsta’s Paradise (1995)

Nah ini satu lagi lagu hip-hop / rap one hit-wonder dekade 1990 yang pasti kamu sering denger.

Ketika rilis, soundtrack film Dangerous Minds (1995) ini langsung booming. Bahkan nih, jauh lebih abadi dari filmnya. Terima kasih banyak dengan komposisi hip-hop nya yang sangat toxic itu yang alhasil, membuat kita ketagihan banget ketika mendengarnya.

8. House of Pain – Jump Around (1992)

Ada 2 lagu rap top dengan kata Jump dalam judulnya. Yang satu yang milik Kris Kross dan yang satu milik grup asal Losa Angeles, California, AS ini.

Dan kalau mau jujur, antara keduanya ya yang lebih ngetop sampai sekarang, ya Jump Around ini. Lagu ini masih sering kita dengar baik dari film, TV, bahkan mall-mall. Pokoknya gila sih kalau belum pernah denger.

Oh ya sebagai pengingat saja, DJ grup ini bernama DJ Lethal. Kalau kamu ngaku anak musik 2000an, rasanya gak asing kan dengan nama DJ ini?

7. Blair – Have Fun Go Mad (1995)

Walah ini lebih ngetop dan abadi lagi dari Jump Around. Sampai sekarang one-hit wonder dekade 1990 ini adalah salah satu hit rap sejuta umat.

Sayang banget Blair, gak menciptakan lagi hit-hit follow-up nya. Gue yakin banget kalau Blair kala itu menciptakan hit lagi, ya bakalan sama hit-nya seperti Have Fun Go Mad ini.

6. Chumbawamba – Tubthumping (1997)

Kalau kamu fans sepak bola pasti tahu deh lagu ini. Ya, Tubthumping milik Chumbawamba menjadi salah satu soundtrack dari event Piala Dunia 1998.

Tapi andaikan kala itu lagu ini gak menjadi soundtrack Piala Dunia nya, gue yakin lagu ini akan tetap ngetop. Karena komposisi musiknya yang mengusung Dance Rock, sangatlah adiktif dan bikin semangat banget.

5. Los Del Rio – Macarena (Bayside Boys Mix) (1995)

Rasanya setiap dekade ada saja satu lagu latin yang hit. Dan dekade 1990 juga gak beda. Macarena aslinya ada 2 versi. Versi orisinil rilis tahun 1993 dan versi remix Bayside Boys yang rilis 2 tahun kemudian.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren 1990-an: Dominasi Grunge dan Rap

Nah versi remix inilah yang melejit ke pasaran internasional. Sebenarnya versi orisinil-nya enak juga. Terasa jauh lebih sederhana dan tradisionil. Tapi ya seperti kita ketahui, pasaran internasional lebih suka musik latin yang bisa menggoyang badan mereka.

Dan veris remix inilah yang memang bisa banget menggoyang badan.

4. Aqua – Barbie Girl (1997)

Terkadang sebuah lagu gak harus menampilkan komposisi lagu yang riwet dan lirik yang berat nan puitis.

Dan Barbie Girl, sukses membuktikannya. Mengusung sound Euro-Dance dan lirik fantasi mengenai pasangan boneka hit Barbie dan Ken, terbukti lagunya menjadi salah satu legenda 90an bukan?

3. Hanson – MmBop (1997)

To be fair, ya gue tahu kok Hanson lagunya ada banyak. I Will Come to You, Where’s the Love, Weird, dan sebagainya.

Tapi ya sekarang to be fair lagi. Sampai sekarang lagu yang mana yang langsung terngiang dalam benak kalau kita mendengar atau meningat nama trio keren ini? Yap, Mmbop ini.

Dan gak heran sih. Karena lagu ini memang super catchy nan adiktif banget bahkan, hingga detik ini. Pokoknya MmBop ini booming gila deh ketika rilis.

2. Steelheart – She’s Gone (1991)

Yap inilah mungkin lagu Rock balada one-hit wonder 1990 yang sangat, sekali lagi, SANGAT BOOMING gak hanya di Indonesia, namun juga seluruh dunia.

Tapi memang gak memungkiri, peminat besarnya adalah warga Indonesia dan sekitar Asia. Kalau bagian Pop adalah Michael Learns to Rock, maka bagian Rock adalah Steelheart.

Terbukti hingga sekarang, She’s Gone masih menjadi favorit banyak warga Indonesia kalau sedang melakukan sesi karaoke-an.

1. Extreme – More than Words (1991)

Yap rasanya kita semua setuju bukan kalau lagu balada cinta akustik ini, adalah one-hit wonder yang paling top dan gila-gilaan pada dekade 1990?

Sampai sekarang More Than Words masih terus kita dengar, nyanyikan, bahkan menjadi anthem lagu jadian, pernikahan, dan tentunya ngerayu gebetan. Dan bisa kita katakana booming More Than Words adalah pencapaian manis dan miris bagi Extreme.

Manis karena sekali lagi lagu ini mengorbitkan nama dan karir mereka. Miris, karena rilisan lagu-lagu mereka sebelumnya dan sesudahnya, menjadi terbuang begitu saja. Karena ya lagu-lagu lainnya, memang gak bisa mencapai level kesuksesan seperti lagu ini.

Nah bagaimana nih guys? Apakah kamu sependapat dengan pembahasan ini? Dan dari 30 lagu ini, yang mana yang favorit kalian?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.