5 Lagu MCU Yang Keren Pas Dengan Filmnya

in
5 Lagu MCU Yang Keren Pas Dengan Filmnya
ScreenRant

Selain karena kerapihan jalinan sinematiknya dan tentunya kualitas film-filmnya yang sangat asyik, faktor lain yang juga sukses membuat Marvel Cinematic Universe(MCU) begitu disukain adalah pilihan-pilihan lagu top / lawas yang dijadikan soundtrack di film-filmnya.

Dan bisa dibilang semenjak perilisan film pertamanya, Iron Man (2008), rana sinematik milik Kevin Feige, semakin rajin untuk menyertakan lagu-lagu lawas nan ngetop yang gokilnya terdengar dan terlihat pas banget dengan adegan atau tone filmnya.

Tapi dari semua lagu-lagu soundtrack keren yang ada tersebut, berikut adalah 5 menurut gue yang super keren, ikonik, dan tentunya pas banget dengan adegan / tone filmnya. Oh ya satu lagu untuk satu film saja. Jadi gak bakalan ada 2 lagu dari film yang sama.

5. Come As You Are (Captain Marvel)

Captain Marvel

Kalau gue boleh jujur disini, gue adalah salah satu dari sebagian kecil di luar sana yang suka banget dengan Captain Marvel (2019).

Emang ceritanya biasa-biasa aja alias generik superhero origin. Tapi film yang dibintangi oleh Brie Larson (Room) sebagai Carol Danvers aka Captain Marvel-nya ini, memiliki latar di dekade 90an. Dekade pas gw SD dan SMP.

Dan kebetulan, gue dari kecil sampe sekarang suka musik banget dan ya (bukannya mau promosi), gue juga nyanyi lah jamming-jamming gitu. Intinya, musik 90an bagi gue memorinya gede banget.

Jadi sekali lagi gak heran kalau gue suka banget dengan pilihan-pilihan lagu di film superheroine terkuat di MCU ini. Tapi emang, ada yang pas dan ada yang gak pas. Namun salah satu yang gue anggep pas banget adalah ketika lagu “Come As You Are” (1992).

Nirvana – Come As You Are

Dan lagu ini diputer pas adegan Captain Marvel berhadapan pertama kali dengan bentuk Supreme Intelligence (Annette Bening). Gue tuh pas dengernya langsung greget nostalgis sendiri dan ngarep kalau lagunya diputer agak lama.

Sayang oh sayang, langsung diganti gitu aja sama “Just a Girl” nya No Doubt. Ya gue suka juga lagu yang populerin si Gwen Stefani itu. Tapi pas diganti, kerasa gak pas banget.

Walau emang sih di saat yang sama kalau gue boleh jujur sejujur-jujur kacang ijo-nya (loh kok?), lagu Cannonball (1993) milik The Breeders jauh lebih kedengeran cocok untuk jadi lagu pertemuan keduanya. Kenapa gue bilang demikian? Dengerin aja deh. Pasti bakalan ngerti dan setju.

The Breeders – Cannonball

4. Immigrant Song (Thor: Ragnarok)

Thor: Ragnarok

Nih gue cuma mau ngasih pendapat aja ya terserah kamu setuju apa gak. Pokoknya kalau film apapun itu, sampai ngegunain lagu dari: The Beatles, Queen dan Led Zeppelin sebagai salah satu soundtrack-nya, dijamin banget filmnya bakal keren dan laku.

Dan ya mau tetep gak setuju dengan pendapat itu, kebukti banget bukan dengan kesuksesan yang diraih oleh film ketiga Thor ini? Lagu ini diputer ketika Thor (Chris Hemsworth) siap siap untuk ngehajar Hela (Cate Blanchett) beserta pasukannya.

Dan yap. Pilihan lagu dan adegannya, bener-bener kerasa super pas banget. Membuat pertarungan keduanya terlihat dan terasa jauh lebih intens.

Led Zeppelin – The Immigrant Song

3. Father and Son (Guardian of the Galaxy Vol. 2)

Guardians of the Galaxy Vol. 2

Gak dipungkiri dari seluruh sutradara di MCU, hanyalah James Gunn (Slither) yang emang memiliki jiwa pemberontak nan Rock N’ Roll yang tinggi banget.

Dan jiwa tersebut makin keliatan dengan pilihan-pilihan lagunya untuk disertakan di dua film pertama Guardians of the Galaxy yang gak dipungkiri kerasa pas banget. Dan “Father and Son” lagi-lagi sukses membuktikan pernyataan tersebut.

Lagu ini diputar ketika adegan “ayah angkat” Star-Lord (Chris Pratt), Yondu (Michael Rooker) tewas di tangan “anaknya” setelah ngorbanin diri di pertempuran final tim GOTG melawan ayah kandung Star-Lord, Ego the Living Planet (Kurt Russell).

Dan ketika diputar, gak dipungkiri langsung membuat adegannya menjadi salah satu adegan paling mengharukan di MCU sejauh ini. Mau ayahmu masih hidup atau memang sudah gak ada, dijamin langsung nangis sendiri ketika melihat adegannya.

Cat Stevens – Father and Son

2. Back in Black (Iron Man)

Iron Man

Bagi kita-kita yang emang fanboy superhero dan musik khususnya, musik Rock, pasti pas dulu denger bahwa adaptasi live-action si manusia besi bakal ditayangin, kita langsung kepikiran kalau lagu “Iron Man” (1971) milik Black Sabbath yang akan menjadi hype soundtrack-nya.

Dan emang sih di bagian penutup (closing credit), lagu tersebut diputar. Tapi ironisnya, justru adalah lagu “Back in Black” (1980) milik AC / DC yang diputar di adegan pembuka filmnya yang menjadi ngetop dan ikonik.

Tapi ya emang gak salah juga sih. Soalnya lagu yang menjadi lagu rebirth AC / DC setelah vokalis Bon Scott meninggal dunia ini, emang kedengeran dan keliatan pas banget baik dengan adegan yang ditampilkan maupun, kepribadian Tony Stark aka Iron Man (Robert Downey Jr.) di filmnya.

Alhasil dengan kepopuleran tersebut, gak heran jika di sekuel-nya, Iron Man 2 (2010), filmnya kembali menyertakan lagu-lagu milik AC /DC sebagai soundtrack-nya.

AC / DC – Back in Black

1. Hooked on a Feeling (Blue Swede)

Guardians of the Galaxy

Well, gue yakin kamu semua gak bakal surprise dan bahkan, setuju banget dengan pilihan ini.

Emang-emang keempat lagu lain di daftar ini juga keren dan pas dengan masing-masing adegan di filmnya. Terlebih kalau dipikir kalau secara pas-nya adegan, penyertaan “Hooked on a Feeling” di adegan penangkapan tim GOTG memang masih terasa agak kurang-kurang gimana gitu.

Tapi walau demikian, gak dipungkiri bahwa dari keempat lagu yang ada di daftar maupun lagu-lagu legendaris yang disertakan di film-film MCU, versi remake milik Blue Swede ini pastinya banyak banget yang lupa atau bahkan gak tau sama sekali kalau lagu ini eksis.

Dan ketika Gunn memutuskan untuk menyertakan lagu ini sebagai soundtrack-nya, lagu yang aslinya dinyanyikan oleh B.J. Thomas di tahun 1968 ini, langsung ngetop lagi alhasil membuat kita-kita jadi tahu dengan keeksistensian lagunya ini.

Dijamin kalau Gunn gak kepikiran untuk nyertain lagunya, sampe sekarang kita gak akan pernah tahu dengan cover yang dirilis di tahun 1974 ini.

Blue Swede – Hooked on a Feeling

Gimana nih? Apakah kamu setuju dengan 5 pilihan lagu MCU di pembahasannya ini? Dan dari kelima lagu MCU ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

Bagikan jika kamu suka