10 Lagu Queen Enak Lainnya Bagi Fans Pendatang Baru

Mungkin gak seperti The Beatles, pasti banyak dari kamu yang udah cukup familiar dengan lagu-lagu milik grup Rock flamboyan asal Inggris, Queen.

Pastinya sih. Soalnya selain lagu-lagunya memang melegenda, juga seperti kita ketahui kisah karir mereka spesifiknya si vokalis, (alm) Freddie Mercury, difilmkan lagi di film biopik peraih Oscar, Bohemian Rhapsody (2018).

Bahkan seperti kita lihat, banyak banget generasi 2000-an dan Zaman NOW yang langsung mendadak nge-fans setelah nonton filmnya.

Nah bagi kamu yang juga seperti demikian atau baru banget mulai untuk neg-fans, nih kami berikan 10 tembang mereka yang gak hanya kalah enaknya dari “Bohemian Rhapsody”, “We Will Rock You”, atau “We Are the Champions”, namun juga dijamin bakalan bikin kamu langsung menjadi super fanboy.

10. My Melancholy Blues (1977)

Queen – My Melancholy Blues

Bagi kamu yang selera musiknya agak “berat” alias sedikit Jazzy, nah lagu ini dijamin bakalan bikin kamu merem melek sendiri.

Selain karena komposisi musiknya yang seperti musik-musik Jazz di pub / klub Jazz jadul, vokal Freddie di sini juga super smooth. Pokoknya dengerin lagunya bagaikan sedang duduk santai di dalam restoran high-class tanpa ada suara berisik apapun. MANTAP!

9. Spread Your Wings (1977)

Queen – Spread Your Wings

Selain Freddie, bagi gue dan sebagian besar fanboy Queen, adalah si basis John Deacon yang memiliki “tangan dingin” ketika nyiptain lagu-lagunya.

Pokoknya semua lagu yang diciptain dia pasti enak dan melegenda sampai sekarang. Termasuk “Spread Your Wings”. Dimulai dengan dentingan piano kalem lalu dilanjutkan dengan nada slow rock, lagu ini pokoknya bener-bener terdengar empuk di telinga.

8. In Only Seven Days (1978)

Queen – In Only Seven Days

Lagi-lagi lagu selow yang diciptain sama Deacon. Dan sesuai judulnya, lagu ini nyeritain cinta kilat 7 hari. Bukan cinta satu malam ya!

Nah bagi kamu yang mungkin pernah ngerasain cinta seperti demikian, wajib banget deh dengerin lagu ini. Atau kalaupun gak, ya tetep aja dengerin lagunya. Soalnya lagunya emang menyayat hati banget.

7. It’s Late (1977)

Queen – It’s Late

Dari tadi mungkin kamu ngeliat kok banyak banget ya lagu yang dari tahun 1977? Ya gak heran.

Karena selain memang rilisan album tahun tersebut, News of the World, memiliki kumpulan lagu yang enak-enak, faktanya, album ini juga merupakan album Queen pertama yang paling mainstream. Jadi gak heran albumnya cocok banget bagi kamu-kamu yang baru mulai nge-fans.

Bahkan “We Will Rock You” dan “We Are the Champions” aja dari album tersebut loh! Gokil kan albumnya? Anyway, alasan kenapa “It’s Late” gue pilih, karena lagunya emang enak banget.

Selain itu lagu gubahan gitaris ikal Brian May ini, cukup unik emang sound-nya. Spesifiknya, sound-nya kayak lagu-lagu Rock / Alternatif 90-an padahal lagunya dibuat dan dirilis di tahun 70an.

6. Fat Bottomed Girls (1978)

Queen – Fat Bottomed Girls

“Kakak” dari hit sejuta umat, “Don’t Stop Me Now” ini juga gak kalah enaknya dari lagu tersebut.

Hal ini karena “Fat Bottomed Girls” memiliki lirik yang cukup provokatif di era-nya dan juga komposisi campuran Rock, Blues, dan Country yang bener-bener membuat lagunya terdengar sangat intens dan badass.

Oh ya gue saranin untuk ngedengerin yang versi single albumnya ya (bukan versi video klip di atas). Karena versi albumnya memiliki sedikit durasi tambahan yang memperdengarkan bagian instrumentasinya yang keren abis.

5. Stone Cold Crazy (1974)

Queen – Stone Cold Crazy

“Queen pernah gak ya bikin lagu Metal sangar gitu?” Nah, lagu ini adalah jawabannya.

“Stone Cold Crazy” bisa dibilang adalah salah satu “bapak” metal pertama. Lagu ini kala itu ngenalin genre Trash Metal dan Speed Metal. Pokoknya bagi kamu yang emang suka lagu-lagu metal, dijamin deh bakalan langsung headbanging sampe pagi.

4. Too Much Love Will Kill You (1995)

Queen – Too Much Love Will Kill You

Lagu ini sebenernya diciptain dan dinyanyikan oleh May sekitar tahun 1988. Dan lagu ini ada 2 versi: Yang versi vokal May dan vokal Freddie.

2-2 nya sih enak. Tapi gue saranin dengerin yang versi Freddie. Soalnya baik vokal maupun musiknya terdengar jauh lebih megah dan emosional. Umumnya yang gue perhatiin nih, semua awam alias yang gak nge-fans sama Queen, suka banget sama lagu ini. Jadi yap gue rasa kamu semua juga bakal demikian.

3. Bicycle Race (1978)

Queen – Bicycle Race

Kamu suka bersepeda? Suka film Star Wars juga? Maka lagu ini wajib kamu dengerin. Kalaupun bukan keduanya, lagu ini pasti bakalan tetep kamu sukai.

Karena lagunya emang memiliki lirik yang unik, choir super padu, dan bahkan lagunya ada deringan bel sepeda jadul yang super duper khas itu.

2. Under Pressure (1981)

Queen – Under Pressure

Serasa familiar dengan opening bass-nya? Yap riff bass Deacon yang ikonik itu di tahun 1990 diambil (sampling) oleh rapper kulit putih top, Vanilla Ice, di lagu ngetop-nya, “Ice Ice Baby”.

Walau sampling-an nya keren. Tapi tetep aja yang orisinil yang paling keren. Anyway, Under Pressure gak dipungkirin adalah salah satu lagu Queen yang paling dikenal oleh banyak awam.

Jadi nomor ini wajib banget kamu denger kalau emang serius untuk jadi fanboy Queen.

1. Crazy Little Thing Called Love (1979)

Freddie menyanyikan Crazy Little Thing Called Love di Live Aid 1985

Sama hal-nya seperti “Don’t Stop Me Now”, lagu gubahan Freddie yang keinspirasi dari sound Rock n’ Roll 50-an ala Elvis Presley ini, juga adalah lagu upbeat Queen yang paling populer.

Gak ada sekali lagi, GAK ADA yang gak tau sama lagu ini. “Crazy Little Thing Called Love” bersama “Another One Bites the Dust” adalah 2 lagu yang sukses banget memberikan kepopuleran maha dewa pertama bagi Queen baik di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia.

Komposisi Rock N’ Roll nya yang sangat asyik adalah salah satu faktor utama kesuksesannya. Jadi gak mungkin banget kalau kamu gak suka atau gak langsung nge-fan dengan Queen setelah dengerin lagunya ini.

Bagaimana setuju gak dengan 10 rekomendasi lagunya ini? Semoga rekomendasinya bermanfaat ya guys!