Daftar MusikMusik

Inilah 3 Alasan Mengapa Video Klip Musik Itu Sangat Penting

Ada anggapan jika sebuah lagu belum afdol jika belum dibuatkan video klip musiknya. Dan memang kenyataannya seperti itu, sih. Jika sebuah lagu memiliki video klipnya, maka lagu tersebut memiliki kemungkinan menjadi lagu hits.

Namun dibalik itu semua, membuat sebuah video klip tentu bukan perkara mudah. Butuh sebuah proses dan harga yang sepadan agar mendapatkan kualitas yang baik dan mendapat pujian dari pendengar kesayangan mereka.

Kali ini Dafunda akan merangkum beberapa alasan mengapa sebuah video musik berperan sangat penting bagi popularitas seorang musisi dan lagu-lagunya.

Alasan Video Musik Penting

1. Sumber Pendapatan Ekstra

Sumber Pendapatan Ekstra
Sumber Pendapatan Ekstra | Red Sky Mary

Seperti yang dikatakan di atas, sebuah video klip merupakan unsur pelengkap yang mampu memvisualisasikan lirik-lirik yang terdapat di dalamnya. Singkatnya, video klip memiliki ‘nilai estetik’ yang dapat meningkatkan potensi penjualan lagu yang dibuatkan.

Maka dari itu, banyak musisi saat ini punya beberapa video klip dalam satu album yang sedang mereka promosikan. Selain karena nilai estetik yang kami jelaskan di atas, juga dapat menjadi sumber pundi-pundi uang yang lain bagi seorang musisi. Apalagi, saat ini streaming sudah menjadi suatu hal yang lazim ditemui setiap orang.

2. Daya Tarik Lebih Bagi Label Rekaman

Daya Tarik Lebih Bagi Label Rekaman | Lil Wayne HQ
Daya Tarik Lebih Bagi Label Rekaman | Lil Wayne HQ

Dalam perspektif sebuah label rekaman, jika seorang musisi hanya merilis karyanya dengan format audio saja, maka musisi-musisi tersebut dikhawatirkan akan lebih cepat tenggelam. Karena di era digital sekarang, sebuah lagu cepat dengan mudah didengarkan dan juga dilupakan.

Seorang musisi tentunya memerlukan sesuatu agar lagu mereka tidak cepat mengalami hal tersebut. Maka dari itu, mereka berlomba-lomba membuat paling tidak satu video klip supaya lagu/album yang baru mereka rilis tidak tenggelam dengan cepat.

Atau cara paling mudahnya sih, menyewa seorang ilustrator untuk dibuatkan lirik video saja. Yang penting lagu/album tersebut bertahan di chart dalam jangka waktu yang sudah mereka perkirakan.

3. Lebih Mudah Dikenali Ketimbang Sampul Album

Lebih mudah dikenali ketimbang sampul album | Lil Wayne HQ
Lebih mudah dikenali ketimbang sampul album | Lil Wayne HQ

Sebuah video klip terkadang bisa menjadi lebih penting ketimbang sampul dari sebuah album atau single. Kami bertaruh kalian lebih mengingat video klip dari Smells Like Teen Spirit milik Nirvana atau Cinta Karena Cinta milik Judika daripada sampul album Nevermind atau sampul album Cinta Karena Cinta.

Dengan hal semacam itu, maka tidak jarang kebanyakan orang tidak hapal tracklist-tracklist dalam sebuah album. Karena memang tidak semua lagu dalam album tersebut dibuatkan video klipnya.

Mereka hanya akan mengetahui lagu-lagu yang hanya ada video klipnya, karena sudah jelas lagu tersebut akan selalu muncul dalam rekomendasi mereka atau bahkan sering ditampilkan dalam acara musik di sebuah stasiun televisi.


Nah, apakah kalian sudah memahami betapa pentingnya peran video klip bagi seorang musisi setelah membaca poin-poin diatas?

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di playstore agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.