IntermezzoTekno

3 Alasan Logis Kenapa YouTube Merekomendasikan Video Jadul

Mungkin kamu sering mengalami

Inilah 3 alasan logis kenapa YouTube merekomendasikan ke kita video lama atau jadul.

Pastinya kamu yang memiliki akun kanal YouTube, tahu tentang fitur recommended for you. Ya sesuai namanya, fitur ini akan memberikan rekomendasi ke kita akan video-video yang mereka rasa, kita akan sukai.

Nah uniknya, kadang fitur ini merekomendasi kita video yang sudah lama  atau rilisan jadul. Padahal, kita sendiri gak mengharapkan untuk mendapatkan rekomendasi tersebut. Alhasil, kitapun menjadi bertanya, mengapa hal ini terjadi?

Nah, berikut adalah 3 alasan logis kenapa YouTube merekomendasi video jadul tersebut ke kita.

1. Pernah Nonton Salah Satu Video Jadul

Alasan logis kenapa YouTube merekomendasi video jadul ke kita yang pertama, ya mungkin kita pernah atau bahkan sering melihat salah satu video jadul.

Oke katakan kamu gak sering alias cuma satu kali saja. Misalkan kita melihat satu kali video klip lagu Criminal dari Fiona Apple. Padahal sekali lagi kita cuma iseng, penasaran atau karena rekomendasi teman saja.

Tapi apapun alasannya, YouTube adalah sebuah situs internet. Dan situs internet sudah memiliki pengaturan algoritma-nya tersendiri. Jadi ya mau kamu cuma sekali, gak sengaja, kepencet, tetap saja kalau kamu sudah sekali meng-klik video-nya, YouTube akan otomatis merekomendasikan video yang serupa.

2. Sedang Ngetop Lagi

Alasan logis kedua, bisa saja video jadul yang mereka rekomendasikan sedang ngetop lagi. Jadi ya otomatis seperti kebanyakan situs lain, pasti mereka akan merekomendasikan penggunanya yang sedang ngetop.

Biasanya faktor kenapa bisa ngetop lagi karena tiba-tiba ada satu aspek dari video-nya yang menjadi bahan pembicaraan viral. Salah satu contohnya adalah video klip lagu Torn (1997) milik Natalie Imbruglia beberapa tahun lalu.

Kalau kamu masih ingat kala itu banyak warganet yang terkejut kalau Torn ternyata lagu jadul dan bukan lagu orisinil Imbruglia. Alhasil gara-gara ini, video klip lagunya kembali banyak disaksikan di YouTube.

3. Error Bug

5b0d4c731ae6622f008b4f81
Business Insider

Nah ini alasan yang lebih simpel-nya. Bisa saja rekomendasi video jadul nongol dalam kanal YouTube kita yak arena kebetulan kanal YouTube-nya sedang mengalami error bug.

Dan seperti kita tahu semua aspek komputer kalau sedang kena error bug, ya pada jadi ngaco semua sistemnya. Nah kalau memang kamu gak mau terus mendapatkan rekomendasi video jadul atau video lain yang gak kamu inginkan, gampang kok caranya.

Pertama kamu gak usah lagi klik video dengan tema yang gak kamu inginkan tersebut atau klik saja salah satu video dan klik titik 3 di kanan video, lalu pilih opsi “not interested” nanti dengan sendirinya YouTube gak akan merekomendasikan video bertema tersebut lagi ke kamu.

Semoga pembahasan dan tips-nya ini bermanfaat ya guys!

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.