Berita MusikMusik

Asal Usul Nama Blink-182 Termasuk Nomornya

Berikut adalah asal usul nama Blink-182 termasuk nomornya yang hingga kini masih sering dipertanyakan tersebut.

Tak memungkiri bahwa band Punk-Rock dan kini lebih ke Pop-Punk, Blink-182. Kini telah dianggap sebagai salah satu ikon dari genre tersebut. Memulai karir pada tahun 1992. Blink-182 akhirnya menjadi populer menjelang akhir 90an.

Tentunya kepopuleran besar band ini didapat melalui rilisan album ketiga, Enema of the State (1999). ‘Adam’s Song,’ ‘What’s My Age Again, ‘ dan tentunya hit besar nan legendaris ‘All the Small Things’ berasal dari album gokil ini.

Album keempat, Take off Your Pants and Jacket (2001), kian menyukseskan kepopuleran Blink-182 di rana mainstream. Dan bagi gue pribadi. Adalah album ini beserta lagu-lagu hitnya lah yang benar-benar membuat gue tertarik dengan trio gokil ini.

Nama Band Yang Misterius

asal usul nama blink-182 memanglah sangat unik.
Blink-182 | Wallpaper Abyss

Oke, mungkin untuk fakta tersebut. Sekali lagi, sudah banyak dari kita yang sudah mengetahuinya. Akan tetapi nih apakah banyak juga dari kita yang sudah mengetahui asal usul (origin) dari nama band ini? Hmm, gue yakin sih pasti hanya segelintir dari kita saja.

Hal ini karena semenjak mengenal dan mendengarkan lagu-lagu dari band ini. Ya pastinya kita hanya berfokus pada karya musiknya yang gokil saja. Alhasil sekali lagi hal ini lantas membuat kita suka tidak ingat atau tidak terlalu mempersoalkan asal usul maupun makna dari nama band-nya.

Selected for you
Vokalis dan Basis Blink-182, Mark Hoppus Terkena Kanker

Padahal kalau kita lihat dan pikir lagi. Blink-182 merupakan nama yang unik dan ear-catchy banget. Yang tak ayal ketika menyebutkan atau hanya mendengarkannya saja. Kitapun langsung merasa penasaran untuk mengetahui makna dari nama band-nya ini.

Berdasarkan pernyataan tersebut. Jadi ya, dari manakah ide/asal usu nama Blink-182 ini?  Oke deh guys tanpa panjang lebar lagi, langsung simak nih pembahasannya.

Asal Usul Nama Blink-182

Untuk membahas asal usul nama Blink-182 ini dengan sangat detail nan mendalam. Tentunya kita harus memulainya dari awal-awal banget. Spesifiknya disini, nama paling awal banget ketika band ini terbentuk.

Melansir halaman Wikipedia band ini. Ketika band ini terbentuk pada tahun 1992. Trio yang kala itu terdiri dari: Tom DeLonge (gitar & vokal), Mark Hoppus (bas & vokal), dan Scott Raynor (drum), menggunakan 2 nama yaitu: Figure 8 dan Duck Tape.

Setelah menggunakan 2 nama tersebut beberapa waktu, pada akhirnya ketiganya memutuskan menggunakan nama Blink. Dan ya kala itu nama ini belum ada nomor 182-nya.

Penambahan Angka 182

Lalu bagaimana asal-usul penambahan angka tersebut pada bagian belakang nama band-nya ini? Well, melansir Grunge.com, hal ini karena pada saat band ini kala itu terbentuk. Sudah ada band lain yang terlebih dahulu menggunakan nama Blink.

Selected for you
Apa Makna Lagu Edging Milik Trio Blink-182? (NSFW)

Dan band Blink yang dimaksud adalah band beraliran rock alternatif asal Irlandia awal 90an. Salah satu hit mereka kala itu adalah lagu yang berjudul ‘It’s Not My Fault’ yang mana, kamu bisa dengarkan lagunya tersebut berikut ini.

Nah ketika band Blink Irlandia ini mengetahui kalau DeLonge cs menggunakan nama yang sama. Mereka pun melayangkan surat gugatan ke trio Pop-Punk asal Poway, California, A.S. tersebut.

Singkat kata, daripada nantinya menjadi pusing dan ribet sendiri. Akhirnya DeLonge cs menambahkan angka 182 setelah nama Blink-nya.

Makna 182

Nah setelah mengetahui asal usul nama Blink-182 tersebut. Sekarang, mari kita bahas makna dari angkanya ini. Darimana, mengapa, dan apa makna dari angka 182 ini?

Well, semenjak band ini mencuat dan populer. Banyak banget fan theory yang meyakinkan terkait makna angka ini. Namun dari seluruh fan theory yang ada. Yang paling populer adalah yang berkaitan dengan film drama kriminal top 80an, Scarface (1983).

Menurut teorinya. Karakter utama filmnya, Tony Montana (Al Pacino). Dalam filmnya ini mengucapkan kata umpatan F**K sebanyak 182 kali. Alhasil DeLonge cs yang ketika mengetahui fakta unik ini, lantas terinspirasi untuk menggunakannya sebagai nama belakang Blink-nya.

Angka Acak

Walau fan theory tersebut terlihat dan bahkan terasa meyakinkan. Kenyataannya bukanlah begitu asal-usul yang sesungguhnya.

Jadi seperti yang terlansir dari buku autobiografi resmi pertama band ini, Blink-182: Tales From Beneath Your Mom. Angka 182 TIDAK ADA makna tersembunyi apapun di dalamnya. Atau dengan kata lain, angka ini tercetus langsung begitu saja. WOW! Random tapi jadi ikonik, KEREN!

Selected for you
Reuni Dengan Tom DeLonge, Blink-182 Siap Tur Keliling Dunia Hingga Tahun 2024

Pengucapan 182

Nah selain fakta tersebut terdapat juga fakta lain dari angka 182 yang harus kita ketahui dan ingat banget. Spesifiknya, terkait pengucapan angkanya.

Gak memungkiri banyak dari kita yang mengucapkan angka 182 dari band ini. Kita seringkali mengucapkanya sebagai berikut: “One Eighty Two” atau “One Eight Two.”

Walau kedua pengucapan ini gak salah dan wajar. Faktanya, kita selama ini keliru banget guys. Alias memang bukan seperti itu untuk mengucapkan angka 182-nya. Lalu, bagaimana dong mengucapkannya? Nih langsung simak unggahan tweet berikut.

Ya seperti yang kamu lihat sendiri. Unggahan tweet tersebut diunggah langsung oleh DeLonge pada tanggal 20 November, 2018. Dan berdasarkan tweet tersebut, pengucapan resmi dari angka 182 band ini adalah Eighteen Two.

Walau DeLonge juga sadar dengan masih banyaknya kekeliruan ini. Namun pada saat yang sama ia memakluminya. Tapi ya kalau menurut gue sih kalaupun kalian masih nyaman dengan salah satu dari pengucapan yang keliru tersebut, ya silahkan saja. Seenak lidah kalian saja oke?

Oke deh guys. Itulah tadi seluruh pembahasan asal usul nama Blink-182 termasuk nomornya. Semoga pembahasannya bermanfaat.

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications