Daftar MusikMusik

Lagu Terkeren 2000an: Bangkitnya Musisi Wanita & Variasi Genre

12. Damien Rice – The Blower’s Daughter (2002)

Sama hal-nya dengan kasus “Falling Slowly”, pastinya banyak dari kita yang baru pertama kali mendengar lagu patah hati anak muda di dekade-nya ini, ketika lagunya dijadikan soundtrack film.

Spesifiknya, film yang dimaksud adalah drama romantis, Closer yang dirilis di tahun 2004. Dan kerennya, lagu ini emang cocok banget dengan filmnya.

Keseluruhan struktur musik dan warna vokal Damien yang fragile, gak dipungkiri sukses membuat kita langsung greget perih dan lirih sendiri ketika mendengar lirik demi liriknya.

11. Dido – Mary’s in India (2003)

https://www.youtube.com/watch?v=tcRTeoNDT1E

Bisa dikatakan dari semenjak kemunculan mainstream-nya di tahun 1999, vokalis bernama lengkap Dido Armstrong ini, adalah salah satu vokalis wanita yang paling underrated.

Pokoknya entah mengapa terlepas ia kerap merilis lagu-lagu yang asyik didengar, karir musiknya ya di situ-situ aja. Padahal seperti yang dibuktikan sendiri di lagu cinta segitiga adem ini, Dido tidak hanya vokalis yang keren, namun dirinya jugalah merupakan penulis lagu yang sangat cerdas.

10. Jet-Are You Gonna Be My Girl (2003)

Banyak yang bilang kalau musik lagu ber-genre garage rock ini, men-kopi hit penyanyi legendaris Iggy Pop, “Lust for Life” (1977).

Well, mau ngopi kek, nge-teh kek, kebetulan kek, yang jelas “Are You Gonna Be My Girl” ketika dirilis seakan menghembuskan kembali lagi sound old school Rock N’ Roll dengan twist bunyi Garage Rock yang tak disangka, kombinasinya, sukses membuat lagu ini terdengar keren dan gahar banget.

9. The Strokes – Last Nite (2001)

Nah ngomong-ngomong tentang Garage Rock, gak afdhal kayaknya kalau gak bahas grup yang bagi gue adalah grup garage rock yang paling keren nan gokil di dekade 2000, The Strokes.

Dan kekerenan-nya tentu dikarenakan kemampuan Julian Casablancas cs yang sangat jenius dalam menciptakan komposisi lagu-lagunya. Pokoknya setiap lagunya terdengar beda dan fresh banget walau di saat yang sama, tetap mempertahankan melodi berisik khas mereka itu.

Alhasil, memang susah banget untuk memilih lagu mana yang paling enak dari grup asal Manhattan, New York, AS ini. Tapi pada akhirnya sesuka-sukanya gue sama “12.51” yang super hit itu, adalah single kedua dari album perdana, Is this It (2001) inilah yang jauh lebih gokil.

Vokal Julian yang terdengar slengean namun tetap terasa emosional, hook intro yang terdengar sangat antemik, dan lirik yang fun, “Last Nite” gak dipungkiri adalah permata abadi yang paling dikenang dari grup yang sangat underrated ini.

8. Oasis – The Hindu Times (2002)

Memasuki awal 2000an, gak dipungkiri grup Gallagher bersaudra ini gak se-booming seperti ketika di dekade 90an dulu. Tapi untungnya, mereka masih sukses merilis lagu-lagu yang terdengar sangat badass.

Dan salah satunya adalah single jagoan dari album Heathen Chemistry (2002) ini. Dari intro awal hingga habis lagunya, “The hindu Times” merupakan komposisi upbeat yang intens dan bikin semangat banget.

Pokoknya pas dengerin, mood bakalan langsung naik lagi dan oh ya, bagi kamu yang hobi bermusik atau emang anak band, dijamin langsung “gatal” untuk cepat-cepat membawakan lagu ini di atas panggung.

7. The White Stripes – Icky Thump (2007)

“Seven Nation Army” (2003) emang lagu super hit milik Jak & Megan White. Dan emang lagu itu enak dan seru banget.

Tapi bagi gue, adalah “Icky Thump” yang jauh lebih keren. Kenapa? Ya kamu dneegr sendiri bukan? Di lagu ini, Jack & Megan sukses banget menunjukkan skill mereka secara pol-pol.

Tarikan vokal dan sayatan gitar Jack sama legitnya, dan gebukan drum Megan WOW! Intens dan gahar banget! Pokoknya lagu ini total banget deh!

1 2 3 4 5

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment