Lagu Terkeren 2000an: Bangkitnya Musisi Wanita & Variasi Genre

in ,
Lagu Terkeren Dekade 2000
Coldplay | Pinterest

Sebenarnya, musisi wanita sudah ada dari dekade baheula. Tapi se-penglihatan gue pribadi, adalah di dekade 2000, mereka mulai mendominasi industri musik dunia.

Hal ini terbukti dengan semakin banyak bermunculannya musisi-musisi wanita muda mumpuni di dekade-nya. Selain itu, di dekade ini jugalah kita melihat kian banyakanya variasi genre lagu mulai dari Nu-Metal, Hip Metal, Emo, dan pre-EDM.

Dengan fakta-fakta tersebut, maka gak heran jika di dekade milenium ketiga ini, lagu-lagu yang bermunculan pun juga banyak yang keren. Namun dari semuanya, berikut adalah 30 terkeren diantaranya.

30. Rihanna- If It’s Lovin’ That You Want (2005)

Sebenernya lagu ini adalah single kedua Riri di awal karirnya. Single pertamanya, adalah lagu super upbeat, “Pon De Replay” yang dirilis di tahun yang sama.

Dan lagu pertamanya tersebut juga enak banget. Tapi bagi gue pribadi, adalah single keduanya inilah yang jauh lebih keren. Terdengar adem, nyiur tapi tetap terasa nendang kombinasi R&B serta sound tradisionil etnik Barbados-nya.

Oh ya jangan lupa juga bahwa Riri di video ini masih sangat imut binti kayak boneka banget!

29. Uncle Kracker – Memphis Soul Song (2002)

Bagi kamu yang mungkin lupa-lupa. It’s ok kok. Karena Uncle Kracker namanya tidka besar-besar banget.

Tapi jangan salah! Di komunitas musik Country dan Country Rock, nama dia kala itu cukup ngetop. Dan bisa dikatakan adalah ketika ia merilis album keduanya, No Stranger to Shame di tahun 2002, sosoknya mulai bergaung.

JANGAN LEWATKAN •
Debut Album Coldplay ‘Parachutes’ Genap Berusia 20 Tahun

Dan gak heran. Karena seluruh algu di albumnya emang enak banget. Dan sejujurnya gue susah banget memilih lagu paling enaknya. Tapi pada akhirnya, gue memilih lagu yang dari pertama ngedengerin, langsung “klik” banget. Dan lagu itu ya “Memphis Soul Song” ini

Kenapa gue langsung klik? Well, lagu ini memiliki alunan balada country yang sangat nga-demin banget dan dijamin, bakalan bikin kita ingin ikutan untuk nyanyiin lagunya juga deh. Gak percaya? Dengerin deh!

28. Avril Lavigne – Mobile (2002)

Gue heran banget bahkan sampai sekarang di tahun 2020 ini. Kenapa ya lagu ini kala itu gak booming banget? “Complicated” dan “Sk8er Boi” emang keren dan pas dijadiin dua single jagoan album perdana si cantik dari Kanada ini, Let Go (2002).

Tapi jangan salah guys! “Mobile” juga enak banget. Jarena lagunya mengusung sound Rock-Alternatif yang 2000an banget. Selain itu, tema lagu ini juga dalem banget. “Mobile” pokoknya bener-bener underrated deh!

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren 1990-an: Dominasi Grunge dan Rap

27. Mayday Parade – Miserable at Best (2007)

Ayo pernah denger gak lagu ini? Kalau kamu pernah denger, bagus deh, keren. Karena lagu milik band asal Tallahassee, Florida, AS ini, emang gak banyak yang tau kala itu.

Maklumlah, nama Mayday Parade memang masih kalah tenar kala itu. Bahkan sama Simple Plan aja masih kalah banget mereka ini. Tapi tetep aja, lagu patah hati yang terdapat di album perdana, A Lesson in Romantics (2007) ini, nendang banget.

Berirama balada romantis, “Miserable at Best” dijamin bakal membuat kita emosional sendiri terlebih, apabila memang kita juga baru saja mengalami patah hati.

26. James Blunt – Carry You Home (2008)

Lagu-lagu di album perdana mantan angkatan bersenjata Inggris ini, Back to Bedlam (2004) emang keren-keren. “High”, “Goodbye My Lover”, dan tentunya “You’re Beautiful”, tak dipungkiri adalah lagu-lagu keren yang berasal dari album tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren 2010an: Dekade Futuristik Retrospektif

Walau demikian, lagu-lagu di album keduanya, All the Lost Souls (2007), sayangnya gak sekeren album perdananya. Akan tetapi, terdapat 1 lagu keren nan menggugah dari albumnya. Ya “Carry You Home” ini lagunya.

Mengisahkan perjuangan sekaligus tragedi yang dialami seorang tentara / prajurit pembela negaranya, “Carry You Home”, gak dipungkiri merupakan nomor yang sangat patriotik nan antemik.

25. Red Hot Chili Peppers – Cabron (2002)

Jujur banget, gue masih bingung sebingung-bingungnya kenapa lagu upbeat ala Flamenco ini, gak dijadiin lagu jagoan juga dari album By the Way kala itu?

Pasalnya, lagu ini emang asyik, hepi, easy listening, pokoknya radio-friendly banget deh. Pokoknya di “Cabron” ini kerasa banget kalau Anthony Kiddies cs kayak sedang lagi having fun dan messing around sana-sini aja. Coba deh dengerin guys. Pasti bakalan suka banget!