Daftar MusikMusik

Lagu Terkeren 2000an: Bangkitnya Musisi Wanita & Variasi Genre

6. KT Tunstall – Black Horse & the Cherry Tree (2005)

Nah ini, satu lagi vokalis wanita dekade 2000an yang super duper underrated. Gue heran kenapa ya? Padahal KT Tunstall itu true musician banget.

Gak hanya warna vokalnya yang khas dan jago banget nge-gitar nya, Tunstall juga jago banget menggunakan teknik looping nya. Walau sekarang makin banyak musisi yang jago looping, tetep aja Tunstall yang mempopulerkannya pertama kali.

Dan teknik jago looping-nya itu bisa kamu denger dari lagunya ini. Pokoknya “Big Black Horse & Cherry Tree”, merupakan contoh esensial dari lagu berteknik mumpuni namun di saat yang sama, tetap terdengar asyik banget.

5. Amy Winehouse-Back to Black (2007)

Gue bakalresign dari kerjaan gue sekarang juga sebagai penulis di Dafunda dan juga menghapus klaim gue sebagai pecinta musik / vokalis, kalau gue sampe nekad gak nyertain si biduanita Inggris keren ini di daftar ini.

Oke mungkin terlihat berlebihan. Tapi kenyataannya Amy Winehouse memanglah sosok vikalis wanita terkeren di dekade ini. Bahkan Adele saja, ngaca ke dia loh! Dan gak heran, Amy memanglah sosok yang super “langka” di industri musik.

Dengan warna suara dan style-nya yang super retro, Winehouse seakan kembali mengajak kita ke musik era 50-60an Motown yag super legendaris itu. Dan sekali lagi kerennya, ia cocok banget dengan gaya / karakteristik bermusiknya tersebut.

Walau “Rehab” (2006) emang enak, tapi tetep aja adalah “Back to Black” yang tidak hanya suskes menampilkan kekekeranan vokal Winehouse yang retroik gokil itu, namun juga kerapuhan emosional yang dimiliknya. Lirih, miris, tapi tetap keren.

4. Adele – Chasing Pavements (2008)

Bagi kamu yang mungkin cuma tahu atau suka “Someone Like You”, “Hello”, “Rolling in the Deep”, atau “All i Ask”, waduh buru deh upgrade selera Adele-mu dengan mendengar lagu ini beserta lagu lain dirinya yang terdapat di album perdananya, 19 (2008).

Karena bagi gue dan rata-rata fans musik, justru adalah di album perdananya inilah, Adele masih sangat keren, kreatif, dan independen banget dengan musiknya. Alhasil, lagu-lagu yang dibuatnya pun masih terdengar jauh lebih edgy dan classy banget.

Walau di dekade ini ia juga merilis cover hit legendaris milik Bob Dylan, “Make You Feel My Love” yang emang merupakan salah satu cover lagu terenak sepanjang masa, pada akhirnya, tetaplah “Chasing Pavements” yang jauh lebih terasa gamblang nan blak-blak dalam menampilkan sosok Adele yang sesungguhnya.

3. John Mayer-Waiting on the World to Change (2006)

Dekade 2000an juga dikenal sebagai dekade dimana kita diperkenalkan dengan sosok vokalis yang juga “dewa” gitar moderen asal Fairfield, Commeticut, AS ini.

Hampir seluruh rilisan lagunya enak dan hit banget. “Your Body is a Wonderland”, “No Such Thing”, dan lainnya, gak dipungkiri menjadi soundtrack kita ketika SMP atau SMA dulu.

Namun bagi gue, adalah ketika merilis “Waiting on the World to Change” inilah yang kian membuka sekaligus meyakinkan diri kita yang naif ini bahwasanya, Mayer memanglah sosok musisi yang hebat banget.

2. Duffy – Syrup & Honey (2008)

Ketika lagu debutnya, “Mercy” (2008) dirilis, gue udah punya feeling kurang enak. Gue udah feeling bahwa penyanyi asal Wales ini bakalan jadi one-hit wonder dengan lagu tersebut.

Dan faktanya feeling tersebut bener banget. Walau Duffy juga memiliki hit lain seperti “Well, Well, Well” (2010), tetep aja adalah “Mercy” yang selalu diingat banyak orang. Tentunya hal ini sayang banget. Soalnya lagu-lagu Duffy lainnya (baca: yang ada di albumnya) juga gak kalah mantapnya.

Dan “Syrup & Honey” adalah bukti nyata dari pernyataan tersebut. Kalau aja kala itu lagu ini juga dipromosi-in sebagai single, gue jamin banget, lagu ini bakal booming abis.

Karena tidak seperti di lagu lain, dengan konsep akutsik stripped-down nya, “Syrup & Honey”, sukses menampilkan vokal Duffy yang sangat clear, emosional, dan super powerful. Mendengarnya, dijamin akan membuat kita ternganga-nganga sendiri deh!

1. Coldplay – Yellow (2000)

Yap, dan yap. Lagu mana lagi yang paling the best di dekade ini kalau bukan hit perdana grup Rock Alternatif asal Inggris ini?

Komposisi musik yang disuguhkan Chris Martin cs benar-benar langsung memikat kedua telinga sekaligus, memberikan statement kalau mereka memang serius untuk menjadi rockstar baru di industri musik.

Dan yap, bisa dikatakan misi terlaksana dengan sangat baik. Terbukti, Coldplay kini sukses menjadi salah satu band terbesar yang pernah ada. Nah dari 30 lagu ini, yang manakah yang menurutmu, adalah lagu terkeren di dekade 2000-nya?

1 2 3 4 5

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment