Daftar MusikMusik

Lagu Terkeren 2000an: Bangkitnya Musisi Wanita & Variasi Genre

24. U2 – Sometimes You Can’t Make it on Your Own (2004)

https://www.youtube.com/watch?v=y5ptE0vL3SE

Selain Queen dan The Beatles, gue juga fans berat U2. Dan emang gak adil untuk nentuin lagu terkeren mereka di dekade 2000. Karena sama seperti di 2 dekade sebelumnya (80an dan 90an), lagu-lagu Bono cs di dekade ini enak semua.

Tapi kalau mau dipilih lagi dan yang juga merupakan favorit gue, adalah lagu yang diambil dari album ke-11 mereka, How to Dismantle an Atomic Bomb (2004) ini.

Selain liriknya yang mengisahkan hubungan naik-turun Bono dengan almarhum ayahnya, Bob Hewson, komposisi musik lagunya, juga sangat mengkoyak-koyak tensi emosi yang dirasakan terlebih, bagai kita-kita yang emang seperti Bono, memiliki hubungan yang kurang klop dengan sang ayah tercinta.

23. Saybia – The Second You Sleep (2002)

WOW! Dari semua lagu one-hit wonder yang dirilsi di dekade ini, gak dipungkiri lagu milik band asal Denmark inilah yang masih terngiang di kedua telinga dan benak kita hingga detik ini.

Dan gak heran. Nomor slow rock ini memang terdengar sangat catchy alias mudah diingat. Silahkan tanya ke kakak kalian, apakah masih ingat dengan lagu ini, jawabannya pasti masih banget!

22. Matchbox Twenty – If You’re Gone (2000)

Memasuki dekade 2000, terus terang kala itu banyak orang termasuk gue, yang ngeri kalau grup gawangan Rob Thomas ini gak akan sesukses ketika di dekade 90an.

Well, sayangnya ketakutan gue itu memang cuma paranoid gak jelas aja. Karena kebukti, malah justru di dekade inilah, Thomas cs menuai kesuksesan besarnya. Dan salah satu faktornya ya adalah lagu balada keren ini.

Dalam, romantis, dan cukup intens, membuat kita-kita yang kala itu sedang ditinggal pergi pacar, langsung ingin dia untuk cepetan balik lagi ke dekap pelukan hangat kita.

21. Florence+The Machine-Kiss With a Fist (2009)

Jauh sebelum “Shake it Out”, “Spectrum”, dan tentunya “Hunger”, adalah lagu-lagu di album perdana, Lungs (2009) yang sukses membuat kita semua aware banget dengan salah satu sosok vokalis wanita terbaik di era moderen ini.

“Dog Days Are Over” memang single jagoan albumnya dan emang enak banget. Tpai bagi gue pribadi, adalah “Kiss With a Fist” yang jagoan banget. Kenapa? Karena lagu ini bisa dikatakan adalah lagu marah-marah yang sangat elegan tapi tetap mentah dan gahar banget ketika didengar.

20. Katy Perry – Ur So Gay (2007)

Gue fans Katy Perry dan suka semua lagunya. Tapi kalau boleh jujur, dari semua lagu Katy dan juga, yang bisa dikatakan sebagai salah satu lagu terkeren di dekade 2000, adalah lagu yang kerap disalahartikan sebagai pengagungan atau pencacian terhadap kaum homofobia ini.

Baca liriknya baik-baik, maka kamu akan mengerti kalau lagu ini justru hanyalah sekedar ejekan Perry terhadap sahabat pria-nya yang meteroseksual.

Tapi mau bagaimanapun kamu mengartikannya, yang jelas, “Ur So Gay” adalah komposisi lagu Perry yang masih terdengar super polos (stripped down) yang sukses memberikan syok kebudayaan yang sangat signifikan hingga detik ini.

19. Lady Gaga – Poker Face (2008)

“Just Dance” (2008) memang single jagoan dari album The Fame (2008). Tapi adalah lagu keduanya inilah yang benar-benar mencuri perhatian gue dan pendengar lain kala itu.

Selain memiliki hook yang catchy, lirik lagunya penuh ambiguitas seksual yang sangat tinggi, membuat “Poker Face”, menjadi lagu yang snagat adiktif. Dan sejujurnya aja nih ya, bagi gue pribadi, Lady Gaga yang sesungguhnya, ya adalah seluruh karya musik EDM, Disko, Synth-Wave yang ada di album perdananya tersebut.

1 2 3 4 5

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment