Daftar MusikMusik

7 Lagu The Beatles Yang Judulnya Menggunakan Nama Binatang

Dari sekian banyak judul lagu The Beatles yang ada. Berikut, adalah 7 lagu The Beatles yang menggunakan nama binatang.

Dari sekian banyak judul lagu The Beatles yang ada, berikut adalah 7 lagu The Beatles yang menggunakan nama binatang.

Kalau kamu nyadar nih, faktanya lumayan banyak lagu-lagu The Beatles yang judulnya menggunakan nama binatang. Entah memang John Lennon cs adalah legit penyayang bintang atau kebetulan semata. Yang jelas hal ini memberikan keunikan tersendiri terhadap band legendaris ini.

Dan faktanya juga hampir 90% lagu yang menggunakan judul binatangnya ini memanglah enak-enak. Akan tetapi dari kesemuanya, berikut adalah 7 yang menurut gue paling enak dan gokil.

1. Blackbird (1968)

Lagu The Beatles yang judulnya menggunakan nama binatang yang pertama adalah ‘Blackbird.’ Dan gue rasa rata-rata dari kalian tahu sih dengan lagunya ini. Karena lagunya ini merupakan salah satu lagu The Beatles yang paling mainstream. Selain itu lagunya juga memiliki alunan yang sangat akustik mellow yang syahdu.  

Lirik Blackbird pada dasarnya merupakan kritikan sekaligus kepedulian penyanyi dan pencipta lagunya, Paul McCartney, terhadap konflik rasis kulit hitam dan kulit putih pada dekade 1960an.

Blackbird yang artinya adalah Burung berwarna hitam di lagu ini memiliki konotasi/metafor tersendiri. Spesifiknya Blackbird dalam lagu ini mengacu pada sebutan bagi wanita berkulit hitam. Alias yap, wanita dalam lagu ini dimetaforakan sebagai seekor burung.

Spesifiknya lagi nih, jadi dalam salah satu liriknya. Kita melihat lirik yang kalau kita terjemahkan seperti ini: “Burung hitam, kau kini hanya tinggal menunggu waktu saja untuk akhirnya bisa bebas dan terbang lagi.” Ya intinya ini adalah akumulasi dari pemaknaan liriknya.

Nah pemaknaan tersebut merupakan metafor terhadap seluruh wanita kulit hitam saat itu yang menjadi korban tindakan rasial. Dan terlepas mereka kini sedang menjadi korban tindakan yang tidak menyenangkan tersebut. Melalui lagu ini McCartney seakan ingin menyemangati mereka untuk bisa bersabar banget.

Karena ia yakin bahwa pada akhirnya mereka semua akan terlepas dari penderitaannya tersebut. Yap, gokil dan berat sekali bukan kandungan lagunya ini?

2. I Am the Walrus (1967)

Lagu The Beatles yang judulnya menggunakan nama binatang selanjutnya adalah ‘I Am the Walrus.’ Sama halnya seperti ‘Blackbird,’ lagu ini juga mainstream banget. Pasalnya, sudah banyak juga rekan musisi lain yang men-cover lagu ini. Salah satu cover lagu ini yang mungkin banyak dari kalian sudah dengar adalah yang berasal dari Oasis pada tahun 1994.

Nah ketika kalian mendengar lagunya, mungkin banyak dari kalian yang bingung. Mau itu bingung dengan lirik atau dengan pemilihan Walrus alias anjing  laut pada judul lagunya.

Well apabila kalian memang merasa demikian, kalian gak perlu merasa bagaimana kok guys. Karena seperti yang terlansir dari Songfacts, lagu ini memang John Lennon tulis sebagai lagu yang gak ada maknanya alias nonsense.

Makanya sekali lagi kalau kamu perhatikan antara lirik satu dengan lirik lain, semuanya memang terlihat seperti “gak maksud” gitu. Walau demikian, untungnya inspirasi pemilihan anjing laut sebagai binatangnya diketahui dengan jelas.

Jadi ide Lennon memilih Walrus adalah berasal dari puisi The Walrus and The Carpenter. Puisi ini sendiri berasal dari novel karya Lewis Caroll, Through the Looking Glass (1871). Alias sekuel dari novel hit, Alice in Wonderland (1865).

3. Piggies (1968)

Salah satu lagu yang kini sedang gue sukain banget. ‘Piggies’ merupakan karya dan juga dinyanyikan oleh sang gitaris/vokalis, George Harrison. Diantara seluruh lagu The Beatles yang judulnya menggunakan nama binatang ini. Mungkin hanya ini dan ‘Blackbird’ yang menyertakan rekaman suara binatang yang menjadi fokus judul lagunya.

‘Piggies’ pada dasarnya merupakan sebuah satir/kritik Harrison terhadap keserakahan dari golongan elit. Dan juga, merupakan metafora terhadap sifat konsumerime.

Nah tapi gilanya, pembunuh berantai legendaris, Charles Manson, malah memaknakan liriknya dengan sangat sadis. Seperti lirik, “Damn good whacking” ia interpretasikan sebagai literally, pemukulan terhadap Polisi Amerika Serikat.

Harrison ketika mengetahui hal ini, tentunya seperti kita-kita, juga merasa ngeri nan merinding banget. Well, mau bagaimana juga ya guys? Namanya juga isi pikiran seorang pembunuh.

4. Dig a Pony (1970)

Sama hal-nya seperti ‘I Am the Walrus.’ ‘Dig a Pony’ pada dasarnya adalah lagu yang liriknya nonsense. Lennon pencipta lagunya bahkan mengatakan kalau lagu ini “lagu sampah.”

Well, kalaupun sampah, ini adalah sampah yang wangi banget. Soalnya lagu ini keren banget. Komposisi blues rock lagu ini benar-benar mantap banget. Mau kita ikut nyanyikan atau sekedar kita dengar saja, lagunya benar-benar asyik banget.

Nah karena merupakan lagu yang nonsense, maka gak heran jika asal-usul pemilihan kuda poni sebagai hewannya pun juga gak begitu jelas. Tapi ya mau bagaimanapun itu, yang penting sekali lagi lagunya enak banget bukan?

5. Octopus’s Garden (1969)

Lagu The Beatles yang judulnya menggunakan nama binatang selanjutnya adalah lagu bernada/ber-vibe riang ini. Diciptakan dan dinyanyikan oleh sang drumer, Ringo Starr. ‘Octopus’s Garden’ terdapat dalam album ke-11 The Beatles, Abbey Road (1969).

Melansir UltimateClassicRock, lagu ini terinspirasi dari percakapan antara Starr dan Kapten dari kapal yacht yang ia tumpangi. Spesifiknya keduanya ngomongin kumpulan gurita yang berada di bawah laut.

Nah seketika melakukan obrolan ini, iapun lantas memadukannya dengan sikon dirinya yang sedang stres banget dengan keadaan The Beatles yang sudah mulai gak kompak lagi.

Alhasil, berdasarkan kumulatif dari sikon yang ia alami tersebut. Ringo melalui lirik ini ingin mengatakan kalau ia  lebih ingin  tinggal dalam bawah laut bersama seluruh gurita dan mahluk lainnya. Karena setidaknya di dalam situ, ia bisa jauh lebih tenang dan senang.

6. Rocky Raccoon (1968)

Seperti yang terlansir dari Songfacts. Pada dasarnya lagu ini terinspirasi dari film atau gaya hidup para koboi. Makanya kalau kita dengar tone dan vibe lagunya serasa seperti demikian.

Bahkan liriknya pun juga terinspirasi dari hal tersebut. Spesifiknya, lirik lagu ini pada dasarnya mengisahkan cinta segitiga antara seorang wanita dengan dua koboi bernama Dan dan Rocky.

Nah agar bisa menyelesaikan konflik dan menentukan siapa diantara keduanya yang layak untuk menjadi pasangan sang wanita. Keduanya pun menyelesaikannya dengan duel pistol layaknya seperti yang dilakukan oleh koboi-koboi zaman dulu.

Hasil dari duel tersebut dimenangkan oleh Dan yang “sukses” melukai Rocky terlebih dahulu. “Loh kalau keduanya adalah orang, kenapa judulnya menggunakan hewan rakun”

Jadi awalnya nih, lagu ini akan diberi judul ‘Rocky Sassoon’ namun pada akhirnya McCartney mengubah Sassoon menjadi Raccoon. Alasannya, karena Rocky Raccoon terdengar jauh lebih koboi daripada Rocky Sassoon.

7. Hey Bulldog (1969)

Lagu ini mungkin adalah salah satu lagu The Beatles yang memiliki komposisi musik yang seru banget. Saking serunya, lagu ini bisa banget untuk menjadi soundtrack film action atau superhero. Makanya, gak heran jika gue sertakan ke dalam daftarnya ini. Anyway, lalu mengapa lagu ini menggunakan anjing jenis Bulldog pada judulnya?

Jadi masih melansir UltimateClassicRock, Awalnya sh lagu ini ingin mereka beri judul ‘Hey Bullfrog.’ Namun ketika sedang rekaman lagunya, entah mengapa McCartney selalu menggonggong seperti anjing.

Nah gara-gara ini, Lennon pun menjadi tertawa terbahak-bahak. Singkat kata gara-gara tingkah McCartney tersebut, akhirnya ‘Hey Bullfrog’ pun berubah menjadi ‘Hey Bulldog.’ 

Oke guys itulah tadi pembahasannya. Dari 7 lagu The Beatles yang judulnya menggunakan nama binatang ini, lagu manakah yang kamu sukai?

Related Posts

Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks