MusikBerita Musik

Lirik Lagu Hymne Guru, Lagu Penghargaan Bagi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Inilah lirik lagu ‘Hymne Guru.’ Lagu yang diciptakan dan dinyanyikan untuk memberikan penghargaan bagi sang pahlawan tanpa tanda jasa.

Hingga detik ini, bisa kita katakan seluruh anak-anak sekolahan masih melakukan rutinitas upacara bendera. Mau itu yang dilakukan setiap hari Senin, maupun juga pada hari-hari perayaan nasional.

Nah dalam upacara-upacaranya tersebut. Pastinya salah satu aktivitas yang kerap dilakukan adalah menyanyikan lagu-lagu wajib atau hymne. Nah dari beberapa lagu yang kerap dinyanyikan tersebut, salah satu yang sering dinyanyikan adalah ‘Hymne Guru.’

Hari Guru Nasional

‘Hymne Guru’ sesuai judulnya, adalah sebuah hymne yang ditujukan untuk menekankan peran seorang guru yang sangat penting. Tanpa adanya guru, sangat mustahil bagi kita untuk mengetahui ilmu-ilmu pengetahuan yang ada di muka bumi ini.

Nah berdasarkan pernyataan tersebut, maka gak heran sekali lagi jika lagu ini kerap kita nyanyikan di setiap sesi upacara bendera. Terlebih jika upacaranya adalah upacara untuk memperingati Hari Guru Nasional. Yang mana, hari peringatan ini kita peringati pada seriap tanggal 25 November setiap tahunnya.

Sartono

lirik lagu hymne guru
Sartono, Pencipta Hymne Guru | KalderaNews.com

Yang menciptakan lagunya seperti yang terlansir dari Gramedia Blog adalah pria kelahiran Madiun yang juga adalah seorang guru pendidikan musik, Sartono.

Sartono seperti yang terlansir dari sumber. Kala itu menciptakan rangkaian nada-nada lagunya hanya dengan bersiul. Hal ini karena pada zamannya (sekitar tahun 1978), ia memiliki keterbatasan akses terhadap  instrumen musik.

Alhasil sekali lagi, iapun menciptakannya hanya dengan menyiulkan (whistling) nada-nadanya saja. Lalu setelahnya ia akan mengubah nada-nada siulannya tersebut menjadi not-not balok yang ia tulis lagi di atas kertas. GOKIL!

Nah kini untuk mengapresiasi kegokilan Sartono tersebut dan juga seluruh guru-guru yang telah mendidik kita. Yuk mari sekarang kita nyanyikan lagi lagunya melalui lirik lagu ‘Hymne Guru’ berikut ini.

Lirik Lagu Hymne Guru

Terpujilah
Wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup
Dalam sanubariku

Semua baktimu akan kuukir
Didalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Terpujilah wahai ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir didalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku

Tuk pengabdianmu
Engkau bagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment