Penjelasan Kenapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Baju

in , ,
Alasan Kenapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Pakaian
Alasan Kenapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Pakaian

Dalam dunia anime, banyak karakter yang mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Selain itu, tidak sedikit tokoh anime yang mempunyai penampilan atau baju seperti itu-itu saja. Nah kali ini Dafunda Otaku akan memberikan penjelasan, kenapa karakter anime tidak ganti pakaian.

Penjelasan Kenapa Tokoh Anime Tidak Pernah Ganti Pakaian

Namun sebelum masuk kedalam pembahasan, saya ingin memberitahu bahwa semua penjelasan ini menurut pendapat pribadi. Ok tanpa basa-basi mari kita simak pembahasannya bersama-sama.

1. Ciri Khas

Karakter Anime Tidak Ganti Pakaian Ciri Khas
Ciri Khas|©Masashi Kishimoto, Studio Pierrot

Pertama adalah ciri khas karakter tersebut. Nah seperti yang kita ketahui ciri khas merupakan daya tarik tersendiri. Pastinya setiap karakter mempunyai ciri khas tersendiri dong.

Contohnya seperti Naruto, semenjak masuk akademi ninja sampai berlatih dengan Jiraya. Pakaian yang ia gunakan hanya itu saja. Nah karena hal itu, orang awam soal anime pun bisa tau kalau ciri khas Naruto salah satunya adalah jaketnya.

2. Memudahkan Pengarang Dalam Menggambar

Memudahkan Pengarang Dalam Menggambar
Memudahkan Pengarang Dalam Menggambar|©Tsugumi Ohba, Takeshi Obata

Selain sebagai ciri khas atau ikonik setiap karakter, ternyata alasan kenapa tokoh anime pakaiannya selalu sama, karena agar si pengarang mudah dalam menggambar karakternya.

Coba kalian bayangkan kalau bekerja sebagai Animator, lalu setiap episodenya, karakter yang kalian gambar harus memakai pakaian yang berbeda. Pastinya itu akan membuat si pengarang kesulitan karena harus mencari ide baru.

3. Hemat Waktu

Karakter Anime Tidak Ganti Pakaian Hemat Waktu
Hemat Waktu|©Natsuki Takaya, Studio Deen

Selain memudahkan dalam menggambar, saya rasa hal tersebut juga untuk menghemat waktu. Seperti yang kita ketahui, untuk membuat 1 episode saja jelas membutuhkan waktu yang cukup lama.

Coba kalian bayangkan kalau setiap episodenya harus memakai pakaian yang berbeda. Tentu saja itu akan memakan waktu yang lebih banyak, selain mencari ide, pengerjannya pun membutuhkan waktu yang lama juga.

4. Menghemat Biaya

Karakter Anime Tidak Ganti Pakaian Menghemat Biyaya
Menghemat Biyaya|©Satoshi Wagahara, White Fox

Nah alasan yang selanjutnya adalah menghemat biaya. Untuk membuat satu proyek animasi, tentunya membutuh modal yang sangat banyak, agar hasilnya maksimal.

Kalau ingin setiap episode atau adegan, karakternya memakai pakaian yang berbeda. Tentunya pihak studio harus mengeluarkan modal yang lebih untuk menyewa animator agar hasil animasinya tetap maksimal.

5. Karakter Cuman Mempunyai Satu Jenis Pakaian

Mempunyai Satu Jenis Pakaian
Mempunyai Satu Jenis Pakaian|©Negi Haruba, Tezuka Productions, Bibury Animation Studio

Selain kendala dalam waktu, biaya dan ide. Apa jadinya kalau memang dalam anime tersebut, si karakter hanya memiliki satu jenis pakaian saja? Hal ini terungkap dalam serial Naruto dan Dragon Ball, yang dimana Naruto dan Goku cuman mempunyai 1 jenis pakaian saja.

Selain itu, dalam anime school biasanya tiap karakter meskipun sedang bermain pasti akan memakai seragam sekolahnya. Nah menurut pendapat pribadi ku, alasan kenapa itu terjadi, agar si tokoh tidak membuang waktu untuk pulang ke rumah dulu untuk mengganti pakaian.


Demikianlah alasan kenapa karakter anime tidak ganti pakaian, menurut pendapat pribadi. Nah setelah membaca alasanya, kira-kira kalian setuju? Atau kalian mempunyai pendapat sendiri untuk masalah ini? komen di bawah ya.