5 Add-Ons Mozilla Firefox Yang Sangat Berguna Bagi Kita

in , ,
Add-Ons Mozilla Firefox
Ini dia Add-Ons yang penting banget | Syntax Byte

Salah satu alasan kenapa gue dan (mungkin) beberapa dari kalian masih menggunakan Mozilla Firefox sebagai web browser adalah ragam dan kemudahan install add-ons nya.

Add-ons merupakan fitur ekstensi tambahan yang memiliki banyak kegunaan menguntungkan atau bahkan penting bagi sebuah web browser. Intinya memberikan user experience yang kian mentereng ketika kita berinternet ria.

Nah untuk Mozilla Firefox sendiri seperti yang telah gue katakan, ada banyak banget add-ons nya. Namun dari semua gak memungkiri hanya beberapa saja yang kita anggap sangat berguna atau penting bagi kita.

Dan ya gue tahu bahwa masing-masing dari kita memiliki preferensi atau kepentingan yang beda-beda. Namun berikut adalah 5 add-ons Mozilla Firefox yang gue anggap sangat penting dan wajib di-install apabila kita memang pengguna Firefox.

1. uBlock Origin

Add-ons Mozilla Firefox
Ublock Origin | Apple Gazette

Add-ons Mozilla Firefox yang sangat berguna bagi kita yang pertama adalah uBlock Origin. Mungkin beberapa dari kamu sudah memasang namun, bagi kamu yang belum buru pasang deh.

Esensinya uBlock Origin seperti add-ons yang bernama AdBlock Plus. Fungsinya untuk memblokir iklan-iklan yang berseliweran di situs yang kita buka.

Tapi bedanya dengan AdBlock Plus, uBlock Origin jauh lebih enteng sehingga tidak membuat PC agak lemot (gak makan banyak RAM). Keentengan ini karena uBlock juga memblokir iklan dan juga third-party tracking. Intinya memang mem-blok semua.

Sedangkan AdBlock Plus masih “mengizinkan” beberapa pihak ketiga (terutama sponsor mereka) untuk tetap menyala di situs yang sedang kita buka. Gak hanya hal ini memberatkan kerja RAM, juga pihak ketiganya bisa mengakses data privasi kita.

2. DuckDuckGo Privacy Essentials

Duckduckgo For Safari 3
Mr Pyrometer

Seperti yang pernah gue bilang dalam artikel 4 Search Engine yang jauh lebih keren dari Google, situs pencarian DuckDuckGo sangat gue rekomendasiin apabila ingin mencari situs atau gambar.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian di Youtube Tanpa Aplikasi Tambahan

Hal ini karena situs tersebut sangat menjamin privasi dari situs atau gambar yang kita cari. Alias gak seperti Google yang menyimpan riwayat pencaharian kita yang nantinya berpotensi dibocorkan atau dijual belikan.

Nah ternyata DuckDuckGo tidak berhenti disitu saja. Mereka juga merilis add-ons ini untuk Mozilla Firefox.  Add-Ons ini gak hanya bisa memblok tracker yang terdapat dalam situs yang kita buka, namun juga memberikan data peringkat keamanan situsnya.

Ambil contoh saja Facebook. Nah ketika tulisan ini gue buat, status peringkat keamanan halaman Facebook gue adalah C+ dengan 1 tracker yang berhasil mereka blokir. Namun tertulis juga kalau penerapan keamanan FB sangat buruk.

Untitled Copy
Lihat yang diberi tanda!

Nah situs kesayangan kita Dafunda menurut keterangan add-ons ini memiliki peringkat B+ atau dengan kata lain tingkat keamanan sekaligus privasinya jauh lebih baik daripada Facebook.

JANGAN LEWATKAN •
China Keluarkan Aturan Baru Soal Sensor Internet

Intinya add-on ini memang berguna untuk menghindari kita dari potensi situs-situs yang bisa membahayakan PC dan juga data kita sendiri.

3. Wikiwand

Wikiwand
Wikipedia

Kita semua pasti langganan membaca-baca artikel-artikel yang terdapat di situs ensiklopedia sejuta umat Wikipedia bukan? Dan gak heran. Karena situs ini bisa memberitahukan hal spesifik dari suatu topik yang belum kita ketahui.

Tapi terlepas kita hobi membacanya, gak memungkiri tampilan Wikipedia ya “polos” seperti yang kamu lihat itu saja bukan? Tentunya kita sering mengkhayal untuk bisa mempercantik atau mengkerenkan tampilannya bukan?

Well, gak usah mengkhayal lagi. Karena kamu bisa melakukannya dengan add-ons WikiWand ini. Tinggal install add-ons nya lalu setelah itu buka halaman Wikipedia yang ingin kamu baca. JRENG! Berubah bukan?

Kini tampilan sebelah kirinya merupakan daftar bab dari artikelnya. Jadi apabila kamu hanya ingin membaca satu bab spesifiknya, kamu bisa tinggal langsung klik bab tau sub-bab nya.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mengubah Kuota Videomax Telkomsel Menjadi Kuota Flash Cukup Mudah

Misalkan kamu membuka artikel Wikipedia grup Rock legendaris Queen. Nah kamu sebenarnya hanya ingin membaca bab ketika mereka melakukan konser legendaris Live Aid tahun 1985.

Add-Ons Mozilla Firefox
Wikipedia

Nah kamu tinggal klik saja bab bertuliskan: 1985-1988: Live Aid and Tours. Lalu kalau kamu mau baca lagi awal karir mereka ya kamu tinggal klik bab yang tahun 1970an mereka. Fitur keren ini tak ayal menghindarkan kita dari cape-cape melakukan scroll bolak balik artikelnya yang sangat melelahkan.

Selain itu melalui WikiWand ini kamu bisa menggelapkan (dark mode) halaman artikel, mengatur font, sharing artikel ke media sosial, bahkan men-justify tulisan artikelnya. GOKIL gak tuh? Makin betah deh kita baca-baca Wiki-nya he..he.

4. Anonymox

Unnamed
chrome.google

Mungkin beberapa dari kamu sudah menggunakan add-ons ini. Anonymox adalah adds-on VPN yang menurut gue (dan beberapa) paling keren banget. Karena gampang banget menggunakannya.

JANGAN LEWATKAN •
Apa Pengaruh 5G Terhadap 4G di Masa Depan?

Kamu tinggal aktifkan pilih bendera negara server yang ingin kamu gunakan, dan cus deh langsung bebas ria kita mengakses situs-situs yang kena blokir itu. Tapi kamu musti ingat kalau versi gratisnya juga memiliki limit.

Spesifiknya apabila Anonymox sudah mencapai kuota 100 MB, kecepatan Anonymox akan berkurang hingga 12 jam mendatang. Nanti kalau sudah lewat 12 jam, ya normal lagi seperti biasa. Tapi jujur sih ini gak terlalu ngaruh kok.

Cuma memang gak enaknya kalau pakai yang free, opsi server nya cuma 3 negara: Amerika Serikat, Inggris, dan Belanda. Kalau kita ingin menggunakan negara lain ya harus beli yang full version.

Tapi yeah, tetap sih gak terlalu ngaruh juga. Yang penting sih kamu jangan terus-terusan aja memakai Anonymox-nya. Seperlunya aja oke?

5. IDM Integration Module

492738664
digitalchatter

Walau 4 Add-ons Mozilla Firefox sebelumnya berguna dan asyik, tetap saja mereka masih kalah penting dan WAJIB dengan add-ons ini.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mempercepat Internet dengan Hack DNS

IDM Integration Moduel adalah add-ons yang sangat berguna bagi kita yang sering mengunduh (download) video, lagu, atau apapun menggunakan software download sejuata umat, Internet Download Manager (IDM).

Tapi ya pada dasarnya add-ons ini udah satu paket. Jadi kalau kita baru install IDM (yang full version tentunya), nanti add-ons ini akan otomatis masuk ke dalam daftar extensions. Kalau statusnya masih off, ya nyalakan.

Kalau kamu gak nyalakan walau IDM yang kamu install sudah full version, ya kamu tetap gak akan bisa download. Anggap saja extensions ini “kunci” untuk membuka IDM nya.

Itulah tadi 5 add-ons Mozilla Firefox yang sangat penting dan berguna untuk kita install. Semoga pembahasannya bermanfaat ya!