5 Virus PC Yang Paling Buruk Dan Berbahaya

in , ,
Virus PC berbahaya
Ini dia virus berbahayanya! | Pro Well Technology

Berikut adalah 5 virus PC yang paling buruk dan berbahaya yang dijamin bakalan membuat kita nangis bombay banget kalau sampai kena.

Selain sakit hati dan sakit fisik, ada satu lagi rasa sakit yang benar-benar perih rasanya apabila mengenai diri ini. Yap benar sekali. Rasa sakit jika PC atau laptop atau notebook kita terkena virus.

Apalagi jika virus yang mengenai adalah yang memiliki reputasi sebagai virus berbahaya. Dan faktanya hingga detik ini, kian banyak dan canggih saja variannya.

Namun dari semuanya, berikut adalah 5 virus PC yang dari dulu terkenal paling buruk dan berbahaya tersebut seperti yang gue lansir dari hp.com.

5. WannaCry

Virus PC buruk dan berbahaya
NGELAG.cpm

Virus PC yang paling buruk berbahaya pertama ini sesuai banget dengan namanya. Menghebohkan dunia di tahun 2017, virus WannaCry memang benar-benar membuat semua pemilik PC mau nangis banget.

JANGAN LEWATKAN •
Awas Adylkuzz, Serangan Virus Lebih Berbahaya Dari WannaCry

Bagaimana tidak? WannaCry tergolong ransomware. Dalam artian, virus ini akan mengambil alih seluruh sistem komputer. Dan apabila si pengguna ingin bebas, maka ia harus membayar uang tebusan yang tentunya sangat menguras kantong.

WannaCry menyerang hampir 150 negara dan menginfeksi PC yang digunakan di rumahan, rumah sakit, kantoran, dan institusi-institusi bisnis lainnya. Kalau kita total lagi, sebanyak 200.000 PC (seluruh dunia) terkena virus ini dengan estimasi total kerugian sebesar $4 miliyar.

4. ILOVEYOU

Virus PC berbahaya
Boombastis

Pada tahun 2000, semua orang tiba-tiba menjadi was-was apabila mendapati e-mail dengan subyek, “I LOVE YOU”. Padahal seharusnya mereka merasa senang bukan jika mendapatkan sebuah surat cinta?

Namun ya bagaimana tidak menjadi demikian? Karena “e-mail cinta” ini bukanlah surat yang berasal dari pacar atau saudara. Melainkan, surat ini berasal dari “Mr. Virus”. Kala itu sebanyak 10 juta (ya 10 juta!) PC di seluruh dunia, terkena virus ini.

JANGAN LEWATKAN •
Startup Ini yang Pertama Kali Mampu Mendeteksi Penyebaran Virus Corona

Mungkin awalnya kita bingung mengapa banyak pengguna yang sampai menjadi korbannya. Well, simpel sih. Pertama ini tahun 2000 yang walau teknologi PC sudah kian canggih, tapi untuk urusan keamanan komputer masih banyak pengguna yang masih super awam.

Kedua, virus ILOVEYOU menyerang dengan cara menggandakan dirinya dan lalu, menyebarkan “kembarannya” ini ke seluruh sistem PC. Total estimasi kerugian dari virus ini adalah $15 miliyar.

Virus ini diciptakan oleh pemuda asal Filipina yang bernama Onel de Guzman. Ia menciptakan virus ini agar bisa mencuri password dari situs yang ia ingin masuki. Dan kalau berhasil, tentunya ia bisa mengakses seluruh situsnya tanpa perlu mendaftar dan membayar sebagai anggota.

3. Klez

Untitled 1
F-Secure

Virus PC yang paling buruk dan berbahaya selanjutnya adalah Klez. Muncul tahun 2001, Klez menginfeksi 7.2% PC atau lebih spesifiknya sebanyak 7 juta unit PC yang ada di dunia ini.

JANGAN LEWATKAN •
Kenali Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Social Distancing

Total kerugian dari virus ini mencapai $20 miliyar. Klez ini bisa kita katakan lebih ke worm daripada virus. Ia “beroperasi” dengan mengirimkan e-mail palsu, menyamar sebagai kontak yang mengirim e-mail, dan tentunya menggandakan mereka sendiri.

Dikarenakan terus “berkembang biak”, maka tidak heran jika Klez kala itu bertahan cukup lama.

2. Sobig

Sb
F-Secure

Sobig jugalah virus yang tergolong sebagai worm. Muncul pertama kali tahun 2003, kerusakan sekaligus kerugian yang virus ini tinggalkan mencapai $30 miliyar. Virus ini menyerang hampir seluruh benua termasuk, Asia.

Virus ini berkembang biak dari Sobig.A hingga Sobig.F. Nah yang “F” adalah yang paling berbahaya. Virus ini tampil dalam wujud software program komputer yang terlihat resmi / legit. Ia menyerang PC melalui lampiran e-mail.

Sobig kala itu sukses menyerang seluruh sistem perkantoran dan bisnis penting yang salah satunya adalah sistem pemesanan tiket pesawat terbang miliki Air Canada.

1. MyDoom

Mydoom
Mysqa.info

Dan inilah virus PC yang paling buruk dan berbahaya sepanjang masanya. MyDoom mulai membuat stres seluruh pengguna PC tahun 2004 silam. Juga memiliki nama lain Novarg, virus ini adalah worm yang super mengerikan.

JANGAN LEWATKAN •
Heboh Ransomware, Virus Komputer Yang "Sandra" Rumah Sakit

Ia menyerang dengan cara mengirim e-mail ke seluruh pengguna PC. MyDoom membuang alamat dari mesin yang terinfeksi lalu menggandakan dan mengirim dirinya sendiri ke alamat tersebut.

Belum cukup sampai situ, MyDoom lalu “menarik” mesin yang terinfeksi tersebut ke dalam jaringan komputer yang bernama botnet. Nah botnet inilah yang nantinya men-trigger serangan Distributed Denial of Service (DDOS).

Bagi yang belum familiar, DDOS adalah ketika sebuah virus atau worm bisa mematikan situs atau jaringan (server) situsnya. Apabila pemiliki situs sudah kena ini ia akan nangis sebombay-bombaynya.

Dan ngerinya serangan DDOS yang berasal dari virus MyDoom ini masih eksis hingga sekarang walau, persentasenya sudah lebih minim. Jadi berhati-hati saja ya guys. Pokoknya jangan main sembarang buka email dan juga, update terus antivirus yang kamu miliki oke?

Semoga pembahasannya bermanfaat ya guys!