Mahasiswa tentu memiliki tingkat kebosanan yang berbeda beda. Namun salah satu profesor ini membuat temuan menarik. Ia menemukan sebuah perangkat dapat mendeteksi kebosanan mahasiswa didalam ruang belajar.

Profesor tersebut bernama Wei Xiaoyong. Ia bahkan menyadari disaat tengah mengajar lama-kelamaan mahasiswa mengalami suntuk dan bosan. Bukannya mengerti dengan bahan ajaran, bahkan bisa jadi materi yang Ia sampaikan bisa melayang begitu saja.

Tidak mau begitu, pria ini akhirnya memutuskan membuat alat mendeteksi kebosanan. Xiaoyong juga mengandalkan sebuah teknologi facial recognition untuk mengembangkan niat awalnya tadi. Cara kerjanya cukup sederhana, facial recognition dipasang didalam ruangan kemudian akan membantu memantau ekpresi wajah mahasiswa selama pelajaran berlangsung.

Andai saja mahasiswa yang disorot wajahnya menunjukkan hasil ekpresi kebosanan, maka alat tersebut akan memberikan notifikasi kepada profesor Xiaoyong. Dengan bantuan alat tersebut, prosesor yang mengajar disalah satu universitas di China ini bisa tahu kapan mahasiswa mulai bosan dengan materi yang Ia sampaikan. Namun yang ditakutkan adalah kurangnya minat belajar seorang mahasiswa.

Apakah Alat Mendeteksi Kebosanan Ini Akurat ?

Sangat disayangkan belum ada informasi mengenai parameter seperti apa yang dapat dikenali facial recognition itu sehingga dapat memahami tingkat kebosanan setiap mahasiswa. Akan tetapi temuan dari prosesor ini tampaknya berhasil, dan Ia berencana untuk membagikan ke universitas lainnya.

Walaupun terbilang cukup berhasil, tetapi belum ada jaminan apa yang dihasilkan oleh facial recognition bikinan Xiaoyong ini akurat. Karena bisa jadi mahasiswa yang disorot wajahnya akan merasa risih dan akhirnya menunjukkan ekpresi bosan ulah alat tersebut.

Disamping itu, faktor dari luar lainnya juga bisa mempengaruhi ekpresi setiap orang. Sehingga dapat memberikan hasil yang salah untuk facial recognition buatan Xiaoyong ini.

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...