Kini perangkat iOS 10 sudah resmi dirilis. Sistem operasi mobile Apple baru kali ini hadir dengan beberapa fitur baru. Diantara fitur-fitur tersebut salah satunya adalah hak izin menghapus beberapa aplikasi bawaan iOS.

Fitur dimana pengguna sudah diberikan izin untuk menghapus beberapa aplikasi bawaan (stock) atau sering disebut juga dengan istilah bloatware. Total dari aplikasi yang sudah diberikan izin untuk dihapus adalah 23 aplikasi.

Daftar Aplikasi Bawaan iOs yang Dapat Dihapus

  1. Calculator
  2. Calendar
  3. Compass
  4. Contacts
  5. Notes
  6. Podcasts
  7. Reminders
  8. Stocks
  9. Tips
  10. Videos
  11. Voice Memos
  12. Watch app
  13. Weather
  14. FaceTime
  15. Find My Friends
  16. Home
  17. iBooks
  18. iCloud Drive
  19. iTunes Store
  20. Mail
  21. Maps
  22. Music
  23. News

Dengan adanya fitur tersebut dapat membantu yang memiliki iPhone, iPad, atau iPod Touch serta media penyimpanan berkapasitas tidak melonjak.

JANGAN LEWATKAN
Jangan Pernah ubah Tanggal iPhone menjadi 1 Januari 1970

Namun, Apple mengemukakan mengenai 23 aplikasi bawaan iOs yang dapat dihapus tidak terlalu memberatkan media penyimpanan. Karena untuk keseluruhan aplikasi tersebut hanya menggunakan kapasitas sebesar 150 MB.

Untuk menghapus aplikasi tersebut juga sangatlah mudah. Pengguna cukup menahan jari di aplikasi yang ingin dihapus. Lalu, icon dari aplikasi yang ingin dihapus tadi bergoyang. Akan muncul tombol pada bagian kiri atas.

Jika sudah muncul tombol tersebut, tinggal tekan lalu aplikasi langsung terhapus. Pada dasarnya cara menghapus aplikasi bawaan dan aplikasi pada umumnya tetap sama.

Nah Kamu jangan mencoba-coba untuk menghapus aplikasi Phone dan Wallet. Karena kedua aplikasi tersebut memang dibutuhkan untuk menjalankan sistem.

JANGAN LEWATKAN
Pabrik iPhone (Foxconn) Terbakar di Lahap Si Jago Merah

Disamping itu, ketika pengguna berubah pikiran dengan adanya aplikasi bawaan tersebut. Pengguna dapat mengunduh kembali melalui App Store. Caranya juga cukup gampang, tinggal masukkan nama aplikasi yang ingin digunakan. Maka App Store akan menampilkan aplikasi yang pengguna cari tadi.

Jika pengguna sempat memutuskan atau menghapus aplikasi Watch. Dimana sebelumnya sudah pernah menghubungkan perangkat dengan Apple Watch, Maka muncul sebuah peringatan yang meminta pengguna untuk melakukan unpair kedua produk disaat ingin menghapus aplikasi.

Apakah Kamu sudah melakukan upgrade ke iOS 10? Apakah Kamu suka dengan aplikasi bawaannya? Bagikan pengalaman Kamu tentang iOS 10 melalui kolom komentar dibawah ini.

BAGIKAN
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...