PC merupakan wahana yang paling seru untuk main game. Tidak hanya untuk menjalankan game saja, dengan kemampuan maksimalnya serta dirakit dengan baik, mesin satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti membuat tugas, pekerjaan kantor, atau sarana hiburan lainnya.

Namun yang sangat disayangkan adalah Kurangnya pengatahuan kita dalam memilih komponen-komponen yang tepat untuk PC anda. Memilih hardware optimal buat PC gaming bukan suatu hal yang mudah. Berbagai aspek perlu Kamu pertimbangkan supaya tidak rugi dan mengeluarkan uang banyak hanya untuk sebuah komponen yang tidak kompatibel, artinya tidak cocok antara satu dengan yang lainnya.

Bisa kita lihat makin lama kebutuhan Spesifikasi PC untuk merender sebuah game makin besar. Namun Merakit PC yang sesuai dan berkualitas cukuplah sulit, Karena itulah kali ini #dafundaTekno Berusaha untuk memberikan Solusi cara merakit komputer gaming yang cocok buat Kamu. Sebelumnya untuk mempermudah Kamu mengetahui cara merakit Komputer atau PC gaming yang berkualitas, disini kami akan memberikan Saran berdasarkan tiga tingkatan dari segi budget yang ekonomis.

Spesifikasi PC Gaming Terbaik Berdasarkan Budget yang kamu Miliki

cara merakit komputer gaming

1. Budget Rendah

Kami akan menjelaskan tentang spesifikasi komputer low-endSpesifikasi ini sangatlah cocok bagi Kamu yang masih sekolah atau duduk dibangku kuliah, yang tidak ingin terlewatkan dengan game-game terbaru yang di PC dengan performa grafis yang sudah mantab bisa dibilang diatas rata-rata lah.

2. Budget Mencukupi

akan dijelaskan spesifikasi komputer mid-endNah disini Kamu sudah bisa melihat dengan tingkatan menengah dari segi harga, namun dari segi kualitas sudah diatas rata-rata. Dengan kombinasi yang ini, sangat dianjurkan bagi para gamer yang sudah berpenghasilan, tapi masih membutuhkan uangnya untuk membeli alat game lainnya.

3. Budget Tinggi

adalah spesifikasi high-end. Pada bagian ini #DafundaTekno akan menjelaskan rekomendasi spesifikasi bagi Kamu yang sudah memiliki penghasilan cukup besar dan memang berniat untuk memiliki PC dengan tingkatan hardware yang bisa digunakan selama beberapa tahun kedepan tidak hanya untuk game melainkan untuk keperluan pekerjaan lainnya yang membutuhkan grafis yang tinggi.

Penjelasan Setiap Komponen yang berperan Penting dalam merakit PC Gaming termurah dan Berkualitas

cara merakit komputer gaming

Jadi sebelum kita memulai ke paduan cara merakit komputer gaming serta spesifikasi PC untuk bermain game ini, ada baiknya Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu fungsi dari setiap masing-masing komponen penting didalam komputer berikut ini.

1. Motherboard

cara merakit komputer gaming

Dari namanya, motherboard adalah sering disebut dengan induk komputer. Komponen ini dapat menghubungkan setiap komponen yang lain nya seperti prosessor dan memori menjadi sebuah komputer yang Kamu gunakan sekarang ini. Mengingat fungsinya yang begitu krusial, jadi memilih motherboard yang bagus merupakan bagian paling penting untuk membangun komputer gaming. Jadi yang perlu Kamu ingat adalah, jangan sampai memilih motherboard malah tidak kompatibel dengan komponen lainnya setelah dibeli dengan harga yang cukup mahal.

JANGAN LEWATKAN
11+ Laptop Gaming Kualitas Terbaik Seharga 8 Jutaan

2. Prosessor

 

cara merakit komputer gaming

Prosessor merupakan otak dari komputer dan salah satu komponen paling penting dalam membangun sebuha PC gaming. Tanpa prosessor, maka tidak akan lahir komputer. Dengan prosessor komputer bisa melakukan berbagai perhitungan dan juga dapat melakukan berbagai perintah kepada komponen-komponen lain. Jadi semakin baik atau bagus prosessor, maka semakin bagus pula performa komputer secara keseluruhan.

3. RAM (Random Access Memories)

cara merakit komputer gaming

RAM atau disebut dengan istilah (Random-Access Memory) merupakan bagian terpenting ketiga dari sebuah komputer. Fungsinya adalah menyimpan data bersifat sementara, jadi data yang dibutuhkan dan ketika proses berlangsung akan disimpan pada sebuah storage yang langsung bisa digunakan oleh komputer. Nah semakin besar kapasitas RAM, maka semakin besar pula informasi yang bisa diproses, artinya semakin cepat pula komputer melakukan berbagai perintah yang kita berikan.

4. GPU

cara merakit komputer gaming

GPU salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya disaat ingin merakit komputer gaming. Mengapa demikian ? karena komponen satu ini berfungsi sebagai pengolah grafis atau gambar yang dimunculkan pada layar monitor. Jadi jangan asal pilih GPU yang ingin digunakan saat membangun PC gaming supaya komputer kamu bisa gahar untuk main game apapun.

5. HardDisk

cara merakit komputer gaming

HardDisk merupakan komponen yang kurang menjadi sorotan penting dikalangan gamer. Sebenarnya spesifikasi hard disk dan SSD merupakan salah satu faktor yang memiliki perananan penting pada kinerja keseluruhan komputer Kamu. Hal yang perlu diperhatikan adalah kapasitas storage dan umur penggunaan ketika memilih komponen satu ini. Karena game-game sekarang memiliki ukuran yang cederung besar, maka #DafundaTekno sarankan memilih Seagate SATA 3 dengan ukuran 1TB.

6. Cassing

cara merakit komputer gaming

Bagian yang mudah dikenali secara bentuk fisik, namun banyak dari kita sering mengabaikannya disaat ingin membagun PC gaming. Cassing atau juga disebut sebagai PC case adalah bagian teluar dari komputermu. Banyak pengguna sekarang memilih case hanya melihat tampilan visualnya saja, sebenarnya banyak aspek penting lain yang harus dipertimbangkan dalam pemilihannya. Dimulai dari material yang digunakan, ruang kosong didalam case bisa mendukung upgrade, pola sirkulasi udara, kemudahan disaat membongkar komponen, konektivitas dari port yang tersedia, dan cable management yang baik adalah yang sangat perlu diperhatikan pada komponen ini, jadi jangan salah pilih.

7. PSU (Power Supply Unit)

cara merakit komputer gaming

Jika semakin canggih komponen-komponen yang digunakan, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan. Dari namanya, Power Supply Unit berfungsi untuk menyuplai arus listrik bagi komponen komputer seperti motherboard, HDD dan yang lainnya. Jadi jangan sempat Kamu membeli komponen-komponen yang super canggih, namun power supply yang Kamu miliki tidak sanggup mendukung daya yang dibutuhkan untuk komponen lain.

JANGAN LEWATKAN
Cara Menghapus Virus Adware yang Menyebalkan dengan Mudah

8. Cooler

cara merakit komputer gaming

Bermain game dalam jangka waktu yang cukup lama, pastinya komponen-komponen komputer seperti CPU dan juga GPU akan mengalami yang namanya overheat. Nah salah satu mengantidipasi dari overheat CPU atau GPU adalah menggunakan cooler yang bagus. Cooler disini berfungsi untuk mendinginkan komputer agar suhu nya dalam keadaan stabil selalu.

Begitulah sedikit paduan singkat mengenai komponen-komponen yang perlu diperhatikan ketika ini merakit sebuah komputer gaming. Jadi sekarang selanjutnya Kamu bisa melihat spesifikasi untuk komputer gaming sesuai dengan kebutuhan.

Beginilah Cara Merakit Komputer Gaming Dengan Spesifikasi Dibutuhkan

Komputer Low-End (PC Gaming Termurah)

Barikut ini adalah rekomendasi dari #DafundaTekno untuk spesifikasi komputer low-end. Karena setiap komponen yang sudah memiliki harga dibawah console game modern seperti Playstation 4 dan Xbox One, namun jangan ragu, Kamu tetap bisa memainkan game-game terbaru.

Tetapi jangan pernah berharap game terbaru bisa berjalan dengan pengaturan grafis atau tampilan rata kanan, Ya paling tidak Kamu sudah bisa bermain berbagai game baru dirilis dengan cukup lancar. Berikut Spesifikasinya lengkap dengan harga.

KOMPONEN MEREK HARGA
Prosesor AMD Kaveri A6-7400K 3.5Ghz (Radeon R4 series) Rp780.000
Motherboard ASRock FM2A68M-DG3+ Rp705.000
RAM Kingston DDR3 2 GB PC12800 x2 (4 GB Dual Channel) Rp340.000
VGA
Storage WDC 320 GB SATA2 8 MB Rp260.000
CPU Cooler Stock Cooler
Casing Cooler Master CMP 102C Rp380.000
Power Supply FSP Hexa Plus H2-500 Watt Rp670.000
Optical Drive LG DVDRW 24x SATA (opsional) Rp185.000
TOTAL HARGA Rp3.320.000
KOMPONEN MEREK HARGA
Prosesor AMD Kaveri A8-7600 3.1GHz (Radeon R7 series) Rp1.090.000
Motherboard ASRock FM2A68M-DG3+ Rp705.000
RAM Patriot DDR3 Signature Line Kit Series Dual Channel PC12800 4 GB Rp314.000
VGA
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB – Caviar Blue Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler
Casing Cooler Master CMP 102C Rp380.000
Power Supply FSP Hexa Plus H2-500 Watt Rp670.000
Optical Drive LG DVDRW 24X SATA (opsional) Rp185.000
TOTAL HARGA Rp3.979.000
KOMPONEN MEREK HARGA
Prosesor Intel Core i3 2100 3.1Ghz Cache 3MB Rp1.010.000
Motherboard ASRock H61M-VS4 Rp525.000
RAM Corsair DDR3 Vengeance Black PC12800 4 GB (2X2 GB) Rp430.000
VGA Sapphire Radeon R7 240 2 GB Rp860.000
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB – Caviar Blue Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler
Casing CoolerMaster CMP102C Rp380.000
Power Supply FSP Hexa Plus H2-500 Watt Rp670.000
Optical Drive LG DVDRW 24X (opsional) Rp185.000
Jumlah Harga Rp4.695.000
JANGAN LEWATKAN
14+ Laptop Gaming Dengan Kualitas Terbaik Seharga 7 Jutaan


Komputer Mid-End (Bugdet Sedang)

Tingkatan kedua adalah spesifikasi untuk komputer mid-end. Dengan spesifikasi ini, Kamu sudah bisa bermain game terbaru dengan menggunakan pengaturan diatas rata-rata. Bisa dibilang Kamu sudah bisa mencicipi resolusi grafis 1080p serta kecepatan diatas 40 fps. Harga yang ditawarkan pun sangat cocok buat Kamu yang hobinya game. Berikut spesifkasinya lengkap dengan harga.

KOMPONEN MEREK HARGA
Prosesor AMD Vishera FX-4300 3.8Ghz Cache 4MB Rp1.185.000
Motherboard ASUS M5A78L-M LE/USB3 Rp840.000
RAM Team Elite Plus DDR 3 PC 12800 Dual Channel 8 GB Rp580.000
VGA XFX Radeon R7 360 2GB DDR5 Rp1.435.000
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB – Caviar Blue Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler
Casing Thermaltake Versa N21 Rp660.000
Power Supply Thermaltake LitePower 650W Rp730.000
Optical Drive LG DVDRW 24X SATA (opsional) Rp185.000
Jumlah Harga Rp6.250.000
KOMPONEN MEREK HARGA
Prosesor AMD Vishera FX 6300 3,5 Ghz Rp1.370.000
Motherboard AsRock 970 Pro 3 Rp1.100.000
RAM Patriot DDR3 Viper 3 Series Dual Channel PC15000 8 GB CL9 Rp.681.000
VGA Zotac GeForce GTX 750Ti 2 GB Rp1.545.000
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB – Caviar Blue Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler
Casing Thermaltake Versa N21 Rp660.000
Power Supply Enermax NAXN 500W Rp605.000
Optical Drive LG DVDRW 24X SATA (opsional) Rp185.000
Jumlah Harga Rp6.781.000
KOMPONEN MEREK HARGA
Prosesor Intel Core i3-6100 Rp1.450.000
Motherboard Gigabyte GA-H110M-DS2 Rp1.375.000
RAM Kingston HyperX Fury Black DDR4 2133 MHz Dual Channel 8 GB Rp755.000
VGA Galax Geforce GTX 950 OC 2 GB DDR5 Rp.2.190.000
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB – Caviar Blue Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler
Casing Thermaltake Versa N21 Rp660.000
Power Supply Enermax NAXN 500W Rp605.000
Optical Drive LG DVDRW 24X SATA (opsional) Rp185.000
Jumlah Harga  Rp7.855.000


Komputer High-End (PC Gaming Terbaik)

Spesifikasi komputer terakhir ini adalah sangat cocok bagi Kamu penggila game dengan kinerja maksimum. Tidak hanya untuk bermain game saja, namun setiap aplikasi mampu berjalan dengan cepat, dan menggunakan resolusi maksimum dengan kecepatan 60fps disaat bermain game.

Kamu tidak perlu risau dengan tampilan grafis, karena setiap game yang Kamu main bisa berjalan dengan mulus, walaupun pengaturan grafis yang Kamu gunakan rata kanan. Pada tingkatan High-end ini sudah dibantu dengan SSD sebagai media penyimpanan utama komputer. Denga begitu, kinerja komputer Kamu bisa meningat secara signifikan. Berikut spesifikasi untuk komputer high-end lengkap dengan harganya.

JANGAN LEWATKAN
14+ Laptop Gaming Kualitas Terbaik Seharga 6 Jutaan
KOMPONEN MEREK HARGA
Prosesor AMD Vishera FX-8320E 3.2Ghz Rp1.785.000
Motherboard ASRock 970 Pro3 Rp1.100.000
RAM Patriot DDR3 Viper 3 Series Dual Channel PC15000 8 GB CL9 Rp681.000
VGA HIS Radeon HD R9 270X IPOWER ICEQ X2 2 GB DDR5 Rp2.540.000
Primary Storage Samsung SSD 850 EVO 120 GB Rp795.000
Secondary Storage WD 1 TB SATA3 64 MB – Caviar Blue Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler
Casing Cooler Master HAF 912 COMBAT Rp1.150.000
Power Supply Thermaltake LitePower 650W Rp730.000
Optical Drive LG DVD RW 24X SATA (opsional) Rp185.000
Jumlah Harga  Rp9.476.000
KOMPONEN MEREK HARGA
Prosesor Intel Core i5-4460 3.2Ghz Rp2.180.000
Motherboard GIGABYTE GA-H97M-D3H Rp1.470.000
RAM Patriot DDR3 Viper 3 Series Dual Channel PC15000 8 GB CL9 Rp681.000
VGA Club Radeon R9 280X 3GB DDR5 384 Bit (Royal King) Rp2.800.000
Primary Storage Samsung SSD 850 EVO 120 GB Rp795.000
Secondary Storage WD 1 TB SATA3 64 MB – Caviar Blue Rp635.000
CPU Cooler Xigmatek Praeton LD964 Rp304.000
Casing Cooler Master HAF 912 COMBAT Rp1.150.000
Power Supply Thermaltake LitePower 650W Rp730.000
Optical Drive LG DVD RW 24x SATA (opsional) Rp185.000
Jumlah Harga Rp10.745.000
KOMPONEN MEREK HARGA
Prosesor Intel Core i5-6500 3.2Ghz – Cache 6 MB Rp2.663.000
Motherboard MSI Z170A PRO Rp1.935.000
RAM Patriot DDR4 Viper 4 Xtreme Dual Channel PC19200 8 GB CL10 (2X4 GB) Rp654.000
VGA Inno 3D Geforce GTX 960 4 GB DDR5 OC Rp3.160.000
Primary Storage Samsung SSD 850 EVO 120 GB Rp795.000
Secondary Storage WD 1 TB SATA3 64 MB – Caviar Blue Rp635.000
CPU Cooler Enermax ETS-T40F-TB Rp495.000
Casing Cooler Master HAF 912 COMBAT Rp1.150.000
Power Supply Thermaltake LitePower 650W Rp730.000
Optical Drive LG DVD-RW 24x SATA (opsional) Rp185.000
Jumlah Harga Rp12.402.000

 

Begitulah kira-kira jika ingin merakit komputer gaming sendiri dirumah. Dengan adanya artikel cara merakit komputer gaming ini, mudah-mudahan dapat membantu Kamu yang membutuhkan. Jika ada rekomendasi lain, jangan ragu-ragu untuk sampaikan saran Kamu melalui kolom komentar dibawah ini. Kamu juga bisa ikut share apa spesifikasi komputer yang Kamu punya disini. Selamat mencoba dan selamat berbelanja.

Jangan Lewatkan Artikel Keren Lainnya

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...
  • Anantio tio

    wah min kagak berani make Nvidia Min wkwkwkwkwk :v

  • http://dafunda.com Kautsar Juhari

    Takut Meledak gan? wkwkwkwkwkw

  • https://dafunda.com/ Muhammad Hanif

    Alasannya apa gan ?

  • Anantio tio

    kalo pake Nvidia ada Physx nya, kalo make Nvidia sih emang gk jauh beda sama AMD tapi kalo Nvidia Lebih menuju ke grafis Detail, jadi kalo lu pake Nvidia yg udah hard type grafis nya bener bener wow, kedetilannya sempurna tapi ya gitu Nvidia mematok harga VGA nya terllau mahal

  • http://dafunda.com Kautsar Juhari

    Itulah masalah utamanya, HARGA. Makanya ane lebih milih Make AMD yang harga jauh lebih murah tapi mampu handle game kelas berat…